Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Uin Sumut 2018/2019 - Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia Cara Registrasi Online Uin Sumut 2018/2019

Uinsu.ac.id - Info Pendaftaran (UIN SUMUT) UIN Sumatera Utara 2018/2019 Terbaru Di Jawa memang sangat banyak perguruan tinggi tinggi yang mempunyai kualitas manis dan juga dapat dipercaya yang tinggi.dengan adanya menyerupai itu, tidak sedikit pula orang-orang dari luar pulau untuk bisa berkuliah di tanah Jawa. Padahal di pulau mereka juga terdapat banyak perguruan tinggi tinggi yang manis dan sangat mumpuni.

Salah satunya yaitu UIN Sumatera Utara atau sering juga disebut dengan kependekan UINSU. Perguruan tinggi Negeri yang berbasis dengan agama Islam ini, sudah maju dan bisa bersaing dengan perguruan tinggi tinggi lain yang top di aneka macam pulau. Perguruan tinggi ini bisa dihitung sebagai perguruan tinggi tinggi yang patut untuk dimasuki alasannya rekam jejaknya selama ini yang dianggap baik dan bisa melahirkan penerus-penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.



UINSU mempunyai visi untuk menimbulkan para mahasiswanya orang yang terdidik dengan ilmu-ilmu yang tinggi dan juga mempunyai nilai-nilai Islam yang tinggi pula. Dan juga misinya tidak jauh pula dengan misi UINSU, yakni melaksanakan pendidikan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terutama di aspek ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi yang berasaskan ajaran-ajaran agama Islam.

Memang semuanya harus berdasar dengan Islam, alasannya memang tujuan dari UINSU akan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang unggul dalam pendidikan, namun akhlaknya pun terjaga dengan terus menerapkan nilai-nilai Islam di kehidupan sehari-harinya. Karena memang generasi cowok ini harus ditanami nilai-nilai luhur dengan adab yang baik, biar nantinya sehabis terjun ke masyarakat langsung, alumni bisa beritikad baik dalam melaksanakan pekerjaannya.


Pendaftaran UIN Sumatera Utara

Dengan visi dan misi serta tujuan dengan berdasar nilai-nilai Islam, tentu banyak pula yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa universitas tersebut. Setiap tahunnya, tapatnya pada pergantian tahun pedoman baru, tentu INSU akan membuka registrasi besar-besaran untuk semua calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Jika Anda yang masih menjadi siswa Sekolah Menengan Atas dan berminat untuk masuk ke perguruan tinggi tinggi ini, siapkanlah beberapa hal alasannya registrasi UIN Sumatera Utara ini ada beberapa jalur. Jadi, kalau jalur pertama tidak lulus, bisa mencoba jalur yang lain. Berikut jalur registrasi UIN Sumut:


1. Jalur yang Bisa Dipilih dari Lembaga Pendidikann Agama

a. Jalur SPAN-PTKIN

Jika SNMPTN itu semua Perguruan Tinggi Negeri baik yang universitas umum, sampai yang Islam.jika jalur ini memang khusus bagi PTAIN atau Perguruan Tinggi Agama Islam yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Agama. Jadi, untuk jalur ini direkomendasikan oleh guru lewat sekolahan untuk mendaftar tanpa melalui tahap tes tulis. Dan biasanya mendaftarnya dari A-Z dengan melalui online. Bahkan untuk mengirim berkas-berkas saja, harus online.


b. Jalur UM-PTKIN

Pada dasarnya jalur ini sama menyerupai SBMPTN, yaitu dengan tes tulis yang masih diadakan oleh forum tinggi pendidikan agama bagi PTAIN di seluruh Indonesia.


c. Jalur Mandiri Lokal UINSU

Memang, selain kedua jalur di atas tersebut, UINSU pastinya menyelenggarakan tes tulis yang dinamakan ujuian sanggup bangun diatas kaki sendiri lokal, alasannya memang yang menyelenggarakannya yaitu pihak universitas.Dan untuk jalur ini, kemungkinan untuk diterimanya sangat besar.Jadi kalian tidak perlu kecewa.


2. Jalur Pendaftaran Umum

a. SNMPTN

Untuk jalur ini, sama menyerupai SPAN-PTKIN, Anda harus mendapat rekomendasi dari sekolah untuk bisa mendaftar lewat jalur ini. Biasanya yang dipilih yaitu siswa-siswa yang berprestasi. Namun, kini untuk satu sekolahan sudah diperbolehkan mengikutin jalur ini. Jika sudah mendaftar yang SPAN-PTKIN, tidak diharuskan untuk mendaftar lewat SNMPTN juga.


b. SBMPTN

Jalur ini yaitu jalur tulis, sama menyerupai UM-PTKIN yang diselenggarakan oleh forum pendidikan agama. Seperti halnya SNMPTN, kalau sudah mendaftar lewat  UM-PTKIN, jangan lagi mendaftar lewat SBMPTN. Lebih baik SBMPTN dilakukan untuk mendaftar yang lain. Untuk biaya registrasi dari masing-masing jalur, biasanya dikenakan biaya Rp. 200.000,- dan disetorkan lewat bank yang ditunjuk untuk bekerja sama.

UINSU juga membuka registrasi bagi mahasiswa bidikmisi yang mendaftar tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun alasannya semuanya berhak mendapat kemudahan yang sama selama menjadi mahasiswa di UINSU. Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar lewat jalur bidikmisi, bisa mendaftar melalui sekolah Anda dengan cara berkonsultasi kepada guru yang mengurus hal-hal tersebut.

Jika Anda ingin mendaftar S2 di UINSU, universitas ini juga membuka registrasi untuk mahasiswa aktivitas pascasarjana yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu S2. Dengan tenaga pengajar dosen yang berkompeten serta wawasannya luas, mahasiswa aktivitas pascasarjana akan mendapat ilmu yang manis serta bermanfaat untuk kepentingannya tersebut.

Perlu diketahui, UINSU semenjak bangun tidaklah pribadi menjadi perguruan tinggi tinggi dengan status universitas. Akan tetapi dulunya hanya berstatus sebagai institut atau lengkapnya IAIN Sumatera Utara pada tahun 1973. Memang perguruan tinggi tinggi ini sudah sangat renta mengingat tahun berdirinya yang terjadi pada tahun 70-an.

Dari IAIN menjadi UIN, tentunya tidak dengan waktu yang singkat. Akan tetapi perlu perjuangan serta kerja keras untuk bisa ke level tersebut. Untuk itu, dengan kerja keras para pihak yang terlibat, IAIN Sumatera Utara bisa meningkatkan mutunya dengan diterimanya usul untuk menimbulkan IAIN Sumatera Utara menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Tujuan berdirinya IAIN Sumatera Utara yaitu membawa nilai-nilai islam yang ditransmisikan melalui sistem pendidikan tingkat perguruan tinggi tinggi.  IAIN Sumatera Utara pun didirikan pada tahun 1973 dengan misi tersebut. Tapi seiring dengan perkembangan waktu yang terus menerus dari pihak kampus yang tidak mengalah memajukan daerah pendidikan tersebut, karenanya berkembang dengan aneka macam fakultas yang lahir sampai sesukses sekarang.