Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Uin Ar-Raniry Aceh 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Uin Ar-Raniry Aceh 2018/2019

Ar-raniry.ac.id - Tata Cara Pendaftaran UIN Ar-Raniry Aceh 2018/2019 Universitas di Indonesia sangatlah banyak.bahkan ada juga yang tiba jauh-jauh dari luar Negeri untuk dapat berkuliah di salah satu Universitas yang ada di Indonesia. Universitas juga ada banyak sekali macam jenisnya. Ada yang umum dan ada juga Universitas yang sifatnya condong ke agama. Salah satu teladan universitas yang berbasis agama ialah UIN Ar-Raniry yang ada di Banda Aceh. Sebenarnya universitas ini sama halnya dengan universitas pada umumnya. 

Akan tetapi, universitas Ar-Raniry ini akan memasukkan beberapa mata kuliah yang berbasis agama Islam untuk di setiap aktivitas studi yang ada. Makara jangan salah jikalau Anda mengambil jurusan teknologi, mata kuliah agama tidak akan ada. Pastinya mata kuliah yang berbau agama Islam nantinya akan dimasukkan lebih dari satu untuk dapat menjadi pondasi bagi Mahasiswa untuk dapat mengenal agama Islam lebih jauh meskipun jurusannya tidak berbau agama.


Sejarah Terbentuknya Universitas Ar-Raniry Aceh

Untuk dapat mengetahui seluk beluk Universitas Ar-Raniry ini, Anda perlu mengetahui beberapa sejarah yang ada di universitas tersebut. Tepat pada 5 Oktober tahun 1963, universitas ini resmi bangun sehabis mendapat keputusan dari Menteri Agama kala itu. Awalnya memang sebelum menjadi UIN, Ar-Raniry ialah sebuah Institut Agama Islam Negeri.Hingga alhasil ketika semua syarat-syarat menjadi sebuah Universitas terpenuhi, IAIN pun terganti menjadi UIN.

Nama Ar-Raniry ini bahwasanya mempunyai makna tersendiri bagi universitas yang telah lahir hingga 50 tahun lebih ini. Nama tersebut diambil dari nama seorang Ulama besar dan mufti yang sangat kuat pada masa Sultan Iskandar Tsani. Nama universitas tersebut pun merupakan abreviasi dari Syeikh Nuruddin Ar-Raniry yang merupakan sosok ulama besar dari Gujarat, India. 

Nama dia dikenang sebagai nama Universitas bukan semata-mata tidak ada jasanya. Justru Ulama tersebut mempunyai jasa yang besar hingga namanya dapat dikenang sebagai nama sebuah Universitas Islam. Hal ini didasarkan pada jasa dan bantuan sang ulama dalam mengajarkan dan menyumbangkan buah pikirnya terhadap agama islam di wilayah Aceh dan Asia Tenggara.

Tidak menyerupai kini yang fakultasnya sudah banyak, dulu waktu masih menjadi IAIN, fakultas yang bangun barulah beberapa saja, bahkan fakultasnya tidak hingga lima. Fakultas yang pertama bangun ialah fakultas Syariah pada tahun 1960, kemudian dua tahun kemudian fakultas Tarbiyah atau fakultas pendidikan bangun dan sebagai cabang dari iain Syarif Hidayatullah yang ada di Yogyakarta.

Bahkan kampus ini pewrnah berinduk pada IAIN Syarif Hidayatullah yang ada di Jakarta. Sekarang sehabis diresmikan pada tahun 1963, kampus ini telah bangun sendiri dengan berdikari tanpa menjadi cabang ataupun induk dari kampus lain. Dan bahkan semakin berjaya ketika status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry yang diresmikan sempurna diusianya yang ke 50 tahun pada tanggal 5 Oktober 2013.

Berdirinya dari IAIN ke UIN bukanlah perkara yang mudah.perguruan tinggi tersebut harus sudah mempunyai pengabdian yang banyak kepada masyarakat khususnya bagi para pencari ilmu. Karena banyaknya kepercayaan masyarakat kepada perguruan tinggi tinggi ini, pemerintah menyetujui untuk mengganti status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry.

Pendaftaran UIN Ar-Raniry

Setelah mengetahui sejarah bagaimana berdirinya UIN Ar-Raniry, tentunya yang ingin berminat untuk berguru di sana semakin bertambah termasuk Anda. Cara registrasi UIN Ar-Raniry pun pastinya akan dicari dan dipahami semoga ketika masa pendaftarannya dibuka, sudah menyiapkan semuanya. Untuk registrasi UIN Ar-Raniry bahwasanya hampir sama dengan perguruan tinggi tinggi Negeri lainnya. Bahkan jalur yang ditempuh untuk dapat masuk ke perguruan tinggi tinggi ini masih lebih banyak dari pada yang umum. Berikut cara mendaftar di UIN Ar-Raniry:

1. Jalur SNMPTN

Sama menyerupai Perguruan Tinggi Negeri lainnya, untuk jalur ini memang mengutamakan prestasi siswa-siswa Sekolah Menengan Atas dengan melihat rekam jejak prestasinya melalui nilai-nilai raport dan banyak sekali piagam penghargaan lomba yang dapat dihitung untuk dapat memperkuat anak tersebut dapat masuk ke UIN Ar-Raniry tanpa melalui tes.

2. Jalur SPAN-PTKIN

Jalur ini sama persis dengan SNMPTN, hanya saja permintaan ini dibentuk khusus dari forum PTAIN di seluruh Indonesia, jikalau SNMPTN itu semua Perguruan Tinggi Negeri baik yang universitas umum, hingga yang Islam. jikalau jalur ini memang khusus bagi PTAIN.. Jika belum tahu, PTAIN yaitu Perguruan Tinggi Islam Negeri.Jadi hanya perguruan tinggi Tinggi Islam Negeri yang memperlihatkan permintaan khusus kepada siswa berprestasi tanpa tes.

3. Jalur SBMPTN

Jalur ini ialah mengandalkan nilai tes masuk yang diselenggarakan oleh forum Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.Jadi kalian yang mendaftar melalui ini, harus berguru dengan baik.

4. Jalur UM-PTKIN

Jalur ini ialah jalur masuk berdikari yang diselenggarakan oleh PTAIN di seluruh Indonesia. Pada dasarnya jalur ini sama menyerupai SBMPTN.

5. UMB Lokal UIN Ar-Raniry

Untuk jalur ini sama saja dengan jalur UM-PTKIN, hanya saja yang menyelenggarakan ialah dari kampus tersebut. Seperti kebanyakan PTN, untuk jalur ini yang diterimanya cukup banyak.
Anda yang berminat sehabis mengetahui cara registrasi UIN Ar-Raniry, dapat memasuki salah satu jalur yang mampu Anda tempuh untuk dapat masuk sebagai mahasiswa di sana. Atau jikalau Anda takut tidak diterima, coba saja jalur masuk tersebut lebih dari satu. 

Untuk biaya registrasi antara Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,- dan disetorkan melalui bank yang ditunjuk untuk berafiliasi dalam registrasi UIN Ar-Raniry ini. Berkuliah di UIN Ar-Raniry dapat menjamin masa depan alasannya ialah banyak fakultas yang dapat dipilih, dan juga fasilitas-fasilitas kini sudah lengkap serta sesuai standar.