Pelajar.Org Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Snmptn

Manusia memang tak pernah luput dari kesalahan. Kesalahan dapat disebabkan aneka macam faktor, salah satunya yaitu kelalaian ataupun kurang pemahaman. Para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan juga sering melaksanakan kesalahan-kesalahan. Namun kali ini kita hanya akan membahas kesalahan yang sering dilakukan ketika SNMPTN. Yuk pribadi simak.

1. Lupa NISN
NISN yaitu Nomor Induk Siswa Nasional yang tertera di sebuah kartu. Sejak SD dan Sekolah Menengah Pertama sangat jarang kita memakai kartu ini, dan gres akan terasa keuntungannya ketika akan mengikuti snmptn lantaran NISN dipakai sebagai ID untuk masuk ke akun. Karena jarang digunakan, siswa sering lupa dan bahkan ada yang kartunya menghilang entah kemana. Duuh kalau sudah menyerupai ini kemudian bagaimana? Hmm... Untung ada mbah google. Jika kau lupa NISN mu, silakan buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data , pilih tab Pencarian Berdasarkan Nama, kemudian masukkan nama, kawasan dan tanggal lahir. Dan jeng jeng.. Kamu dapat melihat nomor induk mu. 

2. Ingat NISN, tapi lupa mengecek data online
Oh iya kalau kau masih ingat NISN mu, jangan lupa mengecek di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan masukkan NISN mu, kemudian cek apakah ada data yang berbeda atau tidak. Jika ada perbedaan, segera lapor ke pihak sekolah dan minta tolong untuk dibantu pengurusan perbaikan data. Kenapa? Karena data NISN yang tercatat secara online lah yang menjadi basis data snmptn. 

3. Salah input nilai
Salah input nilai menjadi kebiasaan yang tidak baik. Kesalahan ini sangat sering terjadi dan selalu berulang-ulang setiap tahunnya. Kesalahan ini dapat disebabkan lantaran ngantuk atau lelah ketika memasukkan data serta lupa atau terlalu malas mengecek kembali data yang sudah dimasukkan. Kalau sudah terlanjur bagaimana? Simak pembahasannya secara detail di sini.

4. Salah input data pribadi
Salah input data pribadi atau data-data lainnya juga sering terjadi. Kesalahan ini juga disebabkan lantaran ngantuk atau lelah ketika memasukkan data serta lupa atau malas ngecek. Simak pembahasannya secara detail di sini kalau kau mengalami hal ini.

5. Salah menentukan jurusan
Duwh ini yaitu kesalahan yang cukup nyesek ya. Udah lengkap dan benar data-datanya, eh ternyata pas milih jurusan salah. Salah pemilihan dapat jadi lantaran ngantuk atau lantaran tidak tahu secara mendetail jurusan itu. Misalnya ada dua jurusan yang serupa, dikira sama, eh ternyata berbeda dan salah milih. Ntar akibatnya muncul istilah "salah jurusan".

Yaa itulah sedikit kesalahan yang sering dilakukan ketika snmptn. Jangan hingga kau juga mengalaminya yaa, kan sudah diingatkan lewat artikel ini. Lebih teliti dan fokus yaa..

Ada kesalahan yang lain?? Yuk tulis di komentar.