Jenis Jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri

PELAJAR.ORG - Bisa masuk ke perguruan tinggi negeri adalah impian, para pelajar mendambakan universitas negeri dengan kasta favorit  di Indonesia karena beberapa tujuan, misalnya fasilitas mendidik yang lengkap, dosen yang berkualitas, biaya pendidikan yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa universitas swasta, dan lulusan dari universitas negeri sendiri akan memiliki bobot lebih tinggi ketika masuk dunia kerja. Maka dari itu, untuk dapat masuk ke universitas negeri pun perjuangannya tidaklah mudah, kita harus bersaing dengan ratusan ribu pelamar melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Namun, jika kurang beruntung dengan kedua jalur tersebut, maka para siswa dapat mengikuti jalur masuk yang khusus disediakan oleh pihak universitas masing-masing, yaitu jalur seleksi mandiri.

Jalur Mandiri adalah jalur ujian masuk independen yang disediakan oleh masing - masing perguruan tinggi negeri di Indonesia, yang dibawah pengawasan kemristekdikti. Tak heran jika tata pelaksanaan, persyaratan dan jenis - jenis soal masuk untuk tiap perguruan tinggi negeri di Indonesia akan berbeda. Pasalnya PTN lah yang menentukan aturan bagaiamana pelaksanaan Ujian Mandiri tersebut bisa berjalan sesuai semestinya.

Baca juga : Seleksi Mandiri yang Menggunakan Nilai SBMPTN

Dibawah ini beberapa jenis ujian mandiri yang ada di beberapa PTN di Indonesia :

1. SIMAK - UNIVERSITAS INDONESIA
Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat
Ada dua jenis jalur yang disediakan dalam SIMAK, yaitu paralel dan vokasi. Jalur paralel sendiri adalah seleksi untuk siswa SMA/SMK/sederajat dan lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke program Strata I (S1). Sedangkan untuk jalur vokasi, adalah jalur yang dikhususkan untuk para siswa SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan ke program Diploma III (D3).

Informasi selengkapnya : simak.ui.ac.id

2. UTUL - UNIVERSITAS GADJAH MADA
UTUL atau Ujian Tulis merupakan seleksi ujian masuk mandiri dari UGM. Jalur yang disediakan sendiri memiliki beberapa jenis, program vokasi, program sarjana dan lain - lain.

Informasi selengkapnya : um.ugm.ac.id

3.  PKM SMITS - INSTITUTE TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
Seleksi Mandiri ITS
SMITS (Seleksi Masuk ITS) memiliki seleksi mandiri yang bernama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).
Terdapat 2 (dua) jalur penerimaan calon mahasiswa melalui PKM yaitu melalui Program Kemitraan dan Program Mandiri.
- Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
- Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Informasi selengkapnya : smits.its.ac.id

4. PPMB MANDIRI - UNIVERSITAS AIRLANGGA
PPMB Unair Jalur Mandiri
Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga adalah jalur masuk yang didalamnya menyediakan seleksi mandiri. Seleksi Mandiri di UNAIR sendiri juga menyediakan beasiswa bidikmisi bagi para calon mahasiswa yang tingkat ekonominya kurang mampu.

Informasi selengkapnya : ppmb.unair.ac.id

5. SMUB - UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Seleksi Masuk Universitas Brawijaya
Seleksi Mandiri UB adalah seleksi masuk Universitas Brawijaya yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Seleksi Mandiri UB tidak memerlukan ujian baik berupa PBT (Paper Base Test) maupun CBT (Computer Base Test). Seleksi didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2017.

Informasi selengkapnya : selma.ub.ac.id/spmk

6. SPMB Mandiri - UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
SPMB Universitas Jenderal Soedirman
SPMB Mandiri adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk program sarjana reguler maupun internasional, serta diploma yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman. SPMB Mandiri Unosed memiliki jalur ujian tulis dan non tulis.

Informasi selengkapnya : spmb.unsoed.ac.id

7. SM UNS (Seleksi Mandiri) - UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET
UNS - Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta

SM UNS adalah Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNS dengan Seleksi menggunakan Pengolahan Data Hasil Ujian SBMPTN untuk Jenjang Sarjana dan Diploma. Sehingga peserta SM UNS harus sudah menjadi Peserta SBMPTN ditahun yang sama.

Informasi selengkapnya : https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1

8. SMMPTN - UNIVERSITAS MULAWARMAN
Universitas Mulawarman - SMMPTN (Mandiri)
Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) adalah kegiatan seleksi untuk calon mahasiswa baru untuk memasuki perguruan tinggi negeri dengan pola ujian tulis dan ujian keterampilan khusus bagi program studi tertentu. Penyelenggaraan seleksi ini dilakukan oleh panitia pelaksana SMMPTN berdasarkan surat keputusan rektor Universitas Mulawarman.

Informasi selengkapnya : https://smmptn.unmul.ac.id/


Untuk daftar selanjutnya akan admin bahas lain waktu.. Jadi jangan sungkan untuk mampir ke blog ini lagi, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung!

0 Response to "Jenis Jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri"

Posting Komentar