Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Upgris 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Upgris 2018/2019

Pmb.Upgris.ac.id - Cara Pendaftaran Online UPGRIS 2018/2019 Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang atau lebih dikenal sebagai Upgris ialah perguruan tinggi swasta di Indonesia, tepatnya di Semarang, Jawa Tengah, yang didirikan atas prakarsa dari Pengurus PGRI Tingkat I di wilayah Jawa Tengah. Dalam pengembangannya, Universitas PGRI Semarang berada di bawah naungan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP). 

Upgris sendiri merupakan pemgembangan dari IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Semarang dan Akademi Teknolog Semarang. Universitas PGRI Semarang didirikan untuk membuat calon pemimpin di masa depan dengan kualitas unggul serta mempunyai huruf kebangsaan. Calon pemimpin masa depan tersebut harus menjadi contoh masyarakat dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Cara Pendaftaran Online UPGRIS 2018/2019

Profil Singkat Universitas PGRI Semarang

Dalam perkembangannya, Universitas PGRI Semarang terbagi menjadi lima periode. Periode pertama disebut sebagai periode perintisan forum yang terjadi pada tahun 1981 hingga dengan 1986. Periode perintisan forum ialah periode dimana tokoh-tokoh pendidikan di wilayah Jawa Tengah dan nasional berkumpul untuk merumuskan suatu forum pendidikan di bawah Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan. Kemudian terbentuklah Universitas PGRI Semarang pada tanggal 23 Juli 1981.

Periode kedua terjadi pada tahun 1987 hingga dengan 1992. Periode ini disebut periode pembangunan kelembagaan yang ditandai dengan pemilihan rektor pertama yaitu Taruna, S.H. Periode ketiga perkembangan Universitas PGRI Semarang disebut dengan periode pembangunan akademik. Periode ini berlangsung selama empat tahun, dari tahun 1993 hingga dengan tahun 1997. 

Periode ini ialah periode yang fokus pada peningkatan kualitas dari tenaga pengajar serta pembentukan jadwal studi di Universitas PGRI Semarang. Program studi yang diresmikan pada periode ini ialah Pendidikan Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Periode keempat disebut dengan periode pengembangan yang dimulai pada tahun 2001 hingga tahun 2009. Pada periode ini Universitas PGRI Semarang fokus mewujudkan perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga pendidik berkualitas dan berkarakter. Tidak heran jikalau pada periode ini Universitas PGRI Semarang masuk ke dalam lima besar perguruan tinggi swasta dengan peminat terbesar di Indonesia.

Periode kelima dalam perkembangan Universitas PGRI Semarang disebut dengan periode pembangunan karakter. Sesuai dengan namanya, pada periode ini, Upgris berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan huruf kepada seluruh civitas akademiknya. Proses berguru dan mengajar yang dilakukan oleh tenaga pengajar di Upgris tidak hanya memperlihatkan ilmu-ilmu akademis, tetapi memperlihatkan ilmu-ilmu lain untuk meningkatkan huruf anak didiknya. Pada periode ini, Universitas PGRI Semarang bergabung dengan Akademi Teknologi Semarang. Sehingga, Universitas PGRI Semarang tidak hanya fokus pada bidang pendidikan dan keguruan, tetapi juga teknik.

Informasi Pendaftaran Universitas PGRI Semarang

Setiap tahunnya, Universitas PGRI Semarang membuka penerimaan mahasiswa gres yang terdiri dari banyak sekali macam jalur. Di bawah ini jalur pendaftaran mahasiswa gres Upgris yang sanggup diikuti.

1. Jalur Reguler

Pendaftaran mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang melalui jalur reguler diperuntukkan untuk siswa kelas XII yang belum lulus. Artinya, pendaftaran mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang jalur reguler dilaksanakan sebelum kelulusan dengan memakai nilai rapor. Syarat pendaftaran mahasiswa gres Upgris melalui jalur reguler, antara lain:
  • Siswa kelas XII yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional.
  • Fotokopi nilai rapor dari semester satu hingga dengan semester lima yang sudah dilegalisir.
  • Pas foto berwarna dengan latar belakang warna merah.
  • Tidak buta warna
  • Tidak mengonsumsi narkoba
  • Bersedia mengikuti tahapan seleksi masuk Universitas PGRI Semarang.

Jika sudah melengkapi persyaratan tersebut, lakukan pendaftaran dengan mengikuti mekanisme di bawah ini.

Lakukan Pendaftaran Online

Calon mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang harus melaksanakan pendaftaran online pada website pmb.upgris.ac.id. Setelah mengunjungi website tersebut, pilihlah sajian “Jalur Reguler”. Calon mahasiswa gres akan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah pas foto. Kemudian, formulir pendaftaran mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang dicetak sebanyak dua rangkap.

Lakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran

Calon mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- melalui bank yang sudah ditunjuk oleh pihak panitia penyelenggara. Bank yang sanggup melayani pembayaran biaya pendaftaran ialah Bank BRI dan Bank Mandiri. Kemudian, bukti pembayaran biaya pendaftaran disimpan alasannya diperlukan dalam pendaftaran ulang.

Cetak Kartu Ujian

Calon mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang yang sudah membayar biaya pendaftaran sanggup mencetak kartu peserta ujian pada website www.pmb.upgris.ac.id. Pencetakan kartu ujian dalam dilakukan dua hari pasca melaksanakan pembayaran biaya pendaftaran. Di dalam kartu ujian tersebut tertera jadwal ujian beserta lokasinya.


Cetak Surat Pernyataan Sumbangan Pengembangan Kampus
Sebelum melaksanakan ujian masuk, calon mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang harus mencetak surat pernyataan SPK (Sumbangan Pengembangan Kampus). Surat terebut harus diisi dengan nominal Sumbangan Pengembangan Kampus yang akan diberikan dan ditandatangani di atas materai senilai Rp 6.000,-. Nantinya uang Sumbangan Pengembangan Kampus akan dibayarkan jikalau calon mahasiswa gres dinyatakan lulus tes seleksi masuk Universitas PGRI Semarang.

Serahkan Berkas Pendaftaran ke Sekretariat

Semua berkas pendaftaran harus diserahkan ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru Upgris di dalam map yang berwarna merah. Pengumpulan berkas tersebut bersamaan dengan hari tes seleksi masuk.

Ikuti Tes Seleksi Masuk

Calon mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang jalur reguler harus mengikuti tes seleksi masuk. Tes seleksi masuk terdiri dari tiga tahap, yaitu TPA (Tes Potensi Akademik), TSP (Tes Skala Kepribadian), dan wawancara. Semua tahapan tersebut harus diikuti oleh calon mahasiswa baru. Nantinya, nilai dari ketiga tes tersebut akan diakumulasikan sebagai nilai penentu kelulusan seleksi mahasiswa gres Universitas PGRI Semarang.