Pelajar Indonesia Registrasi Online Sekolah Ikatan Dinas 2018/2019 Di Portal Sscn (Sscndikdin.Bkn.Go.Id) - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Registrasi Online Sekolah Ikatan Dinas 2018/2019 Di Portal Sscn (Sscndikdin.Bkn.Go.Id)

sscndikdin.bkn.go.id 2018 -- Pendaftaran Online Ikatan Dinas di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id) 2018, Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Gratis di sscndikdin.bkn.go.id, Pendaftaran Ikatan Dinas ; STAN, STIS, IPDN, STMKG, STTD, STIN, STSN, POLTEKIP & POLTEKIM di sscndikdin.bkn.go.id, Penerimaan Mahasiswa dan Taruna Baru Ikatan Dinas di sscndikdin.bkn.go.id, Alur Pendaftaran, Persyaratan, Jadwal, Ketentuan, Menu di sscndikdin.bkn.go.id. 2020. 2021.

Kali ini admin akan menyebarkan isu perihal Pendaftaran Online Ikatan Dinas 2018/2019 di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ikatan dinas yang ada di Indonesia. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.


Banyak sekali pilihan perguruan tinggi sebagai tempat menuntut ilmu. Salah satu perguruan tinggi yang menjadi idaman para siswa lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan sederajat ialah perguruan tinggi ikatan dinas.

Perguruan tinggi ikatan dinas ialah perguruan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Republik Indonesia atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang menyelenggarakan pendidikan secara gratis.

Ada satu pertanyaan : mengapa kuliah di perguruan tinggi ikatan dinas menjadi idaman?

Karena bagi mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi ikatan dinas, semasa kuliah akan mendapat uang saku dan sesudah lulus kuliah sanggup eksklusif diangkat menjadi pegawai negeri sipil dan bekerja di tubuh atau forum yang menaungi perguruan tinggi tersebut. Jadi, tidak perlu repot-repot cari kerja.

Selain itu, suatu pujian tersendiri bila sanggup diterima di perguruan tinggi ikatan dinas alasannya ialah memang sangat sulit untuk sanggup masuknya. Pendaftar yang sangat banyak menimbulkan persaingan sangat ketat pula. Jadi, besar hati sanggup diterima dan lulus seleksi masuk ke perguruan tinggi ikatan dinas.

Nah, bagi kalian yang sangat berminat untuk kuliah di perguruan tinggi ikatan dinas, maka harus mempersiapkan diri semenjak sekarang. Persiapan yang sanggup dilakukan yaitu dengan mempelajari materi-materi yang diperkirakan akan diujikan pada ketika tes masuk ikatan dinas. Kalian sanggup mengikuti kursus atau bimbel di forum pendidikan yang memfokuskan pada pembahasan materi masuk ikatan dinas. Silahkan temukan forum tersebut di kawasan kalian.

Persiapan lain yang sanggup dilakukan yaitu menyiapkan berkas manajemen yang sangat penting alasannya ialah berkas manajemen ini akan diperiksan secara teliti oleh panitia. Berkas yang tidak lengkap sanggup mengakibatkan proses seleksi anda dinnyatakan gugur hingga di tahap ini.

Persiapan pelengkap lainnya yaitu menyiapkan kesiapan fisik untuk mengikuti semua tahapan seleksi yang akan diberikan oleh panitia. Jika fisik sehat dan kuat, maka sanggup mengikuti tahapan seleksi yang diberikan.

Nah, untuk pendaftaran sekolah ikatan dinas dilakukan secara online melalui Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). sscndikdin.bkn.go.id adalah situs resmi milih pemerintah yang dipersiapkan khusus untuk proses pendaftaran calon mahasiswa atau taruna gres sekolah ikatan dinas.
Baca Lanjutan : Pendaftaran Mahasiswa / Taruna Baru Sekolah Ikatan Dinas
Jika alamat tersebut sscndikdin.bkn.go.id tidak sanggup diakses, hal tersebut dikarenakan pendaftaran belum dibuka atau tidak dibuka sehingga alamat tersebut tidak sanggup diakses.

Calon mahasiswa atau taruna membuka alamat tersebut kemudian pahami dan pelajari terlebih dahulu ibarat apa proses / alur pendaftaran ikatan dinas di sscndikdin.bkn.go.id, bagamana cara mendaftarnya, apa saja persyaratannya, apa saja kampus ikatan dinas yang ada, dan lain-lain.

Setelah mendaftarkan diri di Portal SSCN, selanjutnya mendaftar di Portal resmi masing-masing Sekolah Ikatan Dinas yang dituju.

Nah, berikut admin berikan klarifikasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Online Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id) serta klarifikasi terkait lainnya yang penting untuk dipahami.

A. Mengenal Menu-Menu di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Perlu kalian kenali terlebih dahulu apa saja menu-menu yang ada di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id), dan apa saja gunanya. Biasa baca Langsung di artikel ini : Penjelasan Menu di Portal SSCN atau baca pada klarifikasi di bawah ini.

1. Menu Pengumuman

Pada halaman pengumuman, terdapat isu penting mengenai penerimaan calon mahasiswa dan taruna gres ikatan dinas yang diumumkan oleh Kementerian PANRB. Selain itu, ada pula petunjukan yang penting untuk dibaca sebagai aliran mengisi data pendaftaran. Downoad terlebih dahulu file pengumuman pendaftaran yang diperlukan biar sanggup memperoleh isu yang dibutuhkan.

