Pendaftaran Isbi Bandung 2018/2019 (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung)

pmb.isbi.ac.id 2018 -- Pendaftaran ISBI Bandung 2018, PMB Online ISBI Bandung, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Bandung, Pendaftaran Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana ISBI Bandung, Penerimaa Mahasiswa Baru ISBI Bandung, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi. 2020. 2021.

Kali ini admin akan menyebarkan isu mengenai Pendaftaran ISBI Bandung 2018/2019 (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di kampus ISBI Bandung pada tahun ini. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 Pendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Bandung Pendaftaran ISBI Bandung 2018/2019 (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung)

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung atau dikenal pula dengan nama ISBI Bandung ialah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Seni dan Budaya pada jadwal Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana.

Lokasi kampus ISBI Bandung yaitu di Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265

ISBI Bandung muncul dari aspirasi masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya forum pendidikan tinggi seni tari di Bandung. Berdasarkan Surat Keputusan Walikota-madya Bandung nomor 5539/68, tanggal 31 Maret 1968 di Bandung didirikan Konservatori Tari (KORI).

Kemudian KORI mengalami perubahan pada tahun 1971 menjadi Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung. Lalu ASTI bermetamorfosis Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung pada tahun 1995. Dan jadinya pada tahun 2014, STSI berubah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Visi ISBI Bandung yaitu
  • Visi ISBI  Bandung Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Seni Budaya yang berjati diri, berkualitas, dan berdaya saing dalam skala lokal dan global.

Fasilitas Pendidikan yang ada di SBI Bandung yaitu Gedung Pertunjukan, Studio, Lab Bahasa, Klinik Kesehatan, Tempat Ibadah, Peralatan Pertunjukan, Perpustakaan, Sarana Olahraga, Kantin, dan lain-lain.

Fakultas dan Program Studi di ISBI Bandung, yaitu :

1. Fakultas Seni Pertunjukan, terdiri dari :
  • Program Studi Tari, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Penciptaan, Penyajian, Pengkajian
  • Program Studi Karawitan, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Penciptaan, Penyajian, Pengkajian
  • Program Studi Teater, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Penyutradaraan, Pemeranan, Penulisan Lakon, Penataan Artistik, Pengkajian
  • Program Studi Angklung dan Musik Bambu, Jenjang Pendidikan D4, Kompetensi Utama : Penciptaan
2. Fakultas Seni Rupa dan Desain, terdiri dari :
  • Program Studi Seni Rupa Murni, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Seni Lukis, Seni Patung, Pengkajian
  • Program Studi Kriya, Jenjang Pendidikan D3, Kompetensi Utama : Tata Pentas, Tata Grafis (DKV)
  • Program Studi Rias dan Busana, Jenjang Pendidikan D4, Kompetensi Utama : Penciptaan
    3. Fakultas Budaya dan Media, terdiri dari :
    • Program Studi Film dan Televisi, Jenjang Pendidikan D4, Kompetensi Utama : Penciptaan
    • Program Studi Etno Studi, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Pengkajian
    4. Program Pascasarjana, terdiri dari :
    • Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni

    Berdasarkan uraian di atas, sanggup disimpulkan bahwa ISBI Bandung merupakan kampus negeri yang menyelenggarakan pendidikan bidang seni. Diresmikan pada tahun 2014. Lokasinya di Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265. Memiliki cukup banyak jadwal studi dan mempunyai akomodasi pendidikan yang lengkap.

    Setelah mengetahui uraikan di atas, tentunya kalian sanggup mempunyai citra mengenai kampus ISBI Bandung terutama yang sangat berminat sekali untuk kuliah di kampus ini.

    Berkuliah di kampus ISBI Bandung sanggup menimbulkan kalian seorang yang jago dan profesional di bidang ilmu seni. Pembelajaran yang didukung dengan akomodasi lengkap sanggup menunjukkan kemudahan dalam penguasaan materi. Dengan begitu, ilmu-ilmu yang diharapkan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang bisa didapatkan di kampus ini.
    Baca juga : Pendaftaran Kuliah di ISI-ISBI Lainnya
    Bagi kalian suka menyanyi, menggambar, melukis, mendesain, serta yang mempunyai jiwa seni lainnya, maka asahlah kemampuan di kampus ini. Untuk bisa mencar ilmu di ISBI Bandung, terlebih dahulu kalian mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

    Pendaftaran sanggup dilakukan pada dikala dibukanya penerimaan mahasiswa baru. Kalian sanggup mengikuti salah satu jalur seleksi yang dibuka, baik jalur seleksi nasional ataupun jalur mandiri. Penjelasan mengenai jalur-jalur tersebut sanggup disimak berikut ini.

