Pelajar.Org Kuliah Itu Menyenangkan, Nggak Kayak Sekolah. Benarkah?

Ketika masih duduk di dingklik sekolah, hampir semua siswa berangan-angan dan ingin segera lulus lalu kuliah. Dibayangan kita, kuliah itu enak, gak harus pakai seragam, pakai pakaian bebas, kuliah cuman sebentar trus sanggup cepet dapet jodoh. Rasanya kayak di film-film gitu.. 

Tapi... eh tapi... Kenyataannya dunia perkuliahan tidak seindah itu... Ada banyak hal yang akan kau temui. Yuk kita bahas sekarang.


Ospek (Secara Fisik & Mental)
Zaman kini emang masih ada ospek? Kata kak "A" dan "B" udah gak ada ospek. Peraturan juga menyatakan bila ospek itu tidak boleh. Hmm.. Namun pada kenyataannya, masih ada beberapa jurusan yang menerapkan ospek secara rahasia meskipun sudah dilarang. Jika kau beruntung, kau akan bertemu dengan jurusan itu. Beruntung??? Yaa sebab kau akan di gembleng mental kalian semoga tahan banting. Meskipun aku tidak oke dengan caranya, namun faktanya itu memang berpengaruh.

Nggak harus pakai seragam, pakaian bebas
Iya sih bener. Tapi tahu nggak? Ada juga lhoh yang menerapkan harus memakai seragam. Jika kau beruntung, kau akan menemukannya.

Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta atau Kedinasan?
Kuliah di PTN, PTS, atau Kedinasan? Tempat yang berbeda akan mempunyai budaya yang berbeda. Tingkat menyenangkannya pun berbeda-beda. Belum lagi diperluas menjadi setiap Perguruan Tinggi. Hmm... Berharaplah keberuntungan membawamu ke Perguruan Tinggi yang menyenangkan bagimu.

Merasa Salah Jurusan
Salah jurusan yaitu momok yang cukup hangat di dunia perkuliahan. Ada yang bahwasanya ingin masuk Kedokteran, tapi alhasil masuk jurusan Ilmu Komputer. Ada yang passion di bidang kimia, tapi masuk jurusan Statistika. Dan masih banyak lagi. Semester 1 dan 2, kau akan merasa menyesal dan ingin segera pindah atau ikut ujian masuk Perguruan Tinggi lagi. Tapi biasanya orang-orang sekitarmu akan menjadi alasanmu untuk tidak melanjutkan niatmu itu. Dan alhasil kau menetap dan yakin atau setidaknya berusaha meyakinkan diri bahwa kau sanggup mengikuti keadaan dengan bidang yang kau sanggup itu.

Cepet dapet jodoh
Keluar kampus, tiba-tiba nabrak cewek, bukunya jatoh, trus bantuin ambil. Taraaa sehabis beberapa hari jadian deh... Kebanyakan nonton film sih yaa... Yaa gak problem sih sebagai hiburan. Tapi ingat, dongeng cintamu tidak akan semulus dongeng cinta di film itu. Akan banyak tantangan, rintangan, dan halangan yang menghadang. Misalnya, pas udah naksir, eh ternyata udah punya pacar. Atau kasus-kasus lain yang lebih menantang. 

Menyenangkan itu Relatif
Perasaan senang, itu muncul dari setiap orang. Dan setiap orang punya kriteria masing-masing kapan sesuatu itu disebut menyenangkan. Jadi, orang lain mungkin bahagia di kawasan tersebut, tapi apakah kau akan bahagia juga? Belum tentu.

Yaa itulah sedikit citra ketidakpastian yang akan kau hadapi dikala masuk ke dunia perkuliahan. Apapun yang terjadi, tetaplah bersyukur dengan apa yang kau dapatkan. Karena di luar sana, masih banyak yang berharap sepertimu, tapi belum sanggup sebab terkendala ekonomi atau yang lainnya.