Pendaftaran Unsiq 2018/2019 (Universitas Sains Al-Qur'an)

pmb.unsiq.ac.id 2018 -- PMB UNSIQ Jawa Tengah, Pendaftaran UNSIQ Wonosobo, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIQ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIQ, Pendaftaran Kuliah di UNSIQ, Jalur Pendaftaran Reguler & Jalur Prestasi, PMB Pascasarjana UNSIQ, Jalur Pendaftaran PMB Universitas Sains Al-Qur'an Wonosobo.  2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan membuatkan gosip tentang Pendaftaran UNSIQ 2018/2019 (Universitas Sains Al-Qur'an). Informasi ini ditujukan untuk kau yang ingin kuliah di Universitas Sains Al-Qur'an. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIQ Pendaftaran UNSIQ 2018/2019 (Universitas Sains Al-Qur'an)

Di Jawa Tengah, aneka macam perguruan tinggi tinggi ternama yang cocok dijadikan sebagai daerah menuntut ilmu, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama di Jawa Tengah yang berbasis islam yaitu UNSIQ.

UNSIQ atau Universitas Sains Al-Qur'an merupakan Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTS Islam) yang mengintegrasikan AL-Qur’an dan Sains Modern.

Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) didirikan atas prakarsa Al Maghfurlah KH. Muntaha Al Hafidz (Pengasuh Pondok Pesantren Al Asy'ariyyah Kalibeber Wonosobo) untuk mewujudkan pesantren luhur Al Qur'an.

Berdasarkan SK. Mendiknas RI Nomor 87/D/0/2001 berdirilah UNSIQ merupakan adonan dari IIQ (Institut Ilmu Al Qur'an), Akper IIQ dan STIE YPIIQ.

Bagi kau yang ingin lebih mendalami Al-Qur'an, terutama untuk lulusan dari Madrasah Aliyah atau Pesantren, dan lainnya, maka kuliah di UNSIQ ialah pilihan tepat. Disini kau bisa kuliah sambil lebih mendalami Al-Qur'an dan Sains.

Adapun pilihan aktivitas studi di UNSIQ yang bisa kam pilih pada ketika mendaftar sebagai mahasiswa gres yaitu sebagai berikut.

Fakultas dan Jurusan / Program Studi di UNSIQ
  • Program Pasca Sarjana (Pps) terdiri dari aktivitas studi Magister Pendidikan Islam S.2, Magister Studi Islam S.2
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) terdiri dari aktivitas studi Pendidikan Agama Islam S.1, Pendidikan Fisika S.1, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah S.1, Pendidikan Bahasa Arab S.1, dan Pendidikan Guru Roudhotul Athfal S.1
  • Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik (FKSP) terdiri dari aktivitas studi Komunikasi Penyiaran Islam S.1, dan Ilmu Politik S.1
  • Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) terdiri dari aktivitas studi Hukum Keluarga Islam S.1, Hukum Ekonomi Syari'ah S.1, Ilmu Qur'an dan Tafsir S.1, Ilmu Hukum S.1, Perbankan Syari'ah S.1
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari aktivitas studi Akuntansi S.1, Manajamen S.1
  • Fakultas Ilmu Kesehatn (FIKES) terdiri dari aktivitas studi Keperawatan D.3, Kebidanan D.3
  • Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) terdiri dari Program Sastra Inggris S.1
  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) terdiri dari Arsitektur S.1, Teknik Sipil S.1, Teknik Informatika S.1, Manajemen Informatika D.3, Teknik Elektro D.3, Teknik Mesin D.3

Itulah pilihan aktivitas studi di UNSIQ. Silahkan pilih salah satu sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu. Selanjutnya kau perlu mengetahui gosip wacana penerimaan mahasiswa gres UNSIQ. Simak informasinya berikut ini.

A. Syarat Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah/Surat tanda kelulusan dan surat keterangan hasil ujian yang telah dilegalisasi (bagi yang sudah ada) sebanyak 1 (satu) lembar
  3. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 2x3 sebanyak 1 lembar
  4. Menyerahkan file foto berwarna ukuran 120x200 pixel gaya formal memakai flasdisk
  5. Melengkapi berkas pendaftaran dengan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga
  6. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan
  7. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank Jateng memakai nomer pendaftaran (tidak memakai rekening)
  8. Menyerahkan secara lengkap segala persyaratan pendaftaran pada ketika mendaftar
  9. Untuk jurusan Keperawatan atau Kebidanan silahkan tiba pribadi ke UNSIQ gedung Fakultas Ilmu Kesehatan

