Pendaftaran Smmptn Barat 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pendaftaran Smmptn Barat 2018/2019

pendaftaran.smmptnbarat.id 2018 -- Pendaftaran SMMPTN Barat, Pendaftaran Online SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat, Cara Pendaftaran SMM PTN-Barat, Pendaftaran Maba Jalur SMMPTN Barat, Ketentuan Umum dan Persyaratan, Prosedur Pendaftaran, Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan, Biaya Pendaftaran, Jadwal , Tempat dan Lokasi Ujian, Pengumuman Hasil Seleksi, Daftar PTN. 2020. 2021

Kali ini admin akan membuatkan isu mengenai Pendaftaran SMMPTN Barat 2018/2019. Infomasi ini ditujukan untuk siswa-siswi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat dan Paket C yang berkeinginan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SMMPTN Barat. Langsung saja simak klarifikasi selengkapnya berikut ini.

 Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan Pendaftaran SMMPTN Barat 2018/2019

Untuk kau yang telah mengikuti jalur seleksi SNMPTN dan / atau SBMPTN, tetapi kau tidak lulus seleksi, maka jangan khawatir, alasannya ialah masih ada jalur lainnya yang bisa diikuti untuk tetap bisa masuk ke PTN.

Seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahu-membahu penerimaan mahasiswa gres aktivitas sarjana (S1) pada sekolah tinggi tinggi negeri (PTN), selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, sanggup juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing sekolah tinggi tinggi.

Pimpinan sekolah tinggi tinggi negeri (Rektor) mempunyai kewenangan dalam penyelenggarakan seleksi calon mahasiswa gres melalui jalur mandiri. Para Rektor di Perguruan Tinggi Negeri wilayah barat Indonesia telah bersepakat untuk mengadakan aktivitas seleksi masuk sekolah tinggi tinggi jalur berdikari secara bersama yang dinamakan aktivitas SMMPTN Barat.

SMMPTN Barat atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia ialah jalur seleksi berdikari bersama penerimaan mahasiswa gres jenjang Sarjana yang diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat dan Paket C yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di wilayah barat Indonesia.

Jalur SMMPTN Barat bisa menjadi alternatif bagi kau yang mungkin saja sebelumnya telah mengikuti SNMPTN / SBMPTN tetapi tidak lulus, nah jalur ini bisa jadi alternatifnya.

Dengan melihat pengalaman sebelumnya ibarat tingginya persaingan di jalur SBMPTN, maka di jalur SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat pun persaingan masih tinggi meskipun tak setinggi jalur SBMPTN.

Oleh karena, kau yang benar-benar ingin lulus seleksi jalur SMMPTN Barat, harus mempersiapkan diri sebaik mungkin semoga keinginanmu untuk lulus seleksi sanggup terkabulkan.

Kamu bisa mempelajari materi seleksi ibarat pada jalur SBMPTN alasannya ialah soal-soal yang diujikan tidak jauh beda dengan soal SBMPTN.

Materi ujian tertulis SMMPTN Barat terdiri atas TKPA, TKD Saintek, TKD Soshum, dan ada ujian perhiasan untuk peserta yang menentukan aktivitas studi bidang seni dan keolahragaan berupa ujian keterampilan.

Dengan waktu yang masih ada ini, maka persiapkanlah segala sesuatunya untuk mengikuti seleksi jalur SMMPTN Barat dengan sebaik mungkin.

Berikut ini admin berikan isu mengenai Pendaftaran SMMPTN Barat yang terurai dalam beberapa bahasan ibarat persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, mekanisme pendaftaran, pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan aktivitas studi, daftar PTN, dan lain-lain. Langsung saja simak di bawah ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui Jalur SMMPTN Barat

A. Persyaratan

1. Persyaratan Pendaftaran
  1. Bagi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat dan Paket C, harus mempunyai ijazah.
  2. Bagi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017, telah mempunyai Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya isu jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada aktivitas studinya.
  4. Tahun Ijazah ialah 3 tahun terakhir 3 termasuk lulusan tahun ini (misal : 2016, 2017, dan 2018) kecuali untuk UMRAH, UNJA, dan UNIMAL tahun ijazah ialah 5 tahun terakhir.

2. Persyaratan Penerimaan
  1. Peserta seleksi lulus pendidikan menengah
  2. Lulus SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat 2018
  3. Sehat, dan 
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi yang besarnya sanggup dilihat website sekolah tinggi tinggi masing-masing.

B. Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran SMMPTN Barat dilakukan dengan mekanisme berikut ini :
  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT dilakukan secara online melalui alamat website berikut : pendaftaran.smmptnbarat.id
  2. Proses pendaftaran diawali dengan pembayaran biaya pendaftaran dan seleksi melalui Bank yang ditetapkan untuk menerima Nomor PIN sebagai bukti pembayaran. 
  3. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dilakukan melalui alamat website di atas dengan cara memasukan nomor identitas yang terdiri dari adonan NISN dengan tanggal lahir (ddmmyy) dan PIN yang diperoleh dari proses pembayaran pada Bank yang ditetapkan.
  4. Pada ketika melaksanakan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN tahun ini, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN pada kolom yang disediakan.

C. Jenis Ujian dan Kelompok Ujian

1. Ujian Tertulis (PBT)

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

2. Ujian Keterampilan

Ujian keterampilan diperuntukkan bagi calon peserta yang menentukan aktivitas studi bidang seni dan keolahragaan. Ujian keterampilan terdiri dari :
  • Ujian keterampilan seni rupa
  • Ujian keterampilan seni tari
  • Ujian keterampilan seni musik
  • Ujian keterampilan seni drama/teater
  • Ujian keterampilan olah raga 

3. Kelompok Ujian

Kelompok ujian SMM PTN-BARAT terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
  1. Kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TKPA, TKD dan Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD, dan Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.
Setiap peserta sanggup mengikuti salah satu dari kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

D. Kelompok Program Studi dan Jumlah dan Pilihan
  1. Program studi (Prodi) yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan Soshum.
  2. Peserta yang menentukan prodi-prodi yang masuk pada kelompok Saintek atau Soshum saja sanggup menentukan sebanyak-banyak 3 prodi pada satu Perguruan Tinggi Negeri atau lebih.
  3. Peserta yang menentukan prodi-prodi yang masuk kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) sanggup menentukan sebanyak-banyak 4 prodi pada satu Perguruan Tinggi Negeri atau lebih.
  4. Urutan dalam pemilihan aktivitas studi menyatakan prioritas pilihan.
  5. Peserta diwajibkan untuk menentukan prodi pada Perguruan Tinggi Negeri kawasan mengikuti ujian sebagai pilihan pertama.
  6. Bagi yang menentukan prodi bidang keolahragaan dan seni diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

E. Biaya Register dan Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan
  1. Biaya pendaftaran dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum (tidak ada materi uji keterampilan ) sebesar Rp 300.000,-
  2. Biaya pendaftaran dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum yang ada materi uji keterampilan dan bagi peserta yang masuk kelompok Campuran ialah sebesar Rp 400.000,-
  3. Biaya pendaftaran dan seleksi sanggup dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank yang ditetapkan.
  4. Biaya pendaftaran dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

F. Jadwal Pelaksanaan SMMPTN Barat 2017
  • Pendaftaran : 1 Juni - 30 Juni
  • Ujian Tertulis (PBT) : 8 Juli 
  • Ujian Keterampilan : 9 s.d. 10 Juli
  • Pengumuman : 18 Juli mulai pukul 14.00 WIB
Untuk jadwal 2018 diperkiraan tak jauh beda. Jadwal 2018 diupdate pada waktunya.

G. Tempat dan Lokasi Ujian
  • Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT ialah Perguruan Tinggi Negeri pilihan pertama.
  • Lokasi ujian keterampilan dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri kawasan ujian tulis, dan apabila tidak tersedia, maka dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri terdekat, dengan biaya transportasi atas tanggungan peserta.

H. Lain-lain
  1. Informasi resmi mengenai SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat sanggup diakses melalui :
    • Website SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat : www.smmptnbarat.id
    • Website sekolah tinggi tinggi masing-masing.
    • Sekretariat panitia SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat pada masing-masing sekolah tinggi tinggi.
  2. Alamat Sekretariat SMM SMM Perguruan Tinggi Negeri Barat adalah sebagai berikut:
Gedung Rektorat Unand
Kampus Unand, Limau Manis, Padang 25163, Sumbar
Telepon: 0751-71181; 71175; 71086; 71087;
Faksimil: 0751-78085; 713301
Itulah isu mengenai SMMPTN Barat. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku dan diikuti ialah yang ada di website resmi SMMPTN Barat.

Mari baca juga :

Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan tentang Pendaftaran SMMPTN Barat. Semoga infomasi tersebut sanggup memperlihatkan pencerahan untuk kau yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri wilayah barat Indonesia.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Admin turut mendoakan semoga kau bisa lulus seleksi melalui jalur SMMPTN ini. Cukup sekian dan semoga kesuksesan bisa kita raih semenjak muda. Amin.