Pendaftaran Unisba 2018/2019 (Universitas Islam Bandung)

pmb.unisba.ac.id 2018 -- PMB UNISBA, Pendaftaran UNISBA Bandung, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISBA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISBA, Pendaftaran Kuliah di UNISBA, Pendaftaran Jalur PMDK dan USM, Jalur PMB Universitas Islam Bandung, PMB Pascasarjana UNISBA. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran UNISBA 2018/2019 (Universitas Islam Bandung). Informasi ini ditujukan untuk kau yang berkeinginan untuk kuliah di Universitas Islam Bandung. Namun sebelum membahass mengenai pendaftaran, terlebih dahulu membahas mengenai kampus UNISBA. Nah,. eksklusif saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISBA Pendaftaran UNISBA 2018/2019 (Universitas Islam Bandung)

Banyak sekali pergurun tinggi swasta di Bandung, diantaranya yaitu UM Bandung, UNINUS, UNISBA, UNPAR, UNIKOM, dan lain-lain.

UNISBA atau Universitas Islam Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di bandung yang merupakan perguruan tinggi islam swasta (PTS Islam) yang terletak di Jalan Taman Sari, Bandung.

Pada awal berdirinya, Universitas Islam Bandung (UNISBA) berjulukan Perguruan Islam Tinggi atau disingkat PIT yang didirikan pada tanggal 15 November 1958 di bawah naungan YPI atau Yayasan Pendidikan Islam.

Kemudian PIT mengubah nama menjadi Universitas Islam Kiansantang pada tahun 1967, dan kemudian mengubah nama lagi menjadi Universitas Islam Bandung atau UNISBA pada tahun 1969.

Moto yang dimiliki oleh UNISBA yaitu :
Moto dalam Bahasa Arab : Mujahid, Mujtahid , Mujaddid
Moto dalam bahasa Indonesia : Mujahid (Pejuang) , Mujtahid (Peneliti) , Mujaddid (Pembaharu)
Bagi kau yang berminat untuk kuliah di Bandung, maka UNISBA yaitu satu pilihan yang sempurna untuk kau yang ingin menuntut ilmu yang berkhasiat untuk dunia dan akhir.

Banyak pilihan agenda studi di UNISBA yang bisa kau pilih, ibarat berkut ini.

Fakultas dan Program Studi di UNISBA :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari agenda studi Ilmu Kedokteran
  • Fakultas Ilmu Komunikasi terdiri dari agenda studi Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Dakwah terdiri dari agenda studi Komunikasi Penyiaran Islam
  • Fakultas Hukum terdiri dari agenda studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Psikologi terdiri dari agenda studi Psikologi
  • Fakultas MIPA terdiri dari agenda studi Statistika, Matematika, dan Farmasi
  • Fakultas Teknik terdiri dari agenda studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri, dan Teknik Planologi
  • Fakultas Syariah terdiri dari agenda studi Peradilan Agama, dan Keuangan & Perbankan Syariah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari agenda studi Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen
  • Fakultas Tarbiyah & Keguruan terdiri dari agenda studi Pendidikan Agama Islam, dan PG PAUD
  • Program Pascasarjana terdiri dari agenda studi Magister Ilmu Hukum, Magister Pendidikan Islam, Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Psikologi Profesi, Magister Perancanaan Wilayah dan Kota Kurikulum, dan Doktor Ilmu Hukum

Itulah sekitar infomasi mengenai UNISBA. Dari beberapa agenda studi yang ada di UNISBA tersebut, silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan talenta yang kau miliki.

Setelah mengetahui informasi tersebut, selanjutnya kau perlu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh UNISBA semoga nantinya kau bisa menentukan satu jalur seleksi dengan tepat. Simak informasinya berikut ini.

I. Pendaftaran UNISBA Jalur PMDK

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik yaitu jalur seleksi masuk ke UNISBA yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang seleksinya didasarkan pada nilai raport SLTA.

Jalur PMDK ini berlaku untuk seluruh fakultas yang ada di UNISBA. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh calon mahasiswa yang mendaftar di jalur PMDK yaitu :
  • Tidak dipungut biaya pendaftaran
  • Tidak diikutsertakan mengikuti ujian saringan masuk Unisba,
  • Disediakan Beasiswa bagi yang hafidz 30 juz (dinyatakan oleh keterangan LPTQ dan mengikuti wawancara).

Adapun persyaratan dan ketentuan pendaftaran jalur PMDK sanggup dilihat di bawah ini.

