Pelajar Indonesia Kisi-Kisi Usbn Sd Tahun 2018 (Bahasa Indonesia, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam -Ipa) - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Kisi-Kisi Usbn Sd Tahun 2018 (Bahasa Indonesia, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam -Ipa)

DOWNLOAD KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 (BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM -IPA)

Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 (Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Bahasa Indonesia, Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Matematika, dan Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Ilmu Pengetahuan Alam -IPA). Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN pada jenjang Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan yakni aktivitas pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh akreditasi atas prestasi belajar, kecuali mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Sedangkan USBN jenjang SD yakni aktivitas pengukuran capaian kompetensi siswa sekolah hanya untuk beberapa mata pelajaran tertentu.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetapkan kebijakan gres untuk ujian selesai di jenjang sekolah dasar (SD), yakni dengan menerapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi akseptor didik kelas 6. USBN SD tahun 2018 hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno  menyatakan Format soal USBN SD 2018, sebesar 20 persen sampai 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75 persen sampai 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

“Sedangkan untuk ujian sekolah atau US, 100 persen soal disiapkan sekolah menurut kisi-kisi nasional yang disiapkan oleh pusat,” ujar Kabalitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam Diskusi Kebijakan Pendidikan perihal USBN 2018 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Totok mengatakan, soal untuk USBN SD juga akan menyertakan esai sebanyak 10 persen dari total soal. Hal ini berbeda dengan US/M yang berlaku pada tahun sebelumnya, di mana semua soal berbentuk pilihan ganda.

Kemudian untuk lima mata pelajaran pada Ujian Sekolah, soal-soal akan dibentuk oleh guru masing-masing sekolah. Meksipun begitu, Kemendikbud akan mendorong guru-guru untuk menciptakan soal Ujian Sekolah dengan kombinasi antara pilihan ganda dan esai. “Esai sangat manis untuk kompetensi generasi masa 21,” ujar Totok.

Secara teknis, untuk SD/MI yang sudah dapat menerapkan ujian berbasis komputer, soal-soal berbentuk pilihan ganda akan dikerjakan dengan memakai komputer, baik untuk USBN maupun Ujian Sekolah. Kemudian soal esai akan dikerjakan siswa pada kertas esai (secara manual).

Berikut ini link download Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 (Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Bahasa Indonesia, Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Matematika, dan Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Ilmu Pengetahuan Alam –IPA.



Demikian informasi perihal download Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 (Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 (Tahun Pelajaran 2017/2018). Semoga bermanfaat.

==============================







= Baca Juga =