Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Sespimti Polisi/Polri 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Sespimti Polisi/Polri 2018/2019

Lekdik.polri.go.id - Cara Pendaftaran Online SESPIMMTI POLISI/POLRI 2018/2019 Sekolah Pimpinan Tinggi atau yang disingkat menjadi SESPIMMTI yaitu upaya yang dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai polisi untuk mendapatkan pangkat Jenderal Polisi. Pangkat tersebut termasuk dalam golongan jabatan yang bergengsi dan tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. 

Banyak orang yang menyatakan bahwa registrasi SESPIMMTI di forum kepolisian sangat sarat dengan KKN, sehingga banyak orang yang menunjukkan stigma negatif terhadap polisi. Hal ini terjadi alasannya ialah ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan keadaan untuk memperkaya diri sendiri. Padahal hukum sudah diciptakan sedemikian rupa untuk menekan terjadinya KKN. Pada ini, kembali dibuka registrasi SESPIMMTI bagi anggota kepolisian yang ingin mendapatkan promosi dengan cara yang benar sesuai denga peraturan perundang-undangan.

Cara Pendaftaran Online SESPIMTI POLISI/POLRI


Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Ketika malakukan registrasi SESPIMMTI melalui http://lekdik.polri.go.id  tentunya harus mempunyai potensi dan kemampuan yang mumpuni, alasannya ialah sesudah lulus nanti ia akan menjadi seorang petinggi di forum kepolisian. Lalu apa saja persyaratan untuk mengikuti diklat SESPIMMTI?

  • Berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dan menduduki jabatan minimal Komisaris Besar Polisi.
  • Minimal sudah 24 tahun menjalani Masa Dinas Perwira (MDP).
  • Minimal dalam waktu 2 tahun sudah menjalani Masa Dinas Dalam Pangkat (MDDP).
  • Usia maks 53 (lima puluh tiga) tahun ketika mendaftar sebagai akseptor diklat SESPIMMTI.
  • Lulus dalam tahap seleksi pimpinan Polisi Republik Indonesia dan sebelumnya belum pernah mengikuti Diklat Sekolah Pimpinan Tinggi yang diselenggarakan oleh Polri, Lembaga Tentara Nasional Indonesia atau Diklat Pimpinan Tingkat I.
  • Memiliki Surat Keterangan Hasil Penelitian (SKHP) yang dikeluarkan oleh forum dan pejabat yang berwenang, dalam hal ini dikeluarkan oleh Polda atau Mabes Polri.
  • Mampu mengoperasionalkan kegiatan komputer dan mengakses jaringan internet.
  • Memiliki surat rekomendasi yang diberikan oleh kepala atau pimpinan yang berwenang. Surat rekomendasi diusulkan kepada Kepala Polisi RI (Kapolri) untuk kepentingan anggota yang bersangkutan.
  • Pernah menjalankan kiprah negara diluar negeri dan membawa keberhasilan.
  • Tidak sedang dicabut haknya sebagai anggota kepolisian untuk mengikuti SESPIMMTI alasannya ialah melaksanakan perbuatan indisipliner.
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila.

Mengikuti rangkaian registrasi SESPIMMTI dan dinyatakan lulus uji investigasi mencakup :


a. Rikmin dan SKHP

Rikmin ialah investigasi administratif yang dilakukan oleh forum tertentuyang berwenang menyelenggarakan diklat SISPIMMTI. Biasanya seleksi ini dilakukan terhadap berkas dan dokumen yang diperlukan untuk kelengkapan data calon akseptor diklat. Kemudian investigasi SKHP yaitu pengecekan sah atau tidaknya SKHP yang dimiliki oleh registrasi SESPIMMTI.


b. Rikkes dilaksanakan oleh Polisi Republik Indonesia setempat di cek ulang pada Lemhannas RI

Pemeriksaan yang kedua yaitu investigasi yang terkait dengan kesehatan calon akseptor diklat. Kesehatan mereka akan di tes secara menyeluruh alasannya ialah dikhawatirkan ada akseptor yang mempunyai riwayat penyakit kronis sehingga sanggup mengganggu jalannya diklat. Kemudian hasil pengecekan tersebut nantinya akan di cocokan dengan data pada ketika mengikuti SESPIMMA dan SESPIMMEN yang ada di Lemhannas.


c. Rik psikologi

Pemeriksaan psikologi dilakukan oleh tubuh khusus yang melaksanakan koordinasi dengan Polri. Biasanya forum kepolisian menggandeng dokter-dokter yang jago di bidang psikologi untuk menyidik kesehatan dan stabilitas mental calon akseptor diklat.

