Pelajar Indonesia Juknis Osn Sd Dan Osn Smp Tahun 2018 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Juknis Osn Sd Dan Osn Smp Tahun 2018

JUKNIS OSN SD TAHUN 2018
Panduan atau Juknis OSN SD tahun 2018. Olimpiade Sains Nasional tingkat SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat telah dirintis semenjak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk menyebarkan daya nalar, kemampuan memecahkan  masalah,  kreativitas,  dan  sportivitas  siswa. Pelaksanaan OSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak konkret pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran sehingga siswa mempunyai daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi kawasan di bidang pendidikan yang telah berlangsung semenjak 2001, maka sebagian kewenangan pemerintah sentra dalam penyelenggaraan pendidikan dilimpahkan pada daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Namun demikian, standarisasi mutu penyelenggaraan pendidikan tetap menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Oleh sebab itu, usaha-usaha untuk meningkatkan jalan masuk dan kualitas pendidikan perlu dilakukan secara sistematik dan komprehensif.

Panduan atau Juknis OSN SD tahun 2018


Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang sangat penting bagi jenjang yang lebih tinggi. Upaya penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada penerima didik. Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan yaitu meningkatnya kemampuan penerima didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan kebijaksanaan pekerti penerima didik.

Panduan atau Juknis OSN SD tahun 2018 ini merupakan pedoman pelaksanaan Kegiatan OSN SD tahun 2018. Olimpiade Sains Nasional untuk penerima didik SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2018 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para penerima didik, guru, pengelola, dan  pembina  pendidikan  untuk  berkompetisi  secara  sehat dengan  mengedepankan  sportivitas  guna  mencapai  prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional



JUKNIS OSN SMP TAHUN 2018
Panduan atau Juknis OSN SMP tahun 2018. Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan wadah bagi siswa dalam mengim-plementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui bidang sains. Ini melalui proses pembelajaran sains di sekolah untuk memperlihatkan imbas posi-tif dalam peningkatan mutu pendidikan sains yakni bidang Matematika, Ilmu  Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Direktorat Pembi-naan SMP berusaha memperlihatkan penemuan dalam pen-ingkatan mutu pendidikan pada OSN SMP yakni pada periode 2003 s.d. 2009, bidang yang dilombakan pada OSN mencakup 3 bidang utama: Matematika, Bi-ologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, Direktorat Pembinaan SMP memasukkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam bidang yang dilombakan pada OSN. Sehingga semenjak tahun 2010 s.d. 2015 bidang OSN SMP yang dilombakan yaitu 4 (empat) bidang. Dengan adanya kurikulum 2013, Bidang Fisika dan Biologi digabungkan menjadi satu bidang dengan nama Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada tahun 2015. Sehingga mulai tahun 2015 s.d. 2018 bidang lomba mencakup 3 bidang yakni Matematika, IPS, dan IPA.

Perubahan yang terjadi ini dimaksud untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfer kompetisi serta mendorong pihak-pihak yang berwenang untuk memperlihatkan ruang belajar, memfasilitasi dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan mempunyai talenta minat pada sains semoga meningkatkan ke -mampuan akademisnya dengan berpartisipasi pada OSN SMP tahun 2018.

Panduan atau Juknis OSN SMP tahun 2018


OSN SMP tahun 2018 ini memperlihatkan kesempatan kepada para siswa yang ber-prestasi terbaik di tingkat nasional untuk meningkatkan pencapaian prestasinya di tingkat internasional. Indonesia telah mengirimkan duta terbaik di bidang sains yakni Matematika dan IPA untuk berprestasi pada ajang kompetisi internasional yakni  International Teenagers Mathematics Olympiad  (ITMO) di Davao, Filipina dan International Junior Science Olympiad (IJSO) di Arnhem, Netherland. Mereka telah berhasil menyabet beberapa medali untuk diberikan kepada Negara Indo -nesia. Perolehan medali untuk 2 kompetisi Internasional ini 20 medali pada ITMO, sedangkan 6 medali untuk  IJS0.                                                                                                                       
Panduan atau Juknis OSN SMP tahun 2018 sebagai contoh bagi panitia pelaksana kegiatan seleksi tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Dengan adanya panduan atau juknis ini kegiatan kegiatan OSN SMP tahun 2018 yang direncanakan oleh Direktorat Pembinaan SMP sanggup berjalan dengan lancar dan hasil yang baik.









= Baca Juga =