Jenis Limbah untuk Bahan Baku Kerajinan

Bahan Baku Limbah untuk Kerajinan
PELAJAR.ORG - Limbah adalah zat sisa atau bahan yang sudah dibuang (tidak digunakan lagi) bekas dari proses kegiatan manusia. Limbah ada banyak jenisnya mulai limbah padat, limbah cair, limbah gas dan lain - lain. Dari kebanyakan limbah, dapat kita temui sebagian besar di kegiatan perindustrian / pabrik, sisa dari kegiatan produksi itulah kita dapat menemui yang namanya limbah.


A.  LIMBAH PADAT

Limbah padat adalah limbah yang bentuk dan sifatnya padat, yang biasanya banyak ditemui dari sisa - sisa proses produksi Industri / Pabrik. Jenis dari limbah padat juga beragam, produk fungsional yang nantinya dapat dijadikan sebagai suatu karya seni dengan estetika tinggi dan memiliki potensi untuk dapat dipasarkan / dijadikan sebagai usaha dalam rangka meraih keuntungan.

Jenis limbah padat antara lain :

1. LIMBAH KERTAS
Limbah kertas untuk bahan baku
Limbah kertas berupa bahan - bahan kertas tipis dan terbuat dari bubur kayu (pulp), dapat diolah menjadi bubur kertas yang nantinya dijadikan daur ulang baik dari segi estetika maupun kegunaan. Limbah kertas banyak ditemui di perkantoran (bekas kertas arsip, nota, jurnal, dan buku tidak terpakai), maupun rumah tangga (buku sekolah, koran). Sifat dari limbah kertas memiliki tekstur yang halus, cepat menyerap air, mudah terbakar, dan dapat di pakai sebagai bahan daur ulang untuk sesuatu yang bermanfaat.

2. LIMBAH PLASTIK
Limbah plastik daur ulang
Limbah plastik pada dasarnya akan sangat mengancam kelestarian lingkungan, namun, dengan pengolahan yang benar, limbah plastik akan sangat memberikan manfaat baik dari segi estetika dan juga kegunaan. Plastik banyak dijumpai pada bungkus makanan, botol air mineral, bungkus snack, bahkan sampai tas kresek.. Sifat dari limbah plasik sendiri yakni sulit untuk terurai, keras, tidak dapat menyerap air, mudah terbakar dan dapat didaur ulang.

3. LIMBAH KAYU
Limbah kayu untuk kerajinan
Kayu adalah bahan dasar yang mayoritas digunakan hampir setiap orang, baik untuk membangun rumah, membuat mebel. bahkan sampai kerajinan ukir. Limbah kayu pun sangat bermanfaat, selain sebagai penunjang bahan bakar (serbuk kayu), limbah kayu ternyata dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan yang nilai keindahannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Melalui tangan seniman, maka limbah pun akan dapat dibentuk menjadi sesuatu yang estetis, seperti contoh dibawah ini:
Kerajinan dari limbah kayu
4. LIMBAH KULIT
Limbah kulit/cangkang telur, kulit pisang, kulit jagung, dan kulit lainnya
Limbah kulit ada banyak macamnya, namun secara umum kita dapat membedakan dari asalnya, yakni kulit dari hewan dan kulit dari tumbuhan. Dari jenis kulit hewan banyak kita jumpai kulit (cangkang) telur, kulit sapi, kulit kambing, kulit ular, kulit buaya, dan lain - lain. Untuk jenis kulit tumbuhan sendiri sering dijumpai seperti kulit jagung, kulit pisang atau juga pelepahnya dan sebagainya.

0 Response to "Jenis Limbah untuk Bahan Baku Kerajinan"

Posting Komentar