Seleksi Mandiri yang Menggunakan Nilai SBMPTN

Seleksi Mandiri dengan memakai nilai SBMPTN
PELAJAR.ORG - Seleksi Mandiri atau Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang dilaksanakan mandiri (mengacu pada aturan) oleh masing - masing perguruan tinggi negeri di Indonesia dibawah pengawasan kemristekdikti. Jalur seleksi mandiri ini menjadi jalur alternatif bagi mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri, tetapi dalam hal seleksi tahap SNMPTN dan SBMPTN mereka kurang beruntung, maka jalur mandiri menjadi solusi terakhir mereka untuk dapat kembali bermimpi memasuki PTN yang mereka cita - citakan.

Apakah Seleksi Mandiri itu Mahal ?

Secara umum, iya. Karena, jalur mandiri adalah jalur yang mengikuti aturan universitas negeri masing - masing, dan secara independen mereka yang menentukan. Tetapi, tidak seluruhnya begitu. Ada pula seleksi mandiri yang juga memiliki biaya yang murah dan ditentukan sesuai penghasilan orang tua, contohnya jalur UTUL di UGM juga diklaim menjadi salah satu jalur mandiri yang memiliki biaya cukup murah. 

Seleksi mandiri memakai nilai SBMPTN ?

Udah nggak asing lagi kok, atau bahkan makin kesini mungkin akan semakin banyak PTN yang bakal menerapkan hal yang sama, yakni menggunakan nilai SBMPTN untuk seleksi mandiri. Selain daripada lebih kredibel dan aman, nilai SBMPTN adalah nilai real yang tidak bisa dimanipulasi sembarang pihak, artinya sumber dari nilai SBMPTN satu - satunya adalah panitia SBMPTN. Memakai nilai SBMPTN dalam seleksi mandiri juga memberikan keuntungan dan kerugian tersendiri bagi calon mahasiswa.

Keuntungan :
  • Tidak perlu melakukan tes ulang, calon mahasiswa hanya perlu menunggu hasil seleksi
  • Efisiensi biaya
Kerugian :
  • Jika nilai dalam SBMPTN anjlok (rendah), bisa dipastikan akan sulit untuk bersaing dengan calon mahasiswa lain
Lalu, PTN mana saja yang membuka seleksi mandiri melalui nilai SBMPTN ?

"Hasil kesepakatan dengan para rektor, hampir semuanya sepakat menggunakan hasil SBMPTN ini untuk seleksi mandiri," ujar Ravik di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (17/5), entah acuan ini akan sama dengan kondisi kebijakan pada tahun 2018 atau tidak. Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tiap tahunnya sudah memakai metode nilai SBMPTN dalam seleksi mandirinya, dan berikut ini yang insyaAllah sudah pasti menggunakan nilai SBMPTN sebagai syarat untuk seleksi mandiri:

  1. [ SM-UNS ] UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET  (Info : http://www.spmb.uns.ac.id)
  2. [ PKM-ITS ] INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (Info : http://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm) 
  3. [ UM-UNAIR ] UNIVERSITAS AIRLANGGA (Info : http://ppmb.unair.ac.id/id/site/mandiri)
  4. [ SPMK-UB ] UNIVERSITAS BRAWIJAYA (Info : http://selma.ub.ac.id/spmk/)
  5. [ SMUP-UNPAD ] UNIVERSITAS PADJAJARAN (Info : http://smup.unpad.ac.id/)
  6. [ SPMB-UNSOED ] UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN (Info : http://spmb.unsoed.ac.id) 
  7. [ SM-UPI ] UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (Info : http://pmb.upi.edu/)
  8. [ JNS-UNHAS) UNIVERSITAS HASANUDDIN (Info : https://www.unhas.ac.id/pmb/)
  9. [ PMB MANDIRI-UPN JAKARTA ] UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAKARTA (Info : https://penmaru.upnvj.ac.id/)
  10. [ SM SBMPTN-UNY] UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ( Info : http://pmb.uny.ac.id/informasi-umum/seleksi-mandiri-sbmptn )
  11. Coming soon ....

Itulah sedikit informasi mengenai seleksi mandiri PTN yang menggunakan nilai SBMPTN, untuk informasi PTN mana saja yang bisa memakai jalur mandiri dengan SBMPTN, silahkan bookmark halaman ini, mengacu pada informasi 'Hampir semua rektor sepakat untuk menggunakan nilai SBMPTN untuk seleksi mandiri' dari beberapa sumber, kami akan memastikan kembali informasi tersebut dengan mengacu pada website resmi masig - masing universitas.

Selamat belajar! Salam Pelajar! 

0 Response to "Seleksi Mandiri yang Menggunakan Nilai SBMPTN"

Posting Komentar