Pendaftaran Unisnu 2018/2019 (Universitas Islam Nahdlatul Ulama)

pmb.unisnu.ac.id 2018 -- PMB UNISNU Jepara, Pendaftaran UNISNU, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISNU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISNU, Pendaftaran Kuliah di UNISNU, Jalur Pendaftaran UNISNU Jepara, Jalur PMB Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. 2020. 2021.

Kali ini admin akan mengembangkan informasi tentang Pendaftaran UNISNU 2018/2019 (Universitas Islam Nahdlatul Ulama). Informasi ini ditujukan untuk kau yang berkeinginan untuk kuliah di UNISNU. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISNU Pendaftaran UNISNU 2018/2019 (Universitas Islam Nahdlatul Ulama)

UNISNU atau Universitas Islam Nahdlatul Ulama adalah salah satu perguruan tinggi islam swasta (PTS Islam) di Indonesia yang berada di Jepara yang bernaung di bawah Nahdlatul Ulama yang didirikan pada tahun 2013.

Kampus UNISNU berlokasi Jl. Taman Siswa (Pekeng) Tahunan 59427, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia.

UNISNU merupakan penggabungan dari tiga perguruan tinggi yaitu STIENU, STTDNU, INISNU.

Moto UNISNU yaitu "The Inspiring University"

Program perkuliahan di UNISNU ada beberapa, yaitu :
  • Program Reguler
  • Program Kuliah Reguler Sore
  • Program Ekstensi (Sabtu-Minggu)
  • Program Kuliah On-line
  • Program Jarak Jauh

Fakultas dan Program Studi di UNISNU :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari kegiatan studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Fakultas Syari'ah dan Hukum terdiri dari kegiatan studi Al-Ahwal al-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga), dan Perbankan Syari'ah
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari kegiatan studi Komunikasi & Penyiaran Islam
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari kegiatan studi Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Islam
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari kegiatan studi Desain Produk, Teknik Industri, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Budidaya Perairan
  • Program Pascasarjana terdiri dari Manajemen Pendidikan Islam

Itulah sekilas informasi mengenai UNISNU. Dari beberapa pilihan kegiatan studi yang ada di UNISNU, mungkin salah satunya ada yang kau minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri di UNISNU kemudian pilih kegiatan studi tersebut.

Pendaftaran mahasiswa gres UNISNUS dibagi menjadi 3 (tiga) jalur, yaitu Jalur Khusus, Jalur Prestasi, dan Jalur Umum. Jalur Khusus dan Jalur Prestasi hanya berlaku untuk pendaftaran kelas Reguler I.

Bagi kau yang ingin mendaftar, silahkan baca lengkap informasinya di bawah ini.

I. Persyaratan Umum Pendaftaran

Syarat umum pendaftaran mahasiswa gres terdiri dari :
  1. Fotokopi ijazah Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar, bagi kelas XII tahun akademik ini, ijazah sanggup disusulkan;
  2. Pasfoto ukuran 4x6 sebanyak 2 (dua) lembar;
  3. Asli kartu keluarga (berkas akan di scan di kawasan pendaftaran);
  4. Asli sertifikat kelahiran (berkas akan di scan di kawasan pendaftaran).

Selain berkas pendaftaran di atas, terdapat beberapa berkas khusus yang wajib diserahkan kepada penitia sesuai dengan pilihan jalur masuk yang dijelasnya di bawah ini

II. Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISNU

A. Pendaftaran UNISNU Jalur Khusus

Jalur Khusus merupakan jalur seleksi masuk ke UNISNU kelas Reguler I yang diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C dengan prestasi akademik khusus yang seleksinya dilakukan tanpa tes.

Persyaratan :
  1. Siswa Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C lulusan tahun anutan ini yang memperoleh rangking 1, 2, atau 3 pada kelas XII semester gasal paralel satu sekolah, serta rata-rata nilai rapor minimal 8,50 untuk kelas X dan XI semester gasal dan genap dan kelas XII semester gasal. Khusus untuk pendaftar kegiatan studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, berlaku rata-rata nilai rapor minimal 9,00.
  2. Siswa Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C tanpa batasan tahun lulus yang merupakan Hafidz / Hafidzah Al Alquran 30 Juz, dibuktikan dengan syahadah/ijazah penghafal Al Alquran serta lulus tes hafalan Al Quran.
  3. Siswa Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C Yatim Piatu lulusan tahun anutan ini yang dibuktikan dengan surat keterangan dari desa / kelurahan dengan syarat rata-rata nilai rapor minimal 8,50 untuk kelas X, XI semester gasal dan genap, serta kelas XII semester gasal.

B. Pendaftaran UNISNU Jalur Prestasi

Jalur Prestasi terbagi menjadi 2 (dua) yaitu Jalur Prestasi Kejuaraan Akademik dan Jalur Prestasi Kejuaraan Nonakademik.

1. Jalur Prestasi Kejuaraan Akademik

Jalur ini merupakan jalur seleksi masuk ke UNISNU kelas Reguler I yang diperuntukkan bagi siswa-siswi dengan prestasi juara pada lomba / kejuaraan akademik saat duduk di dingklik Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C yang mana seleksinya dilakukan tanpa tes.

Persyaratan :
  1. Siswa kelas XII Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C tahun anutan ini
  2. Nilai rata-rata rapor kelas X dan XI semester gasal dan genap minimal 8,50; dan
  3. Juara I pada lomba / kejuaraan akademik minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan / diakui oleh Unisnu Jepara, instansi / forum / tubuh pemerintah, baik perorangan maupun beregu.