A. Persyaratan Umum Jalur PMDK
  1. Mengirim email pendaftaran PMDK dan menerima PIN pendaftaran.
  2. Mengisi form pendaftaran online.
  3. Hanya diperbolehkan satu pilihan.
  4. Lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA tahun ini atau yang sedang duduk di kelas XII SMA.

Catatan : Untuk nilai raport skala 4, nilai dikonversi dahulu ke skala 100 dan melampirkan surat keterangan konversi nilai raport pada upload lampiran raport. Surat keterangan harus dari sekolah yang bersangkutan.

* Penyerahan salinan bukti fisik : raport, piagam penghargaan, dan dokumen lainnya.

Catatan Penting !
  • Apabila pengisian nilai rata-rata raport pada formulir PMDK tidak sesuai dengan bukti fisik, maka kepesertaan dijalur PMDK dinyatakan batal.
  • Apabila pada dikala wawancara, psikotest atau pendaftaran tidak menyerahkan salinan bukti fisik, maka peserta PMDK tidak sanggup mengikuti acara tersebut.
  • Peserta Psikotest PMDK dibutuhkan hadir selambat-lambatnya pukul 07.00 WIB.

B. Panduan Pengisian Formulir PMDK Online
  1. Mendaftar di pmb.unisba.ac.id
  2. Masukkan username dan password pada kotak login di pojok kanan atas web pmb. Username dan password diperoleh melalui email dengan cara daftar online (lihat web pmb, sajian pendaftaran PMDK Online) atau diperoleh eksklusif di sekretariat pmb. Pastikan semua password kapital (huruf dan angka). Jika sudah tekan tombol login. Contoh Username 9036 dan password P01A33U
  3. Jika berhasil login, kemudian klik pada gambar photo untuk upload photo terlebih dahulu, kemudian klik tombol browse atau pilih.
  4. Pilih file photo yang akan diupload (photo harus rapih dan sopan, max 50kb). Jika sudah klik tombol open kemudian klik tombol upload.
  5. Jika proses upload berhasil akan ditampilkan pemberitahuan, kemudian klik tombol tutup
  6. Lengkapi formulir PMDK yang masih kosong secara lengkap dan benar (kecuali Tgl. Daftar Ulang).
  7. Perhatikan kotak berwarna kuning, itu membuktikan ada beberapa data yang belum diisi. Silahkan lengkapi yang masih kosong dan klik simpan.
  8. Perhatikan untuk nilai raport dan prestasi, semua kotak dengan border merah harus diisi lengkap dan benar sesuai dengan raport. Untuk prestasi boleh diisi boleh tidak. Untuk nilai mata pelajaran tertentu, bisa sebagian komponen nilai diisi bisa juga semuanya diisi (sesuaikan dengan syarat nilai minimal)
  9. Bila menemui pemberitahuan, klik ok kemudian cek kembali total nilai jumlah pelajaran, dan hukum penulisannya (point 8).
  10. Jika semua data sudah benar, klik tombol simpan. Klik ok untuk menutup.
  11. Terakhir klik logout untuk keluar dari aplikasi pmb online.

Informasi lebih lanjut yang dibutuhkan sanggup dlihat di pmb.unisba.ac.id. Untuk agenda PMDK digabung dengan agenda USM, silahkan lihat dibagian jalur USM.

II. Pendaftaran Online UNISBA Jalur USM

USM atau Ujian Saringan Masuk yaitu jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke UNISBA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi kau yang berminat, silahkan daftarkan dirimu selama masa pendaftaran dibuka. Berikut informasi pendaftarannya beserta ketentuan lainnya:

A. Syarat Pendaftaran (Secara Umum)
  1. Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 300.000,- (untuk 2 pilihan),
  2. Fakultas Psikologi, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Program Studi Farmasi, Program Studi Akuntansi, dan Program Studi Manajemen ditambah biaya psikotes Rp. 200.000,-
  3. Fakultas Kedokteran ditambah biaya open house Rp. 75.000,-
  4. Mengisi formulir online data calon peserta USM dengan lengkap dan benar.
  5. Lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir termasuk yang akan lulus pada tahun ini.

