5 Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat Berdasarkan SBMPTN 2017

Jurusan Kuliah Sepi Peminat?
PELAJAR.ORG - Mencari jurusan yang sesuai dengan passion kita memang susah - susah gampang, kendati memang, proses mengenali diri sendiri dari jenjang sd sampai jenjang terakhir wajib belajar yakni sma bukan jaminan kita dapat langsung mengenali kemampuan diri setelah lulus. Itu artinya, memang mengubah mindset atau pola pikir akan jauh lebih sulit dibandingkan mengubah ego.

Contoh saja, sewaktu kita sd atau paud lah paling enggak, pasti kan pernah bermimpi untuk menjadi dokter? Hayooo jujur! itu sebenarnya pengaruh lingkungan, lingkungan yang dapat mengubah mindset kita tertanam sesuatu yang kurang tepat semenjak kecil. Ada baiknya, saat kita menginjak dewasa, kita mulai memikirkan potensi yang ada pada diri kita sendiri. Bukan sekedar mengerjakan apa yang kita suka, tapi juga memikirkan prospek yang bakal kita dapat ketika berada dimasa depan.

Baiklah, saya anggap teman - teman yang membaca artikel ini sudah dewasa dan mampu mengenali potensi diri masing - masing. Dengan begitu saya dapat menyarankan beberapa pilihan program studi atau jurusan kuliah yang sekarang ini masih sepi peminat, tetapi bakal memiliki prospek cerah dimasa depan. Apa saja itu ? Silahkan disimak ulasan berikut ini

1. Jurusan Filsafat 

Jurusan Filsafat UGM
Wajib hukumnya menyebutkan jurusan filsafat sebagai jurusan yang sepi peminat, bukan tanpa alasan, karena banyak yang sering menganggap remeh atau memandang sebelah mata jurusan ini. Padahal, kenyataannya, jurusan filsafat normal seperti jurusan kuliah yang lain. Tapi entah kenapa, banyak yang tidak suka pada jurusan ini. Usut diusut ternyata tersebar berita tidak benar, bahwasanya, jika masuk ke jurusan filsafat itu kalo tidak kuat bakal murtad, stress, dan berita miring lainnya. Itu semua hanya mindset yang salah, masuk jurusan filsafat ya tujuan utamanya biasanya agar dapat menjadi filsuf (orang yang ahli filosofi). Saya katakan bahwa, filsafat ini adalah kumpulan orang - orang cerdas.

Prospek dari jurusan filsafat pun sebenarnya juga luas, karena banyaknya aktivitas yang mengharuskan mahasiswanya berpikir, rajin membaca, sering melakukan diskusi dan latihan menulis yang padat saat berkuliah, wawasan mahasiswa pun menjadi sangat luas. Lulusan program studi ini bekerja dalam segala bidang pekerjaan yang bermuatan intelektual, seperti menjadi seorang peneliti, jurnalis handal, aktivis LSM, dan berbagai karir yang menuntut kreatifitas berpikir.

2. Teknik Pengairan / Sumber Daya Air

Teknik pengairan / sumber daya air
Sebagai negara yang berada pada permukiman agraris (pertanian), Indonesia kedepan akan semakin banyak memiliki inovasi dibidang pertanian. Ini pun nantinya akan didukung dengan munculnya program studi baru rumpun pertanian. Jurusan teknik pengairan ini juga masih tergolong baru, maka dari itu, bisa dikatakan jurusan ini masih sepi dengan peminat. Tetapi, untuk prospek kedepan, jurusan ini mungkin terbilang terbuka lebar.

3. Jurusan Ilmu Arkeologi

Jurusan Arkeolog
Jurusan ini, bisa dikaitkan sebagai rumpun dari jurusan sejarah. Jurusan ilmu arkeologi fokus pada ilmu yang mempelajari sejarah kebudayaan manusia. Jurusan yang sangat penting untuk proses kemajuan zaman, bahkan prospek yang tersedia kedepan juga luas. Kamu bakalan direkrut oleh ilmuwan luar negeri untuk diajak bekerja sama, jika kamu ahli dan menguasai seluk beluk dari ilmu ini.

4. Jurusan Oseanografi 

Jurusan Oseanografi
Halo Smart young, atau kids jaman now, kamu wajib tahu jurusan yang satu ini. Kalian sebagai generasi muda yang cerdas, apalagi mencintai lingkungan air, maka ada kalanya untuk cari tahu soal jurusan ini. Tentu, bahasan utama yang bakal dipelajari di jurusan ini adalah soal laut dan laut (ocean). Kamu akan mendalami peristiwa alam yang berada di laut, siklus air, bahkan sampai penanggulangan terhadap bencana. Lulusan Osenografi ini nantinya bakal dicari oleh departemen kelautan, TNI Angkatan Laut, LIPI, industri minyak, gas dan mineral, industri perikanan, PT Pelni dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa googling soal jurusan oseanografi ini!

5. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan ilmu perpustakaan masih sepi peminat?
Jurusan ini akan mempelajari bagaimana kamu dapat menguasai tentang cara pengumpulan, penyebarluasan , pengawetan, dan pengorganisasian sumber informasi di sebuah perpustakaan. Selain ilmu sosial dan perbukuan, kamu juga bakal mempelajari teknik dan hukum yang berkaitan dengan pengelolaan atau penyebaran informasi.  Prospek jurusan ini juga cukup luas, bahkan kamu bisa menjadi programmer, umumnya kita bisa menjadi seorang pustkawan hebat, sekretaris, hingga pengatur dokumen.

0 Response to "5 Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat Berdasarkan SBMPTN 2017"

Posting Komentar