2. Jalur Prestasi Kejuaraan Nonakademik

Jalur ini merupakan jalur seleksi masuk ke UNISNU kelas Reguler I yang diperuntukkan bagi siswa-siswi dengan prestasi juara pada lomba / kejuaraan olahraga atau seni saat duduk di dingklik Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C yang mana seleksinya dilakukan tanpa tes.

Persyaratan :
  1. Siswa kelas XII SMA/MA/SMK/Paket C tahun anutan ini; dan
  2. Juara I pada lomba / kejuaraan olahraga atau seni minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan / diakui oleh Unisnu Jepara, instansi / forum / tubuh pemerintah / KONI / Dewan Kesenian, baik perorangan maupun beregu.

C. Pendaftaran UNISNU Jalur Umum

Jalur Umum merupakan jalur seleksi masuk ke UNISNU yang diperuntukkan bagi pendaftar kelas Reguler I yang tidak melalui Jalur Khusus dan Jalur Prestasi, serta untuk pendaftar kelas Reguler II.

1. Jalur Umum Kelas Reguler I

Jalur ini merupakan jalur seleksi masuk ke UNISNU yang seleksinya dilakukan melalui tes.

Berkas Persyaratan :
  1. Fotokopi ijazah Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Paket C
  2. Bagi siswa kelas XII tahun anutan ini, ijazah sanggup disusulkan. 

2. Jalur Umum Kelas Reguler II

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja yang mana seleksinya dilakukan melalui tes.

Berkas Persyaratan :
  1. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA/Paket C.
  2. Surat keterangan dari perusahaan / instansi / forum yang menyatakan bahwa pendaftar bekerja pada perusahaan / instansi / forum tersebut.
  3. Khusus pendaftar Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru PAUD, atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar, wajib melampirkan surat keterangan dari forum pendidikan yang menyatakan bahwa pendaftar merupakan tenaga pendidik atau tenaga kependidikan pada forum pendidikan

III. Waktu Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa gres UNISNU biasanya dibuka dari bulan Januari hingga Agustus. Jadwal lengkap sanggup dilihat di website resmi.

Waktu Pelayanan Pendaftaran yaitu :
  • Senin s.d. Jum'at : Pukul 07:30 s.d. 16:00 WIB
  • Sabtu : Pukul 07:30 s.d. 12:00 WIB

IV. Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISNU

Pendaftaran mahasiswa gres UNISNU sanggup dilakukan secara online ataupun secara langsung

Pendaftaran eksklusif dilakukan dengan cara calon peserta tiba ke kampus UNISNU dengan membawa persyaratan lengkap untuk diserahkan kepada panitia PMB. Alamat Kampus UNISNU Jepara yaitu Jl. Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara 59427 Telp. (0291) 595320

Untuk pendaftaran secara online dilakukan dengan mengisi data di alamat web pmb.unisnu.ac.id lalu pilih hidangan "Pendaftaran Online" kemudian isi data pendaftaran hingga mencetak bukti pendaftaran / kartu peserta.

V. Pendaftaran Program Pascasarjana UNISNU

1. Waktu pendaftaran

Waktu pendaftaran mahasiswa gres dibuka dalam 2 (dua) tahap tiap tahun, yaitu :
  • Tahap Semester Gasal : Mei s/d Agustus, Perkuliahan dimulai bulan September.
  • Tahap Semester Genap : Nopember s/d Pebruari, Perkuliahan dimulai bulan Maret.

2.  Cara Pendaftaran

Pendaftaran kegiatan Pasca sanggup dilakukan secara online ataupun eksklusif menyerupai pada jenjang S1.

3. Syarat Pendaftaran
  1. Berijazah S1 semua Fakultas/Jurusan/Program Studi;
  2. Mengisi formulir Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UNISNU Jepara Tahun Akademik ini
  3. Foto Copy Ijazah S1 yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar;
  4. Foto Copy Transkrip Akademik S1 (IPK Minimal 3,00) sebanyak 3 lembar;
  5. Pas Photo Berwarna terbaru ukuran 3x4 (2 lembar) dan 4x6 (2 lembar);
  6. Semua persyaratan dimasukkan dalam stofmap warna KUNING.

VI. Beasiswa di UNISNU

Beasiswa di UNISNU dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu beasiswa khusus (internal), dan beasiswa eksternal.

Beasiswa Khusus (internal) terdiri atas Beasiswa Rekomendasi NU, Beasiswa Rekomendasi Yaptinu Jepara, Beasiswa Anak Kandung Dosen atau Karyawan Unisnu Jepara, dan Beasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sedangkan beasiswa internal terdiri dari beasiswa Bidik Misi Dikti, Bidik Misi Diktis, Beasiswa BPJS, Beasiswa Baznas Jepara, Beasiswa Kementerian Agama, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, Beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan lain-lain.

Silahkan pilih beasiswa yang cocok untuk kamu!


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa gres UNISNU. Untuk informasi lain yang diperlukan sanggup dibaca eksklusif di website resmi PMB UNISNU di alamat pmb.unisnu.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informsi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi PMB UNISNU.

Baca juga :

Demikian informasi yang sanggup admin sampaikan mengenai Pendaftaran UNISNU (Universitas Islam Nahdlatul Ulama). Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk kamu.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga kau sanggup diterima di UNISNU pada tahun ini. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini, dan jangan lupa untuk kembali kesini.