2. Menu Alur

Pada sajian ini, dijelaskan secara rinci mengenai alur pendaftaran calon taruna dan mahasiswa gres ikatan dinas. Baca dan pahami selengkapnya pada artikel alur di penggalan bawah.

3. Menu Registrasi

Dengan klik sajian registrasi, calon mahasiswa / taruna sanggup melaksanakan pendaftaran dan menentukan perguruan tinggi ikatan dinas yang diminati.

4. Menu Helpdesk

Menu Helpdesk merupakan sajian yang berisi sumbangan untuk calon mahasiswa / taruna baru. Saat sajian tersebut di klik, munculah halaman gres dengan alamat web "https://helpdesk.bkn.go.id/"

5. Menu F.A.Q

Di sajian ini dijakikan beberapa rujukan pertanyaan yang sering muncul disertai jawabannya. Untuk mengetahui ibarat apa rujukan pertanyaan dan jawabannya, silahkan baca Tanya Jawab dan Konsultasi Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

6. Menu Call Center

Di sajian ini terdapat call center yang sanggup dihubungi untuk meminta sumbangan terkait pendaftaran.

7. Menu Login

Menu Login  dipakai oleh calon mahasiswa / taruna untuk melengkapi data sesudah "Daftar Akun".  Silahkan login memakai NIK dan Password yang telah didaftarkan.

B. Cara Pendaftaran Online di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Pendaftaran calon taruna atau mahasiswa gres sekolah ikatan dinas dilakukan secara online melalui 2 tahap, yaitu tahap pertama di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id, dan tahap kedua di Portal instansi masing-masing yang diminati.

Baca Selanjutnya : Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas dan Ketentuan Pentingnya

C. Alur Pendaftaran Online di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Alur pendaftaran calon mahasiswa / taruna gres ikatan dinas dimulai dari pembuatan akun pendaftaran hingga mencetak bukti akun pendaftaran. Kemudian dilanjutkan dengan melengkapi data pendaftaran hingga mencetak bukti pendaftaran.
Lebih lengkap dan rinci silahkan baca : Alur Pendaftaran Sekolah Tinggi Ikatan Dinas

D. Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas dan Alamat Website Pendaftarannya

1. PKN STAN
  • Nama Lengkap : Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
  • Alamat Website Pendaftarannya : spmb.pknstan.ac.id
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online PKN STAN

2. IPDN
  • Nama Lengkap : Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
  • Alamat Website Pendaftarannya : spcp.ipdn.ac.id
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online Capra IPDN

3. STTD
  • Nama Lengkap : Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
  • Alamat Website Pendaftarannya : sipencatar.dephub.go.id
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online STTD

Selain STTD, ada beberapa sekolah ikatan dinas lainnya dibawah Kementerian  Perhubungan  yang keseluruhannya berjumlah 11  Sekolah  Tinggi, Politeknik dan Akademi. Baca selengkapnya di artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

4. POLTEKIP dan POLTEKIM
  • Nama Lengkap : Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)
  • Nama Lengkap : Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)
  • Alamat Website Pendaftaran keduanya : catar.kemenkumham.go.id
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online Poltekip dan Poltekim

5. Politeknik Statistik STIS 
  • Nama Lengkap : Politeknik Statistis STIS
  • Alamat Website Pendaftarannya : stis.ac.id/admission
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online STIS

6. STIN
  • Nama Lengkap : Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  • Alamat Website Pendaftarannya : pmb.stin.ac.id
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online STIN

7. STSN
  • Nama Lengkap : Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)
  • Alamat Website Pendaftarannya : stsn-nci.ac.id/spmb
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online STSN

8. STMKG

  • Nama Lengkap : Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Alamat Website Pendaftarannya : ptb.stmkg.ac.id
  • Informasi Pendaftaran : Pendaftaran Online PTB STMKG

Penjelasan lebih rinci mengenai sekolah ikatan dinas dilihat dari profil, aktivitas studi, dan lainnya sanggup ditemukan pada artikel : Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas

E. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Bagi calon mahasiswa atau taruna yang ingin mendaftarkan diri di Sekolah ikatan dinas, maka harus sanggup memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Baca selengkapnya pada artikel berikut : Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

F. Tahapan Seleksi Ikatan Dinas

Seleksi penerimaan calon mahasiswa atau taruna ikatan dinas dilakukan sanggup beberapa tahapan. Untuk lebih jelasnya sanggup dibaca eksklusif pada artikel berikut : Tahapan Seleksi Ikatan Dinas

G. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

Jadwal pendaftaran dan seleksi sangatlah penting. Maka dari itu calon taruna atau mahasiswa gres perlu sekali mengetahuinya. Silahkan temukan pada artikel : Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas.


Untuk pendaftaran sekolah tinggi, politeknik, dan akademik ikatan dinas di bawah Kementerian perhubungan, baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

Baca Juga Artikel Penting Lainnya : Pendaftaran Sekolah Tinggi Kedinasan

Itulah isu mengenai Pendaftaran Online Ikatan Dinas di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). Mudah-mudahan isu tersebut bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi dan kamipun akan mengupdate yang terbaru. Terima kasih dan semoga sukses menjadi mahasiswa / taruna ikatan dinas tahun ini.