2 Tips Sederhana Lolos SNMPTN 2018 : Percaya Diri & Optimis

Bagaimana Trik Agar Lolos SNMPTN?
Selamat siang teman - teman! Mungkin sekarang ini kalian sedang galau dirumah ketika liburan semester sedang baru saja dimulai. Kita sama, hal seperti itu juga pernah saya alami sewaktu dulu masih duduk dibangku SMA, galau-nya macam - macam, mulai dari bingung nentuin Perguruan Tinggi tujuan, memilih jurusan yang tepat sesuai passion, atau... ada alasan lain yang bisa membuat bimbang, selain dua hal tersebut, bisa jadi karena masalah ekonomi, misalnya saja, cari Perguruan Tinggi yang deket sama rumah kita, lalu biaya hidupnya murah dan juga kualitas PT nya bagus. *Ya syukur kalau ada :p

Something happened! Kalian sebentar lagi bakalan menghadapi masa kegalauan hakiki akibat sulitnya memutuskan pilihan. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau akrab dipanggil SNMPTN ini, akan baru dibuka pada akhir januari sampai awal februari 2018 sob (kemungkinan). Pas milih PTN, jurusan sama ngisi - ngisi data gituan, kebanyakan dari kalian bisa dipastikan grogi, takut salah dan terlalu KAKU. Well, lumrah sih, kesalahan sedikit saja bisa mengubah prospek masa depan kalian, yakni kemungkinan terburuk adalah menunda kuliah :( *Enggak, ini bercanda! Jangan dianggap serius! Kalo ada yang salah bisa dikoreksi kok, hehe

Oke, saya selaku senior eh, maksudnya yang sudah pernah mengalami peristiwa terjadinya SNMPTN duluan, setidaknya ada pesan satu atau dua patah kata titipan dari saya buat bekal kalian menghadapi yang namanya SNMPTN 2018. Dan jangan percaya sama judul artikel ini, sebenarnya saya tidak menuliskan tips, tetapi lebih tepatnya saya menuliskan pengalaman, entah pengalaman itu datang dari saya sendiri ataupun datang dari pengalaman orang - orang yang berada disekitar saya (teman kelas, alumni, adik kelas dll),

Disini saya lebih menekankan moral, sudut pandang psikologis dan ability yang dihubungkan dengan diri kalian sendiri.

2 PESAN a.k.a TIPS BUAT MENGHADAPI SNMPTN 2018!

PERCAYA DIRI
Saya adalah siswa SMA biasa - biasa saja nih ceritanya, *memang kenyataannya seperti itu Lol. Saya sering dapat peringkat diatas > 10, dan hanya beberapa yang < 10 (itupun peringkat 8, 9 dll). Tapi, saya percaya bahwa peringkat TIDAK BERPENGARUH sama penentuan lolos tidaknya SNMPTN nanti. Saya lebih berprinsip pada pengembangan diri dan skill, dulu semester awal ketika masuk SMA, saya masih teledor, tetapi semakin naik kelas semakin mengerti apa itu tujuan dan kemampuan diri saya, Jadi, disitu saya berproses dan saya yakin hasil akan lebih memihak sama yang namanya usaha. Tidak usah takut, nilai saya jelek (turun), nanti saya tidak lolos. Saya peringkat bawah dikelas, sudah pasti tidak lolos. Untuk masalah peringkat, ungkapan itu ada benarnya, yakni penyaringan disekolah yakni 75% peringkat teratas. Tetapi untuk persaingan nasional, tidak ada namanya peringkat. Selama lolos ditahap penyaringan pertama waktu disekolah, kalian punya modal yang sama (kecuali beberapa hal berikut..)

Modal awal kalian bisa lolos adalah bisa mengkalkulasi kemungkinan - kemungkinan berikut :
- Persaingan Jurusan
- Profil Sekolah (Akreditasi Sekolah Menentukan)
- Alumni Sekolah (Kualitas Alumni Menentukan)
- Tren Nilai Rapor

Percayalah, dari beberapa hal yang saya sebutkan diatas, kekuatan do'a adalah pilihan terbaik yang bisa kamu andalkan. Maka dari itu, berdo'alah kepada Tuhan, maka keyakinan diri, percaya diri, dan mindset positif akan selalu hadir menemani kalian, bener deh saya gak boong. Buktikan saja sendiri. Kalo orang jawa jaman dulu itu bahasa semboyannya adalah "REKOSO", PRIHATIN" yang dimaksudkan disini adalah bersusah - susahlah dulu diawal, barulah nanti menikmati hasil.
OPTIMIS
Btw, emangnya Optimis dan Percaya Diri itu beda ya? Kalo boleh saya jawab, tujuannya sama, tapi perlakuannya beda. Ketika kalian percaya diri, dan berfokus pada kemampuan diri, maka itu adalah hal yang kurang direkomendasikan. Bisa - bisa nanti kamu jadi orang sombong (eits jangan sampe yah). Ini soal psikologis aja sih, ketika kalian percaya diri terhadap sesuatu, imbangilah percaya diri itu dengan rasa optimis-me. Optimis bakal ngebawa kalian menjadi orang yang less of negative-thinking yakni menjadi orang yang selalu berpikiran positif. Ingat Tuhan, kamu diciptakan itu hanya sementara, jadi gak perlu ada yang disombongkan. Dalam beberapa hal, kalian tidak akan menyadari bahwa optimis itu awal dari datangnya sebuah kata 'sukses'. Kalo diartikan kedalam kata-kata susah sob, tapi nanti kalo udah ngejalanin kalian juga bakal tau gimana rasanya. Pikirkan saja didalam otak kalian "Saya pasti lolos, Tuhan punya kejutan untuk usahaku selam 3 tahun ini dan kejutan itu adalah Lolos SNMPTN 2018"

Sekian, apabila ada kurang dan kesalahan dalam saya menulis artikel ini, saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar - besarnya. Salam Pelajar!

0 Response to "2 Tips Sederhana Lolos SNMPTN 2018 : Percaya Diri & Optimis"

Posting Komentar