Pendaftaran Politeknik Statistik Stis 2018/2019 (Poltek Stis)

stis.ac.id 2018 -- Pendaftaran Politeknik Statistik STIS 2018, SPMB STIS, Pendaftaran STIS Online, Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Politeknik Statistik STIS, Pendaftaran Calon Mahasiswa Ikatan Dinas Politeknik Statistik STIS, Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistik STIS, Jadwal - Syarat - Cara Pendaftaran Politeknik Statistik STIS, 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan mengembangkan gosip mengenai Pendaftaran Politeknik Statistik STIS 2018/2019 (Poltek STIS). Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin menjadi calon mahasiswa ikatan dinas STIS. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Politeknik Statistik STIS Pendaftaran Politeknik Statistik STIS 2018/2019 (Poltek STIS)

Politeknik Statistik Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau disingkat Politeknik Statistik STIS yakni perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang statistik yang pelatihan secara fungsional dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI), dan pelatihan teknisnya dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Sejarah Singkat : Awal bedirinya berstatus sebagai Akademi Ilmu Statistik (AIS) pada tanggal 11 Agustus 1958. Kemudian mengalami peningkatan status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) menurut Keppres No.163 Tahun 1998 perihal STIS di bawah naungan BPS. Kemudian pada tahun 2017 STIS berubah nama menjadi Politeknik Statistik STIS.

Lokasi kampus Politeknik Statistik STIS yaitu di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C , Jakarta 13330 

Visi dari Politeknik Statistik STIS yakni "Menjadi institusi pendidikan profesional yang berkualitas dan unggul di bidang statistik".

Politeknik Statistik STIS menyelenggarakan 3 (tiga) Program Studi yaitu:
  • Program Studi Diploma III Statistika
  • Program Studi Diploma IV Statistika
  • Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik

Lulusan Program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan lulusan Program Diploma IV akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.)

Setelah membaca gosip di atas, tentunya kalian mempunyai citra sedikit mengenai kampus STIS ini. Dengan bagitu maka ketertarikan kalian untuk kuliah di STIS semakin kuat.

Bersarkan klarifikasi di atas, kita sanggup mengetahui bahwa STIS merupakan perguruan tinggi tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang statistik pada acara Diploma III dan Diploma IV.

Nah, untuk kalian yang ingin menjadi spesialis statistika yang berkualitas, unggul, dan berintegrasi, STIS lah kampus yang sempurna untuk kawasan menuntut ilmu.

Berstatus sebagai perguruan tinggi tinggi kedinasan yang ikatan dinas tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Status ikatan dinas tersebut menjadi satu point penting bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi tinggi ini.

Melalui perguruan tinggi tinggi ikatan dinas, maka nantinya ketika kuliah makasiswa akan mendapat gratis biaya kuliah dan bahkan uang saku, serta sesudah lulus kuliah bisa eksklusif ditempatkan kerja di satu kantor / perusahaan milik pemerintah dan juga bisa eksklusif diangkat menjadi PNS melalui mekanisme yang telah ditetapkan.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistik STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) membuka penerimaan mahasiswa gres melalui 2 (dua) jalur, yaitu jalur ikatan dinas dan jalur kiprah belajar.

1. Jalur Ikatan Dinas

Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan Sekolah Menengan Atas / MA jurusan IPA/IPS. Mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini, sesudah lulus pendidikan di STIS, akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/A (sesuai dengan peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia hingga dengan tingkat kabupaten / kota.

Selama masa menempuh pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat pertolongan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa mempunyai ikatan dinas selama mengikuti pendidikan di STIS, dan sesudah lulus, wajib bekerja di BPS selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

2. Jalur Tugas Belajar

Jalur Tugas Belajar merupakan jalur seleksi untuk mereka yang mempunyai status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN / BUMD, atau anggota Tentara Nasional Indonesia / POLRI, dan telah menuntaskan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugaskan oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.

-- Di bawah ini Hanya diberikan gosip mengenai penerimaan mahasiswa ikatan dinas !!! --

Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistik STIS

A. Persyaratan dan Ketentuan Jalur Ikatan Dinas
  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  2. Program Diploma IV :
    • Lulusan Sekolah Menengan Atas / MA Jurusan IPA; atau
    • Siswa Sekolah Menengan Atas / MA Jurusan IPA Tahun Ajaran ini kelas XII;
    • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  3. Program Diploma III : (Khusus Pendaftar yang berdomisili pada wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung) :
    •  Lulusan Sekolah Menengan Atas / MA Jurusan IPA / IPS; atau
    • Siswa Sekolah Menengan Atas / MA Jurusan IPA / IPS Tahun Ajaran ini kelas XII;
    • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS hingga dengan pengangkatan PNS;
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  7. Bersedia mematuhi peraturan STIS.
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS;
  9. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia hingga ke tingkat kabupaten/kota.

B. Tahapan Seleksi dan Lokasi Tes STIS

Peserta yang ingin menjadi mahasiswa STIS harus melalui semua tahapan seleksi berikut :
  • Ujian tahap I: Tes Tertulis mencakup Matematika dan Bahasa Inggris
  • Ujian tahap II: Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  • Ujian tahap III: Tes Psikotes
  • Ujian tahap IV: Tes kesehatan

Setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur. Pelaksanaan dilakukan di ibu kota provinsi dan beberapa ibu kota kabupaten secara serentak.

C. Cara Pendaftaran
  1. Buka Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id
  2. Mengisi data pendaftaran awal dengan menentukan STIS
  3. Setelah itu akan mendapat bukti pendaftaran dan username serta password
  4. Melanjutkan pendaftaran ke alamat SPMB STIS di www.stis.ac.id/spmb/ dengan memakai NIK dan password yang sama menyerupai ketika mendaftar di Portal SSCN. 
  5. Pilih hidangan pendaftaran kemudian isi formulir pendaftaran yang tersedia
  6. Setelah mendaftar, dapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran.
  7. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank BRI atau Bank Mandiri dengan membawa nomor pendaftaran dan isyarat bayar
  8. Setelah pembayaran, calon peserta kembali membuka website STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  9. Ikuti petunjuknya hingga finalisasi pendaftaran


D. Jadwal Pendaftaran STIS

Pendaftaran dibuka bersamaan dengan sekolah ikatan dinas lainya. Jadwal lengkap baca pada artikel : Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

E. Pengumuman Hasil Ujian STIS

Pengumuman hasil seleksi tiap tahapan sanggup dilihat secara online melalui website STIS.


Itulah gosip mengenai penerimaan mahasiswa gres ikatan dinas STIS. Silahkan kalian ikuti seleksi masuk STIS ini. Persiapkan diri sebaik mungkin semoga cita-cita untuk diterima sanggup terwujudkan.

Untuk infomasi lain yang dibutuhkan sanggup dilihat eksklusif di website resmi STIS di alamat www.stis.ac.id . Dan jikalau ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi STIS di alamat di atas.

Mari Baca Juga :

Demikianlah gosip mengenai Pendaftaran Politeknik Statistik STIS. Semoga gosip yang telah admin sampaikan tersebut sanggup menawarkan pencerahan untuk kalian semua.