Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Universitas Methodist Indonesia 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Universitas Methodist Indonesia 2018/2019

Methodist.ac.id - Cara Pendaftaran Online Universitas Methodist Indonesia 2018/2019, Medan Selain mempersiapkan aneka macam hal untuk menghadapi ujian kelulusan, siswa kelas 12 tentu juga mempersiapkan diri untuk mendaftar ke akademi tinggi. Siswa kelas 12 akan mencari dan memilih akademi tinggi favoritnya. Kemudian mencari aneka macam isu wacana registrasi akademi tinggi tersebut.

Bukan hanya siswa saja, orangtua juga perlu untuk ikut serta membantu dan mendampingi anaknya ketika mencari aneka macam isu wacana akademi tinggi yang diinginkan anaknya. Nah, salah satu info yang akan Anda butuhkan yaitu wacana registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan. Universitas yang satu ini merupakan salah satu akademi tinggi swasta di Indonesia yang kualitasnya cukup dapat diandalkan.

Cara Pendaftaran Online Universitas 


Universitas Methodist Indonesia atau yang biasanya juga disebut sebagai UMI, merupakan akademi tinggi swasta yang sudah cukup usang bangkit yaitu semenjak tahun 1965. UMI mempunyai 5 Fakultas, diantaranya Fakultas Sastra, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Komputer. Kelima fakultas tersebut terdiri dari 9 aktivitas studi berjenjang Strata-1 (S1) dan 2 aktivitas studi berjenjang Diploma 3 (D3).

Maka, totalnya ada 12 aktivitas studi yang dapat Anda pilih. Semua aktivitas studi tersebut telah teruji kualitasnya terbukti dengan dimilikinya legalisasi dari BAN-PT oleh masing-masing aktivitas studi. Apa saja aktivitas studi yang dimaksud? Untuk Anda yang tengah mencari isu wacana registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan, berikut ini aktivitas studi yang ada di universitas swasta yang satu ini:

  • Program Studi Sastra Inggris (S1/ Akreditasi B)
  • Program Studi Agribisnis (S1/ Akreditasi B)
  • Program Studi Agroteknologi (S1/ Areditasi B)
  • Program Studi Akuntansi (S1/ Akreditasi B)
  • Program Studi Manajemen (S1/ Akreditasi B)
  • Program Studi Kedokteran (S1/ Akreditasi C)
  • Program Sudi Profesi Kedokteran (S1/ Akreditasi C)
  • Program Studi Sistem Informasi (S1/ Akreditasi B)
  • Program Studi Teknik Informatika (S1/ Akreditasi B)
  • Program Studi Komputerisasi Akuntansi (D3/ Akreditasi B)
  • Program Studi Manajemen Informatika (D3/ Akreditasi C)

Selain isu wacana registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan, tentunya isu wacana aktivitas studinya juga penting. Anda harus memilih aktivitas studi apa yang ingin ditempuh. Program studi yang ada di UMI cukup banyak. Tentunya diantara aneka macam aktivitas studi tersebut, ada salah satu aktivitas studi keinginan Anda. Nah, mantapkan diri Anda untuk memasuki aktivitas studi keinginan di Universitas Methodist Indonesia.

Pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan, dibagi dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama biasanya dibuka pada sekitar bulan April. Maka, ketika ini Anda masih mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Sebelum mendaftar, jangan lupa untuk mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. Apa saja? berikut ini beberapa persyaratannya:

  1. Usia maksimal 22 tahun dengan melampirkan fotocopy sertifikat kelahiran sebagai bukti.
  2. Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMA/Sederajat yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah sebanyak 3 lembar.
  3. Fotocopy NEM/Hasil UAN yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah sebanyak 3 lembar.
  4. Pas foto ukuran 3x4 (hitam putih) sebanyak 5 lembar.
  5. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
  6. Surat keterangan tidak bita warna total maupun partial dari dokter seorang jago mata.
  7. Tidak pernah melaksanakan tindakan kriminal dan penggunaan obat-obatan terlarang dengan melampirkan surat keterangan terkait.
  8. Membayar biaya registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan sebesar Rp200.000,00 (setiap tahun dapat saja mengalami perubahan).
  9. Membayar biaya Tes Potensi Akademik (TPA) sebesar Rp400.000,00 (setiap tahun dapat saja mengalami perubahan).
  10. Membayar biaya ujian psikotes sebesar Rp350.000,00 (setiap tahun dapat saja mengalami perubahan, dan biaya ini dibayarkan sesudah pendaftar lulus ujian psikotes).
  11. Membayar biaya Pengenalan Program Pendidikan dan Studi (P3S) dan jaket almamater sebesar Rp350.000,00 (setiap tahun dapat saja mengalami perubahan).

Setelah mendaftarkan diri dan mengisi formulir, maka dilanjutkan dengan tahap ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan psikotes, kemudian pengumuman. Untuk Anda yang melaksanakan registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan, maka pastikan untuk mengetahui setiap aktivitas rangkaian registrasi tersebut. Pastikan ketika mendaftar, Anda menanyakan wacana aneka macam aktivitas rangkaian kegiatan yang harus Anda ikuti.

Anda dapat mendapat infonya dengan tiba pribadi ke Universitas Methodist Indonesia yaitu di Jalan Hang Tuah No. 8, Medan (Telp. (061)-4536735) atau melalui website-nya di www.methodist.ac.id dan email info@methodist.ac.id. Setelah pengumuman, maka tahap selanjutnya adalah  daftar ulang dan pembayaran biaya kuliah. Selanjutnya diikuti dengan tes kesehatan dan pelaksanaan P3S.

Apalagi yang perlu diketahui sebelum melaksanakan registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan? Tentunya yang juga penting yaitu terkait biaya pendidikan. Biaya pendidikan untuk tiap fakultas berbeda-beda. Misalnya untuk aktivitas studi D3 Fakultas Ekonomi, mempunyai rincian biaya pendidikan sebagai berikut:

  • Biaya Pendaftaran Ulang (BPU) + (Biaya Penunjang Pendidikan (BPP)/semester sebesar Rp1.479.000,00.
  • Biaya kuliah per SKS/semester sebesar Rp2.112.000,00 (Rp105.000,00 x 20 SKS).
  • Maka, total biaya pendidikan untuk aktivitas studi S1 Fakultas Ekonomi yaitu sebesar Rp3.591.000,00/semester.

Berbeda dengan fakultas kedokteran yang mempunyai rincian biaya pendidikan sebagai berikut:
  • BPU+BPP/semester sebesar Rp2.800.000,00.
  • Biaya kuliah per SKS/semester sebesar Rp22.200.000,00
  • Maka, total biaya pendidikan fakultas kedokteran yaitu sebesar Rp25.000.000,00.

Program Studi D3 Fakultas Ekonomi merupakan aktivitas studi dengan biaya pendidikan yang paling rendah di Universitas Methodist Indonesia. Sementara fakultas kedokteran merupakan fakultas yang mempunyai biaya pendidikan paling tinggi di UMI. Selanjutnya, kalau Anda ingin mengetahui berapa jumlah biaya pendidikan untuk fakultas lainnya yang Anda pilih dalam registrasi Universitas Methodist Indonesia, Medan,

maka Anda dapat melihat isu selengkapnya di website Universitas Metododist Indonesia. Jika dibandingkan dengan universitas lainnya, terutama universitas swasta, maka UMI tergolong mempunyai biaya pendidikan yang cukup murah. Apalagi kalau diterima sebagai mahasiswa UMI, Anda masih dapat mengajukan dispensasi biaya pendidikan, serta mendapat beasiswa tertentu.