Kenapa tes ini perlu dilakukan? Karena semakin bau tanah usia seseorang kondisi mentalnya semakin tidak stabil. Jika ternyata ditemukan akseptor yang mempunyai kondisi mental tidak stabil, maka ia akan diberi beberapa terapi oleh ahlinya.


d. Tes Di Bidang Akademik

Tes kemampuan dibidang akademik ini dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Tes bahasa inggris : Tes bahasa Inggris dilaksanakan untuk mengukur tingkat kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh calon jenderal. Seorang jenderal sudah sepantasnya bisa menguasai bahasa asingm terutama bahasa Inggris. Tes yang dilakukan yaitu TOEFL dan TOEIC yang harus mencapai batas minimal skor nilai untuk dinyatakan lulus.
  • Tes Paparan Dan Wawancara : Pada ketika registrasi SESPIMMTI, biasanya calon akseptor diminta untuk membuatsebuah naskah yang topiknya mengenai dilema krusial strategis yang sedang terjadi di Indonesia dalam bahasa Inggris. Kemudian para akseptor diklat diminta untuk memaparkannya dihadapan dewan penilai, tentunya dengan memakai bahasa Inggris. Pada tahap ini, dimungkinkan terjadinya sesi tanya jawab antara audience dan peserta. Rasionalitas argumen yang dilontarkan dan bobot tanggapan pendaftar bisa menjadi salah satu materi pertimbangan yang cukup menentukan untuk kelulusan hasil tes.


Persyaratan Administrasi Pendaftaran SESPIMMTI

Persyaratan manajemen yang diminta oleh panitia SESPIMMTI hampir sama dengan persyaratan pada ketika mendaftar SESPIMMA dan SESPIMMEN. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  • Membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa anggota polisi yang bersangkutan siap mendapatkan segala konsekuensi yang dibebankan kepadanya selama menjadi akseptor SESPIMMTI.
  • Membuat surat pernyataan bermaterai cukup yang menyatakan bahwa sesudah lulus dari SESPIMMTI, ia sanggup untuk ditugaskan dimana sajabaik itu dalam negeri maupun luar negeri.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari kepala atau atasan yang berwenang. Isinya menyatakan bahwa anggota polisi yang akan mengikuti registrasi SESPIMMTI tersebut ialah orang yang berhak dan layak.
  • Daftar riwayat hidup singkat. Didalamnya termuat riwayat pendidikan, pangkat, dan jabatan yang pernah disandang. Serta apabila ada capaian prestasi selama menjadi anggota kepolisian bisa dituliskan asal disertai dengan surat pendukung atau sertifikat.
  • Melampirkan fotokopi ijazah Dikbang dan Dikum terakhir.
  • Fotokopi Surat Keputusan Presiden yang berisi pengangkatan resmi sebagai anggota kepolisian.
  • Pas photo berwarna dan hitam putih berukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 masing-masing sebanyak 5 lembar dengan memakai Pakaian Dinas Harian (PDH) beratribut lengkap tanpa epilog kepala, dan berlatar belakang merah.
  • Semua persyaratan dibentuk setidaknya 4 rangkap dan harus dilegalisir oleh masing-masing dinas satuan kerja yang berwenang.

 Pendaftaran Online SESPIMMTI

Pendaftaran dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia SESPIMMTI. Untuk mempermudahproses, pertama registrasi dilakukan dengan cara online dengan login ke situs resmi Polisi Republik Indonesia http://lekdik.polri.go.id. Di dalamnya sudah tersedia majemuk formulir sesuai dengan masing-masing jenjang profesi. Hati-hati ketika mengklik formulir, alasannya ialah tidak jarang orang salah dalam menentukan lembar formulir.

Bagi anggota kepolisian yang mempunyai pangkat sebagai Perwira Menengah kemudian lolos mengikuti seleksi registrasi SESPIMMTI, maka selanjutnya ia akan menjalani pendidikan selama enam bulan di Sekolah Staf dan Pimpinan Polisi Republik Indonesia yang terletak di Jalan Maribaya, Lembang-Jawa Barat. Setelah itu, tinggal menunggu Surat Ketetapan dari Presiden yang berisi pelantikan.