Kerajinan Dari Bahan Lunak Alami dan Buatan Disertai Contohnya


PELAJAR.ORG - Dalam kewirausahaan sangat beragam produk - produk yang dipasarkan, baik itu produk dari industri, industri rumahan, kerajinan tangan, bahkan ada yang sampai kerajinan dari bahan lunak. Dengan beragamnya produk karya kerajinan ini memang diharapkan akan tumbuh inovasi dan kreatifitas masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan potensi wilayah yang ada.

PENGERTIAN BAHAN LUNAK ALAMI DAN BUATAN

Kerajinan bahan lunak sendiri bisa dibagi menjadi 2 kubu, yakni kerajinan bahan lunak yang berasal dari bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang asalnya dari lingkungan alam dan benar - benar murni tidak tercampur oleh bahan buatan. Misalnya saja : Sisa kulit tumbuhan, tanah liat, dan serat - serat alam.

Bahan lunak buatan adalah bahan hasil buatan mesin atau sejenis, biasanya melalui proses kimia yang diolah menjadi lunak. Misalnya : Gips, bubur dari kertas, sabun, lilin, dan lain sebagainya.

JENIS DAN CONTOH PRODUK BAHAN LUNAK

1. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alami Tanah Liat
Banyak contoh yang bisa kita ambil dari produk kerajinan tanah liat, produk kerajinan tanah liat ini biasanya dibuat sebagai fungsi kegunaannya, namun juga dapat dipakai sebagai fungsi estetika / keindahannya saja. Bahkan beberapa konsumen, mengharapkan sebuah produk bisa dipakai dengan dua fungsi tersebut.

2. Kerajinan Sisa Kulit
Kerajinan dari bahan kulit
Kalo dari bahan kulit, semestinya kita tidak perlu bertanya lagi, sudah sangat banyak contoh yang sering kita temui dikehidupan sehari - hari. Seperti tas kulit, jaket kulit, sandal kulit, kemudian ada juga sepatu kulit dan lainnya.

3. Kerajinan Lilin
Kerajinan dari bahan lilin
Lilin, tampak seperti sebuah benda sepele namun ketika lilin ada ditangan orang yang tepat (orang kreatif), lilin bisa menjadi barang yang mahal karena estetika. Banyak sekarang berkembang pengrajin lilin dari berbagai daerah, membuat bermacam inovasi yang akhirnya mendatangkan omset yang sangat besar. Lilin tersebut diproses dengan cara di panaskan (dicairkan) kemudian baru dibentuk sesuai keinginan.

4. Kerajinan dari Bahan Serat Alam
Kerajinan dari bahan serat alam
Serat alam adalah bahan yang berupa serat dari beberapa jenis pohon, tanaman, maupun serat alamiah lainnya. Dengan serat alam kita bisa membuat tas yang cantik, kursi dan meja yang mewah atau bahkan hiasan rumah seperti patung dan ornamen. Serat alam selain murah juga sangat mudah didapat, misalnya saja serabut kelapa, jerami padi dan lain - lain.

5. Kerajinan dari Gips

Kerajinan gips yang indah

Umumnya gips dipakai untuk proses penyembuhan untuk kecelakaan yang berkaitan dengan tulang (tulang patah, tulang retak dll). Tetapi, gips yang asalnya dari kalsium hidrat ini nyatanya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang efektif. Gips mudah dibentuk dan juga kuat/kokoh.

6. Kerajinan Sabun
Sabun ternyata juga dapat digunakan sebagau bahan kerajinan, sabun biasanya diukir dan dibentuk sesuai dengan keinginan si pembuat.

7. Kerajinan dari Bubur Kertas
Kerajinan dari bubur kertas ini sudah sangat sering kita dengar atau bahkan kita pernah membuatnya sewaktu SD. Kertas bekas yang tidak terpakai kita rendam dan dihancurkan layaknya bubur, barulah nantinya kita dapat membentuk kerajinan bubur kertas tersebut sesuai dengan keinginan.

8. Kerajinan dari Plastisin
Jarang kita mendengar benda yang bernama 'plastisin' ini, namun sebenarnya, plastisin ini sendiri memiliki konsep seperti lilin. 

0 Response to "Kerajinan Dari Bahan Lunak Alami dan Buatan Disertai Contohnya"

Posting Komentar