B. Panduan Pengisian Formulir USM Online
  1. Mendaftar melalui alamat : pmb.unisba.ac.id
  2. Masukkan username dan password yang didapat pada dikala pembelian di sekretariat atau bank pada kotak login di pojok kanan atas web pmb. Pastikan semua password kapital (huruf dan angka). Jika sudah tekan tombol login. Contoh Username 1 dan password P01A33U
  3. Jika berhasil login, kemudian klik pada gambar photo untuk upload photo terlebih dahulu kemudian klik tombol browse atau pilih
  4. Pilih file photo yang akan diupload (photo harus rapi dan sopan, max 50kb). Jika sudah klik tombol open kemudian klik tombol upload
  5. Jika proses upload berhasil akan ditampilkan ibarat di layar kemudian klik tombol tutup
  6. Lengkapi formulir USM yang masih kosong secara lengkap dan benar (kecuali nomor test, ruang ujian tulis, ruang psikotest dan soal tidak perlu diisi).
  7. Perhatikan kotak input berwarna merah, itu membuktikan kotak tersebut harus diisi. Untuk keterangannya ada dibagian atas formulir di kotak berwarna kuning.
  8. Pilih fakultas pilihan 1 (pilihan pertama) anda kemudian pilih prodi pilihan 1 (pilihan pertama) kemudian isi upf minimal (lihat tabel biaya kuliah di web pmb).
  9. Bila mengambil 2 pilihan, isi pilihan 2 ibarat pilihan 1.
  10. Bila upf yang diisi kurang dari upf minimal akan ditampilkan pemberitahuan ibarat gambar dibawah. 
  11. Klik ok untuk menutup.
  12. Jika semua data sudah benar dan lengkap klik tombol simpan dan klik ok untuk menutup.
  13. Bila anda ingin terdaftar sebagai peserta USM di gel 1, 2 atau 3, maka anda harus cetak kartu ujian di rentang agenda gelombang (lihat agenda gel di slip pembelian form atau web pmb). Untuk cetak kartu ujian, klik tombol cetak kartu ujian dan akan muncul pemberitahuan ok dan cancel. Klik cancel untuk membatalkan. Klik ok jikalau yakin akan mencetak kartu ujian
  14. Jika sehabis klik ok tidak tampil kartu ujian tetapi muncul gambar pada browser anda, klik pengaturan kemudian klik izinkan pop-up untuk pmb.unisba.ac.id. sehabis itu klik cetak kartu ujian lagi.
  15. Tampilan kartu ujian yang siap dicetak. Klik icon printer untuk mencetak kartu ujian dengan terlebih dahulu mengatur kertas yaitu A5 lanscape atau A4 portrait
  16. Formulir akan terkunci otomatis.
  17.  Terakhir klik logout untuk keluar dari aplikasi pmb online.

C. Jadwal Pelaksanaan Jalur PMDK dan USM
  • Pendaftaran dibuka hingga3 gelombang tergantung kuota penerimaan. Pendaftaran dimulai sekitar bulan Januari hingga Agustus
  • Pembelian Formulir pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 s.d 15.00 WIB (kecuali hari libur), dan Sabtu pukul 08.00 s.d 14.00 WIB
  • Registrasi Mahasiswa Baru pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 s.d 15.00 WIB (kecuali hari libur)

III. Pendaftaran Bidikmisi UNISBA 

Bidikmisi yaitu dukungan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa dan mempunyai kemampuan akademik baik (berprestasi).

Bagi calon mahasiswa UNISBA yang demikian itu, maka bisa mendaftar jalur Bidikmisi dengan syarat sebagai berikut :
  1. Memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu/SKTM (yang bisa dipertanggungjawabkan), 
  2. Berprestasi (ditunjukkan dengan sertifikat)
  3. Lulus seleksi masuk UNISBA
  4. Berdomisili di Bandung

Keterangan lebih lanjut sanggup hubungi Panitia PMB (Bidikmisi) dengan alamat Jl. Tamansari No. 24 Bandung 022-420.5546 ext, 325, 333, 109

IV. Pendaftaran Program Pascasarjana UNISBA

UNISBA juga melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa gres untuk Program Pascasarjana. Untuk kau yang ingin kuliah agenda Pascasarjana di UNISBA, maka silahkan melaksanakan pendaftaran dengan mengakses informasinya di alamat pasca.unisba.ac.id. Untuk informasi lainnya, silahkan kanal alamat tersebut.

V. Pusat Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru :
Fakultas Kedokteran Lantai Dasar
Jl. Tamansari No. 22 Bandung
Telepon (022) 423 1243
Telepon (022) 420 3368
Ext. 7000 (Infomasi PMB) atau 6120 (Layanan Teknis)
Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres UNISBA, baik jenjang Sarjana ataupun Pascasarjana. Silahkan ikuti jalur seleksi yang berpeluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perubahan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi UNISBA di alamat pmb.unisba.ac.id 

Baca juga :

Demikianlah informasi yang sanggup admin sampaikan wacana Pendaftaran UNISBA (Universitas Islam Bandung). Mudah-mudahan informasi tersebut sanggup menunjukkan citra bagi kau yang ingin kuliah di UNISBA. Terima kasih telah membaca artikel ini. Please share this article.