Pelajar Indonesia Cara Registrasi Mahasiswa Beasiswa Tni 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Mahasiswa Beasiswa Tni 2018/2019

Rekrutmen-tni.mil.id - Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Beasiswa Tentara Nasional Indonesia 2018/2019 Tentara Nasional Indonesia atau Tentara Nasional Indonesia mempunyai tekad untuk menjadi yang terdepan dalam menjaga kesatuan dan persatuan Republik Indonesia. Tekad tersebut akan terwujud apabila masyarakat terlibat di dalamnya khususnya para mahasiswa yang telah lulus dari akademi tinggi negeri ataupun swasta. 

Oleh alasannya itu Tentara Nasional Indonesia membuka kesempatan bagi seluruh alumni akademi tinggi biar bergabung dalam keluarga besar TNI. Artikel ini akan mengulas secara detail mengenai cara registrasi mahasiswa Tentara Nasional Indonesia dari mulai persyaratan, aktivitas studi yang diharapkan hingga cara melaksanakan pendaftaran.

Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Beasiswa TNI


Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa Tentara Nasional Indonesia : Persyaratan

Untuk menjadi bab dari prajurit TNI, Anda harus memperhatikan beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Pria atau perempuan berkewarganegaraan Indonesia dan bukan prajurit TNI, PNS ataupun Polri
  2. Memiliki iktikad dan taqwa pada Allah Yang Maha Esa
  3. Mempunyai kesetiaan penuh terhadap NKRI sesuai dengan yang terkandung dalam Undang Undang Dasar 1945 serta Pancasila
  4. Kriteria usia : a. Berumur 30 tahun untuk yang mempunyai ijazah S1. b. Berumur 32 tahun untuk yang berijazah S-1 atau S-1 Profesi. c. Berumur 26 tahun untuk yang mempunyai ijazah D-3.
  5. Persyaratan Indeks Prestasi Akademik (IPK) untuk prodi bukan Kedokteran dengan legalisasi “A” : a. Untuk yang mempunyai ijazah S-1 dan atau S-2 Profesi dengan IPK minimal 2,80. b.Untuk yang mempunyai ijazah D-3 dengan IPK minimal 2,70
  6. Persyaratan Indeks Prestasi Akademik (IPK) untuk prodi bukan Kedokteran dengan legalisasi “B” : a. Memiliki IPK minimal 3,00 untuk yang mempunyai ijazah S-1 dan atau S-2 profesi. b. Mempunyai Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimal 2,90 untuk yang mempunyai ijazah D-3/
  7. Untuk jurusan dari Kedokteran Umum atau Gigi dan telah berijazah minimal S-1 Profesi serta lulus dari Ujian Kompetensi Dokter.
  8. Syarat IPK minimum untuk Perguruan Tinggi yang dibina Kemhan atau Tentara Nasional Indonesia : a. 2,80 untuk yang mempunyai ijazah S1 dan S1 atau S2 Profesi. b. 2,70 bagi yang mempunyai ijazah D3.
  9. Belum berstatus menikah dikala ataupun sebelum mendaftar dan bersedia untuk tidak melaksanakan janji nikah selama Dikma, ketentuan tersebut tidak berlaku bagi pendaftar dengan profesi Dokter, akan tetapi untuk pendaftar dokter dengan jenis kelamin perempuan tidak diperbolehkan bagi yang sudah mempunyai anak serta bersedia untuk tidak hamil selama Dikma.
  10. Bebas dari narkoba serta sehat jasmani dan rohani.
  11. Tinggi tubuh untuk perempuan minimal 157 cm, sedangkan laki-laki minimal 163 cm
  12. Mampu menjalankan kiprah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  13. Bila Anda karyawan, pastikan Anda telah mendapat ijin dari instansi terkait serta bisa menciptakan surat pernyataan pemberhentian kerja dengan hormat dari pemimpin instansi kalau dinyatakan lulus seleksi dan resmi masuk Dikma.
  14. Melampirkan surat bebas narkotika serta surat kesehatan yang berasal dari RSP (rumah sakit dibawah naungan pemerintah) dan menyerahkan surat-surat tersebut dikala melaksanakan daftar ulang pada daerah pendaftaran.

Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa Tentara Nasional Indonesia : Program Study yang Dibutuhkan

Penerimaan mahasiswa beasiswa Tentara Nasional Indonesia pada kali ini terbuka bagi lulusan akademi tinggi di seluruh Indonesia dengan kriteria jurusan sesuai dengan tingkat dan jenis kelamin. Mari perhatikan uraian berikut dan pastikan anda yaitu mahasiswa dari jurusan yang dibutuhkan. Adapun list jurusan yang diharapkan yaitu sebagai berikut.
  1. Kedokteran : Jurusan yang diharapkan yaitu kedokteran umum dan gigi.
  2. Kesehatan : Untuk bidang kesehatan, jurusan yang diharapkan yaitu sanitarian, apoteker, elektromedik, gizi, analisis kesehatan, keperawatan, fisioterapi.
  3. Sains atau Teknologi Hayati : Penerimaan mahasiswa beasiswa juga membutuhkan bidang sains dan teknologi hayati yaitu dengan spesifiaksi jurusan mikrobiologi dan virologi.
  4. MIPA : Bidang MIPA yang diharapkan yaitu statistik, biologi, fisika instrumen, kimia dan matematika.
  5. Hukum
  6. Ilmu Komputer : Bagi Anda lulusan ilmu komputer, jurusan yang diharapkan yaitu teknik komputer, teknik informatika dan teknik administrasi informatika.
  7. Teknik : Bidang teknik yang diperbolehkan yaitu dari jurusan teknik arsitektur, sipil, metalurgi, otomotif, elektronik arus lemah dan kuat, geodesi atau geomatika, geofisika, kimia, mesin kapal, perkapalan, administrasi industri, material, bangunan kapal, mesin, penerbangan.
  8. Komunikasi atau FISIP: Untuk bidang komunikasi atau fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, jurusan yang diharapkan yaitu jurnalistik, administrasi komunikasi, televisi dan film, broadcasting, komunikasi.
  9. Ilmu Sosial dan Politik: Bidang ini hanya membutuhkan satu jurusan yaitu geografi lingkungan.
  10. Psikologi
  11. Ekonomi: Jurusan yang diharapkan dari bidang ini yaitu akuntansi, sumber daya manusia, administrasi ekonomi.
  12. Ilmu Kelautan : Pendaftaran mahasiswa beasiswa Tentara Nasional Indonesia terbuka untuk bidang ilmu kelautan khususnya pada jurusan nautika.
  13. Ilmu Budaya: Untuk bidang ilmu budaya, jurusan yang diharapkan yaitu sejarah dan antropologi.
  14. Agama: Jurusan yang terbuka di bidang ini yaitu agama islam, theologi katolik dan kristen, hindu.
  15. Sastra: Bidang sastra khususnya jurusan bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Indonesia, Jerman dan bahasa Jepang.
  16. Seni Rupa dan Design : Pada bidang seni rupa, jurusan yang diharapkan yaitu design grafis dan design komunikasi visual.
  17. Pendidikan : Bidang ini membutuhkan calon perwira dari jurusan diik orkes, kepelatihan olahraga, kurikulum dan teknik pendidikan.
  18. Selain bidang-bidang diatas, registrasi mahasiswa beasiswa Tentara Nasional Indonesia juga terbuka bagi Anda yang berasal dari lulusan sandi negara.


Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa Tentara Nasional Indonesia : Pendaftaran

Jika Anda tertarik untuk menjadi bab dari keluarga besar Tentara Nasional Indonesia, Anda bisa mengikuti seleksi penerimaan calon perwira. Sebelum melaksanakan registrasi ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut.

  • Pendaftar melalukan registrasi dengan cara online yaitu melalui situs http://rekrutmen-tni.mil.id  serta mengisi form pendaftaran
  • Calon peserta melaksanakan registrasi secara fisik ke lokasi yang ditentukan dengan membawa bukti form pendaftaran

Membawa berkas berupa dokumen orisinil menyerupai :
  • Form pendaftaran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendaftar
  • Akte Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang renta atau wali
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Ijazah dan SKHUN tingkat SD (SD), Sekolah Menengan Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Raport Sekolah Menengan Atas sederajat, Ijasah Sarjana dan atau Diploma, srtifikat bukti legalisasi dari Ban PT perihal kualitas aktivitas studi nya.
  • Untuk pendaftar lulusan kedokteran harap menunjukkan transkip nilai Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) atau Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI)
  • Foto terbaru berwarna juga hitam putih dengan mengenakan kemeja dan berukuran 4x6 sebanyak 20 lembar
  • Jika anda pindah domisili, wajib menyertakan surat keterangan wacana pindah domisili resmi dari Kecamatan atau Kelurahan.
  • Semua berkas yang diharapkan diphotocopy sebanyak 1 lembar serta dilegalisir.

Demikian beberapa ulasan mengenai Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI. Perlu diperhatikan bahwa selama proses penerimaan dari mulai pedaftaran hingga lolos seleksi, pihak Tentara Nasional Indonesia tidak memungut biaya apapun. Kaprikornus untuk seluruh calon perwira harap berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan TNI. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang kebingungan mencari info untuk menjadi perwira TNI.