Pendaftaran Unikom 2018/2019 (Universitas Komputer Indonesia) - Pelajar Indonesia

Pendaftaran Unikom 2018/2019 (Universitas Komputer Indonesia)

pmb.unikom.ac.id 2018 -- PMB UNIKOM Bandung, Pendaftaran UNIKOM, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIKOM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIKOM, Pendaftaran Kuliah di UNIKOM, Jalur Pendaftaran UNIKOM ; Jalur Mahasiswa Reguler, Mahasiswa Pindahan, Mahasiswa Konversi, Pendaftaran Mahasiswa gres Universitas Komputer Indonesia, 2020. 2021.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran UNIKOM 2018/2019 (Universitas Komputer Indonesia). Informasi ini ditujukan untuk kau yang ingin kuliah di UNIKOM. Sebelum membahas mengenai pendaftaran, terlebih dahulu membahas perihal kampus UNIKOM.

 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIKOM Pendaftaran UNIKOM 2018/2019 (Universitas Komputer Indonesia)

Universitas Komputer Indonesia atau disingkat UNIKOM yakni Universitas terkemuka yang menyelenggarakan pendidikan dibidang Teknologi Informasi & Komunikasi.

Awalnya berdirinya UNIKOM yakni sebuah Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG, bertempat di jalan Dipati Ukur 102 Bandung yang dimulai pada bulan Juli tahun 1994.

Di mulai dari satu ruang kelas berkapasitas 50 orang dan 1 laboratorium komputer dengan 25 unit komputer, membuka jadwal pendidikan 1 tahun dengan 5 jadwal studi. Kemudian pada tanggal 24 Desember 1998 dibentuklah Yayasan Science dan Teknologi dan dilanjutkan dengan pengajuan pendirian STIMIK IGI dan STIE IGI ke DIKTI. Dari pengabungan kedua kampus tersebut lahirlah kampus yang berjulukan UNIKOM yang diresmikan pada 8 Agustus 2000 dengan SK MENDIKNAS no. 126/D/O/2000

Moto UNIKOM : "Quality Is Our Tradition"

Fakultas dan Program Studi di UNIKOM, yaitu :
  • Fakultas Teknik & Ilmu Komputer terdiri dari jadwal studi Teknik Informatika, Sistem Komputer & Teknik Komputer, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, DAN Komputerisasi Akuntansi
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis terdiri dari jadwal studi Akuntansi, Manajemen, Manajemen Pemasaran, dan Keuangan & Perbankan
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari jadwal studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Hubungan Internasional
  • Fakultas Hukum terdiri dari jadwal studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Desain terdiri dari jadwal studi  Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior
  • Fakultas Sastra terdiri dari jadwal studi Sastra Inggris, dan Sastra Jepang
  • Program Pascasarjana terdiri dari Magister Sistem Informasi, Magister Desain, dan Magister Manajemen

Informasi di atas merupakan sedikit pengenalan mengenai kampus UNIKOM. Dengan mengenal kampus UNIKOM, maka kau mempunyai citra ibarat apa kampus ini. 

Bagi kau yang ingin menjadi seorang yang andal dibidang teknologi dan informasi, maka kuliahlah di perguruan tinggi tinggi yang berbasis ICT. UNIKOM yakni salah satu pilihan yang tepat.

Di UNIKOM, kau sanggup berguru perihal Software (Perangkat Lunak), Hardware (Perangkat Keras), Entrepreneurship (Kewirausahaan), dan Animasi Multimedia.

Dengan kesungguhan dalam belajar, maka suatu ketika kelak kau sanggup menjadi salah satu orang ternama yang berhasil membuat teknologi gres untuk dimanfaatkan oleh orang banyak.

Bagi kau yang tertarik, maka kau sanggup kuliah di UNIKOM. Silahkan daftarkan dirimu pada ketika pendaftaran mahasiswa gres dibuka. Berikut informasi mengenai pendaftaran selengkapnya.