    I. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNMPTN

    SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke PTN, salah satunya ISBI Bandung. Jalur ini ditujukan khusus bagi siswa berprestasi. Bagi yang tidak berprestasi, maka silahkan ikuti jalur lainnya.

    Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat web.snmptn.ac.id . Namun sebelum itu, calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. 

    Informasi lebih lanjut menyerupai cara pengisian data di PDSS, verifikasi pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya, daftar PTN, dan lain sebagainya sanggup ditemukan pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

    II. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SBMPTN

    Berikutnya ialah jalur SBMPTN yang merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke PTN, salah satunya ISBI Bandung.

    Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Lengkapi data pendaftaran sampai mencetak kartu peserta di alamat tersebut.

    Informasi lengkap menyerupai persyaratan, biaya, jadwal, ujian seleksi, daftar PTN, pilihan prodi, dan lainnya sanggup ditemukan pada artike Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN.

    III. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur Bidikmisi

    ISBI Bandung turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa dan berprestasi untuk bisa kuliah dengan menunjukkan dukungan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

    Pendaftaran dilakukan melalui laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id baik melalui pihak sekolah maupun mandiri. Penjelasan lebih lanjut sanggup dibaca di artikel Pendaftaran Bidikmisi.

    IV. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur Mandiri

    Selain membuka jalur-jalur nasional, ISBI Bandung juga membuka jalur berdikari untuk mendapatkan calon mahasiswa baru. Jalur ini dibuka sesudah jalur seleksi nasional. Berikut penjelasannya.

    1. Berkas Persyaratan Pendaftaran
    1. Scan Foto
    2. Scan Akta Kelahiran (batas usia pendaftar maksimal 23 Tahun, pendaftar usia diatas 23 Tahun wajib melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari instansi daerah bekerja)
    3. Scan Kartu Keluarga
    4. Scan Surat Keterangan Lulus/Ijazah
    5. Scan Surat Keterangan Sehat
    6. Scan Surat Keterangan Kelakuan Baik
    7. Scan Surat Keterangan Sehat Khusus, antara lain:
      • Tidak Buta Warna, bagi Jurusan Televisi & Film, Kriya Seni, Seni Murni, dan Tata Rias Busana
      • THT, bagi Jurusan Televisi & Film, Tari, Karawitan, Teater, dan Angklung & Musik Bambu.
    8. Scan Surat Keterangan Penggunaan Beban Listrik
    9. Surat Pernyataan (cetak pada sajian biodata di formulir online).
      • Tata Tertib ISBI Bandung
      • Biaya Pendidikan
      • Penyalahgunaan Narkoba

                                    2. Alur Pendaftaran
                                    1. Calon Mahasiswa Melakukan Pembayaran Pembelian Formulir Online secara tunai di Sekretariat PMB ISBI Bandung atau melalui transaksi bank.
                                    2. Kemudian mengakses dan mengisi formulir online memakai username dan pin yang diperoleh sesudah melaksanakan pembayaran pemesanan formulir di pmb.isbi.ac.id
                                    3. Selanjutnya formulir akan melalui proses verifikasi oleh petugas di sekretariat untuk mengusut apakah data pada formulir telah sesuai dengan persyaratan 
                                    4. Calon Mahasiswa sanggup mencetak kartu peserta pada waktu yang telah ditentukan dan formulir dinyatakan lolos verifikasi.
                                    5. Mengikuti ujian sesuai dengan nomor urut peserta ujian saringan masuk yang terdapat pada kartu peserta ujian.
                                    6. Melihat pengumuman hasil ujian secara online
                                    7. Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus, selanjutnya melaksanakan pendaftaran ulang dengan melaksanakan pembayaran biaya kuliah dan membawa persyaratan yang dicantumkan pada website dan dokument panduan PMB.

                                    V. Pendaftaran ISBI Bandung Program Pascasarjana

                                    Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa gres jenjang Diploma dan Sarjana, ISBI Bandung juga melaksanakan penerimaan mahasiswa gres jenjang Pascasarjana. Untuk isu pendaftaran, maka sanggup dilihat pribadi di alamat isbi.ac.id


                                    Itulah isu mengenai penerimaan mahasiswa gres ISBI Bandung jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Silahkan ikuti jalur seleksi yang diminati dengan memprediksikan bahwa jalur tersebut menunjukkan peluang besar untuk kelulusan.

                                    Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di web resmi di alamat isbi.ac.id

                                    Mari Baca Juga :
                                    Demikianlah isu mengenai Pendaftaran ISBI Bandung (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung). Semoga saja isu tersebut bisa menunjukkan manfaat yang banyak untuk kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali bersama teman lainnya juga ya.