Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Itenas 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Itenas 2018/2019

Pmb.itenas.ac.id - Info Cara Pendaftaran Online (ITENAS) Institut Teknologi Nasional 2018/2019 Bandung Di periode sekarang, sekolah tinggi sudah banyak diminati oleh para pelajar. Keinginan untuk mewujudkan cita-citanya, mereka memandang perkuliahan menjadi penting dan harus dijalani. Saat ini telah banyak berkembang perguruan tinggi negeri maupun swasta di aneka macam tempat dengan aneka macam macam bidang studi yang sejatinya ada dalam setiap lingkup kehidupan.

Salah satunya ialah Institut Teknologi Nasional Bandung yang selanjutnya dikenal sebagai ITENAS. Institut ini merupakan salah satu institut yang mempunyai tujuan pendidikan dalam berbagi potensi di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni dalam lingkup nasional hingga internasional. Institut Teknologi Nasional Bandung mempunyai beberapa fakultas antara lain

Cara Pendaftaran Online ITENAS 2018/2019

  1. Fakultas Teknologi Industri, 
  2. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan 
  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain. 
Masing-masing fakultas tersebut mempunyai beberapa aktivitas studi atau jurusan yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan minat. Jenjang studi di sana terdapat jenjang untuk Strata 1 dan Strata 2. Penerimaan mahasiswa gres di kampus ITENAS menawarkan kesempatan pada jenjang Strata 1 dan Strata 2.  Semua fakultas membuka registrasi untuk jenjang Strata 1.

Sehingga banyak pilihan dan bisa diadaptasi dengan minat. Jenjang pendidikan Strata 2 di Institut Teknologi Nasional Bandung diselenggarakan atas ijin dari DIKTI yang dibuktikan dengan SK Mendikbud no. 477/E/O/2013 pada tanggal 13 Oktober 2013. Program studi untuk pendidikan Magister di ITENAS hanya dibuka untuk Magister Teknik Mesin, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Sipil.

Pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung bisa melalui jalur PMDK, Beasiswa Cahaya ITENAS, Jalur USM, One Day Test (ODT), Program Magister, Pindahan dan Lulusan Politeknik Program D3.


1. Jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan)

Jalur ini dikhususkan untuk para siswa berprestasi yang menentukan ITENAS sebagai kampus pilihan pertama dituju, dan masuk tanpa mengikuti USM. Peserta yang mendaftar melalui jalur PMDK harus mendaftar secara online di laman pmdk.itenas.ac.id, tetapi bisa juga mengisi formulir secara offline di ITENAS. Jalur ini sudah tentu banyak yang mengincar alasannya ialah bisa meneruskan sekolah hingga di perguruan tinggi. Saat mengikuti jalur ini penerima harus membaca dengan saksama hal-hal yang perlu di bawa dan yang disyaratkan untuk dibawa.


2. Beasiswa Cahaya ITENAS

Beasiswa Cahaya ITENAS merupakan salah satu aktivitas dimana penerima mendapat pemberian bebas biaya hingga 4 tahun kuliah. Peserta yang melaksanakan registrasi melalui jalur beasiswa ini perlu mendaftar melalui bsc.itenas. ac.id.


3. Jalur USM

Jalur USM yang dikenal sebagai Ujian Saringan Masuk merupakan salah satu cara registrasi Institut Teknologi Nasional Bandung yang memakai ujian seleksi dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Ujian ini bisa diikuti oleh semua pelajar SMA/SMK/MA/sederajat.  Adapun pesyaratan untuk mendaftar yang harus dipenuhi. Bisa dilakukan secara online maupun offline.


4. One Day Test (ODT)

Penerimaan penerima didik gres pada jalur ini dengan menawarkan layanan salama 1 hari mulai dari registrasi hingga pengumuman hasil ujian dimana waktunya sudah ditentukan. Peserta yang mendaftar melalui jalur ini harus melaksanakan registrasi secara online pada laman simpmb.itenas.ac.id. Tidak semua aktivitas studi membuka registrasi melalui jalur ODT. Program studi yang membuka registrasi melalui jalur ini yaitu aktivitas studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Geodesi.


5. Program Magister (S2)

Program ini dikhususkan bagi para Sarjana yang ingin melanjutkan ke jenjang Strata 2. Untuk mendaftar Pascasarjana, penerima harus mengikuti langkah berikut :
  • Pesan voucher dan cetak buktinya di simmagister.itenas.ac.id.
  • Membayar biaya registrasi biar bisa memperoleh nomor PIN.
  • Mengisi formulir online, unggah foto berwarna ukuran 100kb, dan cetak kartu.
  • Mengumpulkan persyaratan ibarat surat pernyataan, salinan akte kelahiran, salinan ijazah S1 dilegalisir, transkrip akademik dilegalisir, dan akta TOEFL ITP atau ELP ITENAS yang dikumpulkan di Biro Akademik.
  • Kemudian mengikuti USM sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

6. Pindahan dan lulusan Politeknik, Program D3

Kampus ITENAS juga membuka registrasi untuk penerima yang pindah, lulusan Politeknik, dan dari Program D3. Setiap ketentuan tersebut mempunyai pesyaratan tertentu yang perlu dipenuhi dan diperhatikan.


Biaya Pendaftaran

Biaya registrasi Institut Teknologi Nasional Bandung dibedakan menurut jalur registrasi yang dipilih. Biaya pendaftarannya yaitu :
  • Jalur PMDK untuk bebas biaya pendaftaran. Selain itu, mendapat juga serpihan biaya kuliah semester 1 Rp. 2.000.000,- untuk periode 1 dan sebesar Rp. 1.000.000,- untuk periode 2.
  • Jalur USM biaya pendaftarannya diadaptasi dengan jumlah jurusan yang diambil. Jika mengambil 1 pilihan jurusan maka biaya yang diharapkan yaitu Rp. 200.000,-. Sedangkan, kalau mengambil 2 pilihan jurusan maka biaya yang diharapkan yaitu Rp. 250.000,-.
  • Jalur One Day Test biaya pendaftarnya memakai model ibarat jalur USM. Jika mengambil 1 pilihan jurusan maka butuh biaya Rp. 225.000,-. Sedangkan, kalau menentukan 2 pilihan jurusan maka biayanya Rp. 275.000,-.

Institut Teknologi Nasional Bandung memakai sistem biaya studi dengan Uang Kuliah Tunggal. Untuk aktivitas Sarjana biaya studi  dirinci sebagai Uang Kuliah tetap, Uang Kuliah Variabel, Uang Praktikum, dan Dana Pengembangan Pendidikan Wajib ITENAS wajib hukumnya. Berdasarkan rincian tersebut biaya studi aktivitas Sarjana bisa dicek di pengumuman website dan

Biaya tersebut dibedakan menurut bidang studi lainnya. Biaya untuk Program Magister (S2) terdiri dari dua komponen yaitu biaya pendaftaran, dan biaya per semester per aktivitas studi. Pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung tersebut biasa diakses melalui laman pmb.itenas.ac.id.