A. Pendaftaran Mahasiswa Baru

1. Syarat Pendaftaran
  1. Merupakan Lulusan SMU / Sekolah Menengah kejuruan / MA / Sederajat
  2. Melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran
  3. Melampirkan Fotocopy Ijazah & Nem yang telah dilegalisir @2 buah (Diserahkan pada ketika Registrasi Ulang sesudah Calon Mahasiswa Baru dinyatakan lulus Ujian Saringan Masuk/ sesudah memperoleh Ijazah & NEM dari pihak sekolah bagi lulusan baru)
  4. Melampirkan Fotocopy Surat keterangan Lulus yang telah dilegalisir (Diserahkan Pada ketika Registrasi Ulang sesudah Calon Mahasiswa Baru dinyatakan lulus Ujian Saringan Masuk)
  5. Melampirkan Fotocopy KTP @1 buah (atau tanda Pengenal lain bila belum mempunyai KTP ibarat Kartu pelajar/ Kartu Keluarga/ Kartu Peserta UAN)
  6. Melampirkan Foto Bewarna 3X4 cm dan 2X3 cm @2 buah (Diserahkan pada ketika Registrasi Ulang sesudah Calon Mahasiswa Baru dinyatakan lulus Ujian Saringan Masuk)
  7. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Puskesmas/ Rumah Sakit /Dokter Spesialis ( Jika menentukan Jurusan DKV, Tek.Elektro, Desain Interior)
  8. Setiap Calon Mahasiswa wajib menentukan 2 pilihan Jurusan, Dimana pilihan ke-1 merupakan pilihan Prioritas / pilihan Utama dan Pilihan ke-2 merupakan pilihan Cadangan.
  9. Mengikuti Ujian Saringan Masuk PMB UNIKOM Sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh UNIKOM, dan
  10. Lulus Ujian Saringan Masuk UNIKOM
  11. Khusus Ekstensi D1,D2,D3 ke S1 atau mahasiswa Pindahan Wajib melaksanakan Konversi nilai dengan menyerahkan syarat embel-embel berupa Transkrip nilai dan Ijazah (Ijazah bagi yang ekstensi) ke bab PMB Admisi UNIKOM
  12. Khusus Ekstensi Nilai Akreditasi dari fakultas sebelumnya :
    • Nilai Akreditasi Minimal "B/C" untuk pilihan Jurusan Teknik Industri, Teknik Perencanaan Wilayah Kota / Planologi, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Komputer Akutansi.
    • Nilai Akreditasi Minimal "B" Khusus untuk jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Teknik Komputer, dan Teknik Elektro & Fakultas Ekonomi (Seluruh jurusan Fakultas Ekonomi).
    • Dan Nilai Akreditasi Minimal "B/C" untuk Fakultas Sospol, Fakultas Hukum, Fakultas Desain, & Fakultas Sastra.
  13. Untuk Program Ekstensi atau Mahasiswa Pindahan tersebut tidak ada pendaftaran ONLINE, penerima Wajib melaksanakan Konversi nilai & pendaftaran eksklusif dibagian PMB Admisi    UNIKOM.
  14. Untuk Program Ekstensi Konfirmasi Anda Diterima / Tidak di Universitas UNIKOM, akan kami konfirmasi ulang melalui Email/ Sms max. 1 ahad semenjak anda menyerahkan dokumen persyaratan Konversi nilai diatas ke bab PMB Admisi UNIKOM.
  15. Untuk Program Ekstensi atau Mahasiswa Pindahan, calon mahasiswa TIDAK akan Mengikuti Ujian saringan Masuk dan proses kualifikasi anda menurut hasil Konversi nilai yang sudah anda lakukan !!

2. Pendaftaran Online

a. Panduan Formulir Pendaftaran Online
  • Isi semua field dengan data Anda yang sebenar-benarnya.
  • Email dan No Handphone akan dipakai untuk konfirmasi pendaftaran.
  • Lakukan cek ulang formulir pendaftaran sebelum mengirimkannya.
  • Isi data secara berurutan dari atas ke bawah.

b. Alur Pendaftaran Online
  1. Buka laman https://pmb.unikom.ac.id/onlinereg/
  2. Isi data-data lengkap berupa :
    • Informasi Kontak, Informasi Pribadi, Informasi Sekolah Asal, Informasi Orang Tua, Jurusan yang Dipilih, dan Informasi Biaya Pendaftaran
  3. Jika telah mengisi data-data tersebut, kemudian klik tombol "Kirim Formulir Pendaftaran Ini"

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran terbagi menjadi 3 gelombang yang dimulai dari bulan Maret hingga Agustus. Jadwal selengkapnya sanggup dilihat di website resmi

B. Pendaftaran Mahasiswa Konversi
  • Konversi biasanya dibuka pada bulan Mei
  • Yang sanggup melaksanakan konversi minimal dari Sekolah Tinggi
  • Proses konversi dilakukan dengan tiba eksklusif ke PMB Admisi UNIKOM
  • Membawa Photokopi Transkrip dan surat pindah dari kampus asal. Jika sudah lulus kuliah membawa Transkrip dan ijazah terakhir yang terakreditasi. (khusus untuk jurusan Teknik Informatika akreditas kampus harus B).
  • Membayar biaya konversi
  • Hasil konversi akan didapatkan paling lambat satu minggu.

C. Pendaftaran Mahasiswa Program Pascasarjana

1. Persyaratan Calon Mahasiswa
  1. Sarjana S1 dari banyak sekali jurusan atau disiplin ilmu
  2. TOEFL Score >= 475 (dikumpulkan sebelum sidang)

2. Berkas Administrasi
  1. 2 buah fotokopi Ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  2. 2 Buah foto berwarna ukuran 2x3 dan 3x4
  3. Fotokopi KTP, SIM, atau Passport
  4. 2 buah surat rekomendasi (format dari Unikom)

3. Program Studi Peminatan (Konsentrasi)
  • Magister Manajemen (MM) terdiri dari konsentrasi : Marketing Management, Financial Management, Entrepreneurship, Creativity and Inovation Management, dan Information System Management
  • Magister Sistem Informasi (MSI) terdiri dari konsentrasi : Business Information System, dan Enterprise Information System
  • Magister Desain (MDS) terdiri dari konsentrasi : Visual Communication Design, Interior Design, dan Theory Design

4. Info Pendaftaran
Sekretarias Pascasajana UNIKOM
Kampus UNIKOM Lantai 2
Jl. Dipatiukur 112-116, Bandung, 40132
Phone/Fax: (022) 250 6637
E-Mail: infopasca@unikom.ac.id
Website: http://pasca.unikom.ac.id/
Itulah informasi seputar peneriaan mahasiswa gres UNIKOM. Silahkan daftarkan dirimu. Untuk informasi lain yang diperlukan sanggup dibaca eksklusif di website PMB UNIKOM.

Pendaftaran dan Informasi Lengkap sanggup dilakukan dan diakses eksklusif secara online di: pmb.unikom.ac.id atau tiba eksklusif ke bab PMB Admisi Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Jl. Dipati Ukur 112 / Jl. Dago 160 - 162

Catatan : Apabila ada perbedaan atau perubahan informasi, maka ikuti yang ada di PMB UNIKOM

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNIKOM (Universitas Komputer Indonesia). Semoga informasi yang telah admin hingga tersebut bermanfaat dan sanggup memperlihatkan pencerahan untuk kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses untuk semua.