Kenapa Perang Aceh Berlangsung Lama, Inilah Faktanya!

Tak tik perang di aceh, mengapa berlangsung lama?
Perang Aceh adalah perang yang terjadi di regional Aceh pada tanggal 26 Maret 1873, dan berlangsung sangat lama dibandingkan dengan perang daerah lain, yakni berakhir pada tahun 1904. (Karena keterbatasan pengetahuan saya, kurang tahu pada tanggal dan bulan apa tetapi pemberontakan terakhir yang saya ketahui adalah pada tanggal 14 Juni 1904, Pembunuhan di Kuta Reh)
Mengapa perang Aceh berlangsung cukup lama? taktik apa yang ditempuh Belanda untuk menundukkan rakyat Aceh?

Nah, pada pokok pembahasan kali ini akan saya sampaikan berdasarkan fakta sejarah yang tercatat sampai sekarang. Kenapa perang aceh ini waktu berlangsungnya kok lama banget? Penyebab utamanya adalah kala itu aceh masih terdiri dari hutan - hutan dan kawasan rimba yang lebat sehingga memungkinkan para gerilyawan aceh maupun pihak belanda mudah untuk bersembunyi dengan kurun waktu yang lama di dalam medan perang.

Oh iya, perlu diketahui oleh teman - teman. Bahwasanya, rakyat aceh yang berjuang untuk mengusir Belanda ini tidak sepenuhnya bergantung kepada pemimpin. Tetapi, mereka melakukan pemberontakan sesuai dengan kemampuan rakyatnya sendiri. Sehingga, setiap daerah akan berbeda tak - tik penyerangannya yang nantinya menyulitkan pihak Belanda dalam membaca pergerakan. Dan faktanya, kekuatan dari seorang ulama lah yang lebih berpengaruh.

Penyebab lainnya, perang yang begitu lama ini terjadi karena rakyat aceh cerdik, mereka tidak serta merta menelan pernyataan yang dibuat oleh Belanda, alhasil mereka pun sulit untuk di adu domba.

Tetapi, setelah perang yang berlangsung sekian lama tersebut, pihak Belanda pun akhirnya berhasil menekuk mundur para gerilyawan.

Apa taktik yang digunakan Belanda?'
Tak tik ini mungkin kalo kita samakan dengan bahasa sekarang (jaman now) adalah tak tik hit & run. Yang artinya, setelah mereka melakukan penyerangan, mereka mundur terlebih dahulu untuk mempersiapkan serangan selanjutnya. Agar lebih jelasnya apa itu Hit & Run, sobat bisa pelajari lebih dalam dengan mencari banyak artikel di Google.

0 Response to "Kenapa Perang Aceh Berlangsung Lama, Inilah Faktanya!"

Posting Komentar