Batas Umur Masuk Tni / Registrasi Anggota Tni 2018-2019 - Pelajar Indonesia

Batas Umur Masuk Tni / Registrasi Anggota Tni 2018-2019

Batas Umur Masuk Tentara Nasional Indonesia 2018 -- Batas Umur Pendaftaran TNI, Batas Usia Masuk Anggota TNI, Batas Umur Masuk Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia AU, dan Tentara Nasional Indonesia AL, Batas Umur Masuk Akmil, AAL, dan AAU, Persyaratan Usia-Umur Pendaftaran TNI, Batasan Umur Masuk Anggota Tentara Nasional Indonesia AD-AL-AU. 2020. 21.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Batas Umur Masuk Tentara Nasional Indonesia / Pendaftaran Anggota Tentara Nasional Indonesia 2018-2019. Informasi ini ditujukan bagi para calon pendaftar yang akan mendaftarkan diri menjadi calon anggota Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia AL, atau Tentara Nasional Indonesia AU. Langsung saja simak infomasi selengkapnya di bawah ini.


TNI atau Tentara Nasional Indonesia ialah angkatan perang yang dimiliki oleh Indonesia yang bertugas menjaga keamanan negara di darat, di laut, dan di udara. Di darat ada Tentara Nasional Indonesia AD, di bahari ada Tentara Nasional Indonesia AL, dan di udara ada Tentara Nasional Indonesia AU.

Untuk dapat menjadi salah satu anggota Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia AL, atau Tentara Nasional Indonesia AU, maka diawali dengan melaksanakan pendaftaran. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI, maka perlu diketahui beberapa persyaratan registrasi ibarat umur, waktu pendaftaran, lulusan pendidikan, tinggi badan, dan lain-lain.

Umur ialah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI, baik itu TNI AD, TNI AL, ataupun TNI AU. Jadi, tidak sembarangan orang yang dapat mendaftarkan diri.

Umur atau usia pandai balig cukup akal ialah waktu yang sempurna untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI. Usia ini dimiliki oleh siswa-siswi tingkat Sekolah Menengan Atas / sederajat. Siswa-siswi tingkat Sekolah Menengan Atas sederajat mempunyai kesempatan yang besar untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI.

Untuk kalian yang mempunyai impian menjadi anggota TNI, inilah kesempatannya. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Nanti sehabis lulus dari Sekolah, eksklusif saja daftarkan diri. Namun jangan lupa, penuhi juga persyaratan lainnya.

Setelah proses pendaftaran, akan diseleksi melalui beberapa tahapan. Ada seleksi administrasi, seleksi ujian tertulis, ujian fisik, wawancara, dan lainnya.

Diusia kalian yang sedang bugar-bugarnya, tentu saja ujian fisik bukanlah hal yang sulit, hanya perlu berlatih sesering mungkin semoga terbiasa. Untuk ujian lainnya, kali kalian perlu berguru mempelajari materi-materi yang kemungkinan besar akan diujikan. Berlatih juga untuk ujian wawancara jikalau ada.

Setelah serangkaian proses seleksi dilalui dan dinyatakan lulus, kemudian menempuh pendidikan pada masa tertentu. Setelah tamat masa studi, kemudian turun ke lapangan untuk menjalankan kiprah sebagai anggota TNI.

Begitulah citra singkat proses registrasi sampai turun kiprah ke lapangan bagi seorang anggota TNI. Nah, untuk mengetahui secara rinci Batas Umur Masuk Tentara Nasional Indonesia / Pendaftaran Anggota TNI, eksklusif saja simak penjabarannya di bawah ini.

A. Batas Umur Masuk Anggota Tentara Nasional Indonesia AD

1. Bintara Tentara Nasional Indonesia AD
  • Umur minimal 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun

2. Tamtama Tentara Nasional Indonesia AD
  • Umur minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun

3. Akademi Militer (Akmil)
  • Umur minimal 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun


B. Batas Umur Masuk Anggota Tentara Nasional Indonesia AL

1. Bintara Tentara Nasional Indonesia AL
  • Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun

2. Tamtama Tentara Nasional Indonesia AL
  • Usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun

3. Akademi Angkatan Laut (AAL)
  • Usia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun


C. Batas Umur Masuk Anggota Tentara Nasional Indonesia AU

1. Bintara Tentara Nasional Indonesia AU
  • Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun

2. Tamtama TNI  AU
  • Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun

3. Akademi Angkatan Udara (AAU)
  • Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.


D. Batas Umur Masuk Mabes TNI 

1. Tenaga Kesehatan TNI
  • Usia maksimal 26 tahun bagi yang berijazah D-3
  • Usia maksimal 30 tahun bagi yang berijazah S-1
  • Usia maksimal 32 tahun bagi yang berijazah S-1 profesi

2. Perwira Prajurit Karir TNI
  • Usia maksimal 26 tahun bagi yang berijazah D-3
  • Usia maksimal 30 tahun bagi yang berijazah S-1
  • Usia maksimal 32 tahun bagi yang berijazah S-1 profesi

3. Mahasiswa Beasiswa TNI
  • Usia tidak lebih dari 25 tahun

4. PSDP Penerbangan
  • Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun

Itulah isu mengenai Batas Umur Masuk Tentara Nasional Indonesia / Pendaftaran Anggota TNI. Silahkan diperhatikan, dan jikalau memenuhi batasan umur di atas silahkan daftarkan diri namun juga harus memenuhi persyaratan lainnya juga.


Demikian penyampaian ini. Semoga isu di atas bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih.