Rekomendasi 9 PTN Alternatif yang Sepi Peminat

PTN alternatif di Indonesia yang sepi peminat
PELAJAR.ORG - Hai Pelajar! Pernah gak sih kalian cari tahu info soal daftar PTN yang sepi peminat? Sebenarnya ada inisiatif begini itu, berasal dari keinginan kita untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, tetapi ternyata PTN yang ingin kita tuju ramai peminat alias passing grade nya cukup tinggi. (Kata lembaga bimbel)

UI, ITB, UGM, ITS, UB dan kampus favorite lainnya pasti menjadi rebutan, 1 kursi bisa direbutkan 20 bahkan sampai 50 calon mahasiswa, jika dilihat dari banyaknya peminat dibandingkan dengan daya tampung.

So what's the reason? Kenapa kok ngebet banget pengen ke PTN, ya tidak lain dan tidak bukan dikarenakan mindset kita sudah terlanjur di set kearah yang salah. Kita pasti mikir kalo masuk PTN nantinya sehabis lulus bakal mudah cari kerja. Tidak seluruhnya bakal seperti itu, ada banyak faktor yang menyebabkan kita diterima dan lulus seleksi kerja, bukan hanya dari almamater saja.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat dengan Prospek Bagus

List dibawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih kampus negeri yang berkualitas namun tetap memiliki peluang masuk yang tinggi.

1. Universitas Jember

Universitas Jember (disingkat UNEJ atau UJ) adalah sebuah perguruan tinggi negeri terbesar di bagian timur Provinsi Jawa Timur yang terletak di Kota Jember, sebuah kota berhawa tropis di bagian tenggara Provinsi Jawa Timur. Kampus UNEJ berada di kawasan hijau yang ramah lingkungan sehingga memberikan ketenangan dalam melaksanakan kegiatan akademik. Kota Jember sendiri berada di antara Kawah Ijen dan Gunung Bromo serta dikelilingi perkebunan yang sebagian besar ditanami tembakau, kopi, cokelat, dan tebu. (Wikipedia, Inc)

2. Universitas Udayana

Universitas Udayana, disingkat Unud, adalah perguruan tinggi negeri di Bali, Indonesia, yang berdiri pada 29 September 1962. Rektor dari tahun 2013-2018 adalah Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD. (Wikipedia, Inc)

3. Universitas Negeri Gorontalo

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. (Wikipedia, Inc)

4. Universitas Jambi

Universitas Negeri Jambi adalah perguruan tinggi negeri di Jambi, Indonesia, yang berdiri pada 23 Maret 1963. Rektor pada saat ini adalah Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D (Wikipedia, Inc)

5. Universitas Negeri Manado

Universitas Negeri Manado, disingkat Unima adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Sulawesi Utara dan tepatnya berada di bukit Tonsaru Tataaran Tondano, Indonesia. (Wikipedia, Inc)

6. Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, disingkat Unmul, adalah perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur (Wikipedia, Inc)

7. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang, disingkat UNP adalah perguruan tinggi negeri di Padang, Sumatera Barat, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1954. Rektor Universitas Negeri Padang sejak 20 Juli 2016 adalah Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. (Wikipedia, Inc)

8. Universitas Bengkulu

Universitas Bengkulu adalah perguruan tinggi negeri di Bengkulu yang berdiri pada 24 April 1982 berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 17 tahun 1982 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Daud Yusuf. (Wikipedia, Inc)

9. Universitas Mataram


Universitas Mataram adalah sebuah perguruan tinggi negeri di kota Mataram, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Beralamat di Jalan Majapahit No.62, Gomong, Selaparang, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia (Wikipedia, Inc)

Kenapa kok rata - rata PTN yang admin sebutkan berada di domisili luar jawa?
Jawabannya pasti sudah ada dibenak sobat, bahwa kampus mainstream alias kampus favorite di pulau jawa itu terkenal dengan ketatnya persaingan. Itu artinya, fasilitas dan prasarana dalam kampus akan berbanding lurus dengan banyaknya peminat yang ingin masuk ke kampus tersebut.


Informasi diatas bisa saja berubah - ubah sesuai kondisi yang ada sekarang, dan kami tidak menjamin keseluruhan informasi diatas  benar.

0 Response to "Rekomendasi 9 PTN Alternatif yang Sepi Peminat"

Posting Komentar