Panduan Fiksi Sma Tahun 2018

 FIKSI yaitu sebuah ajang unjuk gigi bagi anak  PANDUAN FIKSI Sekolah Menengan Atas TAHUN 2018

Panduan FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2018. FIKSI yaitu sebuah ajang unjuk gigi bagi bawah umur muda khususnya siswa SMA/MA seluruh Indonesia, yang berani berinovasi dan mempunyai minat tinggi dalam berwirausaha. 

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merintis sebuah acara gres dalam bidang kewirausahaan tingkat Sekolah Menengan Atas yaitu Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).  Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) lahir dari suatu ajaran mendalam mengenai konsep ekonomi kreatif. FIKSI antara lain bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan para siswa SMA/MA dan memperlihatkan pengetahuan dan pelatihan kewirausahaan semoga siswa kelak sanggup memulai dan mengakselerasi wirausaha  sosialnya.  Tahun  2018  merupakan  tahun  ketiga pelaksanaan FIKSI. Bidang yang dilombakan pada FIKSI 2017 yaitu Bidang  Boga,  Fashion,  Craft  (Kerajinan),  Desain  Grafis,  Aplikasi dan Game Digital, dan Bidang Lainnya, yaitu Bidang perjuangan yang tidak termasuk dalam 5 bidang perjuangan diatas sanggup diajukan dalam kategori bidang usaha, termasuk diantaranya budidaya, pengolahan dan rekayasa. Dapat berbentuk ide dan acara perjuangan dari lintas sub sektor ekonomi kreatif dengan mengelaborasi basis inovasi, teknologi, media, serta seni dan budaya.

Tema Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 adalah  “THE  POWER  OF  INNOVATIVE  SOCIOPRENEURSHIP” (Semangat penemuan kewirausahaan untuk visi kehidupan sosial yang lebih baik). Diharapkan hasil karya para penerima sanggup diarahkan sesuai tema tersebut. Melalui FIKSI, para siswa bukan hanya dilatih mencari uang dan laba tapi berbicara mengenai pembentukan abjad siswa untuk sanggup menantang diri sendiri, berani bermimpi besar, melatih diri sendiri menghadapi kegagalan, berbagi ide menjadi sebuah inovasi, serta menebarkan kebaikan dengan mengakibatkan idenya bermanfaat untuk orang lain. Melalui FIKSI, para calon pengusaha muda tersebut juga berkesempatan untuk bertukar pandangan gres dengan para pengusaha yang sudah sukses dan berkesempatan untuk memperluas jejaring untuk berbagi usaha.

Panduan FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2018 ini disusun untuk memandu dan menjadi sumber informasi mengenai kegiatan FIKSI itu sendiri serta memandu para siswa untuk berkesempatan menjadi finalis FIKSI 2018 sesuai kriteria yang diharapkan

Persyaratan penerima FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2018 sesuai Panduan FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2018
·          Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).
·          Siswa SMA/MA kelas X dan XI, negeri ataupun swasta (yang sanggup dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/KTM) dan surat pengantar atau surat kiprah dari sekolah), baik perorangan ataupun kelompok, dengan maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.
·          Rencana perjuangan merupakan Usaha Gagasan (Inkubator) dan Rintisan (Akselerasi), yang diajukan harus merupakan gagasan sendiri dan atau pengembangan dari ide yang sudah ada yang dikelola sendiri. Rencana perjuangan tersebut belum pernah menang atau mendapat penghargaan di FIKSI.
·          Finalis dihentikan digantikan oleh siswa lain.
·          Peserta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia yang melaksanakan penyusunan Rencana perjuangan secara berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.
·          Setiap peserta/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul Rencana Usaha pada 1 (satu) bidang.
·          Peserta, produk atau jasa yang telah memenangkan FIKSI tidak diperkenankan untuk mengikuti kompetensi FIKSI berikutnya.
·          Produk dan jasa belum pernah diikutsertakan di lomba sejenis.
·          Produk atau jasa hanya boleh didaftarkan pada 1 (satu) bidang lomba dalam FIKSI 2018.
·          Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika:
·          Diragukan Hak Atas Kekayaan Intelektual,
·          Sedang dalam sengketa, atau
·          Mendapatkan klaim dari pihak lain
·          Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2018
·          Keputusan Panitia FIKSI 2018 mutlak dan tidak sanggup diganggu gugat.
·          Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat yang akan diinformasikan dalam surat pemberitahuan kemudian.

Demikian info wacana Panduan FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2018 semoga bermanfaat.




= Baca Juga =