B. Ketentuan Pendaftaran
  1. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak sanggup diambil kembali.
  2. Calon mahasiswa gres sanggup melaksanakan pindah aktivitas studi sesuai pilihan ke-2 melalui sistem PMB pada sajian biodata sebelum melaksanakan tes penerimaan.
  3. Jika calon mahasiswa yang mengajukan pindah aktivitas studi diluar pilihan ke-2 atau calon mahasiswa dari ilmu kesehatan pindah di luar ilmu kesehatan, maka dianggap mendaftar gres dan membayar biaya pendaftaran sesuai gelombang yang berlaku ketika mengajukan pindah.
  4. Bagi calon mahasiswa gres sesudah dinyatakan diterima, tidak bisa melaksanakan pengajuan pindah aktivitas studi.
  5. Bagi calon mahasiswa yang pindah perguruan tinggi tinggi (keluar dari UNSIQ) sesudah dinyatakan diterima dan melaksanakan herregistrasi (daftar ulang), biaya pendidikan hanya sanggup dikembalikan sebesar 25% dari total biaya yang telah dibayarkan.
  6. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, tetapi belum bisa herregistrasi (daftar ulang) sebagaimana batas waktu pembayaran dalam ketentuan (tercantum dalam surat keterangan diterima, kurang lebih 15 Hari sesudah dinyatakan diterima), maka apabila akan melanjutkan pendidikan di UNSIQ disarankan melaporkan ke bab pendaftaran dan/atau bab data dan gosip serta melaksanakan pendaftaran gres mahasiswa gres pada gelombang berikutnya (dianggap sebagai mahasiswa gres pada gelombang berikutnya).
  7. Bagi calon mahasiswa yang tidak mengikuti uji seleksi sebagaimana tanggal yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.
  8. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima dan tidak melaksanakan herregistrasi (daftar ulang) dan tidak melaporkan ke bab pendaftaran dan/atau bab data dan gosip dianggap mengundurkan diri.
  9. Persyaratan pengajuan beasiswa tidak sanggup kami terima sesudah dinyatakan diterima.

C. Alur Pendaftaran Online
  1. Buka alamat pmb.unsiq.ac.id
  2. Klik sajian "Formulir Pendaftaran"
  3. Isi biodata pendaftaran hingga mendapat nomor pendaftaran dan password
  4. Login ke pmb.unsiq.ac.id dengan nomor pendaftaran dan password dengan klik "Login Pendaftaran"
  5. Lengkapi biodata pendaftaran
  6. Cetak kertu peserta

D. Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran dibuka hingga 3 gelombang tergantung kuota penerimaan yang dibuka dari bulan Februari hingga Agustus. Jadwal lengkap sanggup dilihat di web PMB UNSIQ.

E. Rincian Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di UNSIQ terdiri dari :
  1. Biaya SKS dikalikan jumlah SKS pada tiap semester
  2. Infaq Pengembangan diangsur 2x (SMT 1 dan SMT 2)
  3. Biaya SPP

Biaya embel-embel tiap semester :
  1. Praktikum kalau ada
  2. Kemahasiswaan
  3. Pengembangan IT / Akses wifi.id

Biaya embel-embel hanya semester 1 :
  • Dana OSPEK, Atribut, Buku panduan, Pembinaan Komputer, Pembinaan Tahfidz, Pengembangan Teknologi Informasi, Pembinaan bahasa

F. Kontak Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru
Jl. Raya Kalibeber Km. 03
Wonosobo
Telp :
(0286) 321873
Fax : (0286) 324160
G. Beasiswa

UNSIQ memperlihatkan kemudahan beasiswa bagi mahasiswa baru, aktivitas beasiswa yang disediakan : 
  • Hufadz (Tahfidz) Rp. 250.000/Semester
  • Mahasiswa Miskin Rp. 850.000/Semester
  • Kerjasama Bebas Biaya SPP 2 Semester
  • Prestasi Bebas biaya SPP 3 Semester

Itulah gosip seputar penerimaan mahasiswa gres UNSIQ. Untuk gosip lain yang diharapkan sanggup dibaca pribadi di web PMB UNSIQ di alamat pmb.unsiq.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan gosip maka yang berlaku ialah yang ada di web PMB UNSIQ.

Baca juga :

Demikianlah gosip yang sanggup admin sampaikan tentang Pendaftaran UNSIQ (Universitas Sains Al-Qur'an). Mudah-mudahan gosip tersebut sanggup memperlihatkan pencerahan bagi kau yang ingin kuliah di UNSIQ.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk share gosip ini pada teman lainnya.