Suka Matematika? Jurusan Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

Pilihan jurusan untuk yang suka matematika
PELAJAR.ORG --- Selamat datang, salam sejahtera untuk kita semua semoga hari ini dan hari esok akan senantiasa menjadi hari yang baik, baik dan lebih baik lagi.
apa itu matematika ?

Dan begitulah kira - kira, apa yang disebut sebagai matematika, ilmu alam yang kaya akan cabang keilmuannya. Lantas yang menjadi topik kali ini apa? Oke, buat kalian semua yang berasal dari SMA, SMK, MA, dan sederajat, disini gue mau kasih sedikit review mengenai hubungan matematika dengan ilmu cabangnya.

Matematika layak, bahkan harus dijadikan sumber pemecahan masalah yang cukup utama dewasa ini. Algoritma dan aljabar adalah kajian ilmu cabang dengan dasar yang juga dari matematika. Hampir semua cabang ilmu di dunia membutuhkan matematika. Trust me it's real!

Hubungan ilmu matematika dengan PILIHAN JURUSAN apa dong kak?
Kalo bicara hubungan, jelas, matematika adalah ilmu dasar untuk hampir keseluruhan bidang studi yang ada di dunia. Program studi SAINTEK terutamanya, pasti akan ada dasar ilmu matematika disitu, yah walaupun bisa dibilang tidak dibahas secara kompleks (tergantung kebutuhan jurusannya aja sih). Oke, beruntung banget kan! Kenapa kalian diciptakan untuk cerdas dalam matematika, itulah kelebihan yang diberikan Tuhan.
Oke sampai disitu dulu prolognya, langsung gue bahas aja ya cabang ilmu yang cocok buat kamu pecinta matematika, Check this out!

Kelompok ilmu                : Ilmu - ilmu Sains (SAINTEK)

No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
1
I. ILMU-ILMU SAINS
: Matematika
Analisis, Aljabar, Matematika Terapan, Geografi Analis, Kalkulus, Finite Elemen Method.
Untuk menjadi mahasiswa matematika tidak perlu harus berbekal jenius. Dalam belajar matematik sangat diperlukan kerajinan yang tinggi dan mempunyai kesukaan terhadap matematika.
BATAN, LAPAN, DPU, DEPTEN, HANKAM, LIPI, IPTN, BPPT, Bakorsultanal, Perusahaan Komputer, Swasta, Profesional, Dosen, Pertamina, Telkom, Poltek, Union Oil, dsb.
USU, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UGM, ITS, UNAIR, UNIBRAW, UNHAS, UNSRI, UNSYAH, UNRI, IKIP.
2
Statistika
Statistika,
Statistika Terapan, Matematika Dasar, Matematika Terapan, Kalkulus Dan Geometri Analisis
Dasar dari ilmu statistika adalah matematika, maka harus cinta terhadap matematika, diperoleh sikap kritis, suka berpikir logis. Mampu membuat rancangan prediksi dan estimasi.
Hampir semua instansi pemerintah/swasta butuh sarjana statistika, sebagai peneliti di BPS, LIPI, BPPT, Bank, Perusahaan Swasta, Dosen, Pertamina, Telkom, Poltek, dsb.
UNPAD, UGM, ITS, ITB, PTN Lain: sub jurusan dari jurusan Matematika.
3
Ilmu Komputer
Dasar Kerja Komputer, Pengolahan Data, Statistika.
Diperlukan dasar matematika yang kuat, seperti aljabar, vektor, geometri analitik, kalkulus, aljabar linear, dan statistika.
Perusahaan komputer, programer, perumtel, asuransi bank, perminyakan, LIPI, LAPAN, PPPT, BPS, pertamina, Telkom, Poltek, dsb.
UGM, UI, ITB disebut jurusan Informatika
4
Fisika
Fisika murni, fisikai inti, fisika modern, elektronika, instrumentasi, geofisis, optic.
Diperlukan daya analitik yang kuat, menguasai matematika, harus tekun, sabar dan teliti. Banyak referensi dan praktikum, progresif thinking.
BATAN, BPPT, IPTN, LAPAN, PUSPITEK, P3FT, LIPI, LEN, LIN, ASTRA, Perusahaan swasta, dosen, Sclumbeger, Caltex, Union Oil, dsb.
ITS, ITB, UNAIR, UGM, UNHAS, UNPAD, UNRIAU, USU, UI, UNSYIAH, UNSRI, UNDIP, IKIP.
5
Fisika
Geofisika mempelajari bumi dengan menggunakan metode dan kebiasaan-kebiasaan fisika, fisika, dasar dan terapan.
Diperlukan dasar yang kuat fisika dan matematika. Dapat bekerja sama dengan orang lain, menggunakan bahasa inggris, juga diperlukan ketahanan fisik yang kuat. Banyak penelitian lapangan.
Perusahaan minyak seperti Caltex, Pertamina, Mobil Oil, Union Oil, Philips, Petrolium, Sclumbeger, Dept. Pertambangan, Geologi, Direktorat Minyak Dan Gas, Direktorat Volkanologi, Dept. Transmigrasi, Penelitian, Dosen, dsb.
ITB, UGM.
6
Elektronika dan Instrumentasi
Menekankan pemahaman tentang magnet, listrik, termodinamika, dan gelombang
Membuat/menciptakan dan inovasi piranti elektronik
LIPI, LAPAN, BPPT, IPTN, Perumtel, INDOSAT, Perusahaan Komputer, Dosen, PNS, Perusahaan Elektronik, ABRI, dsb.
UGM
7
Astronomi
Menyelidiki benda-benda dan isinya dalam jagad raya (makro kosmos)
Astronomi adalah bukan astrologi (ramalan bintang), tetapi bidang ilmiah yang mempelajari jagat raya. Merupakan Fisika Antariksa. Harus berjiwa pionir dan merupakan bidang yang futuristik
LAPAN, Peneliti di AU, AL, NPPT, Planetarium, Wartawan, Observatorium, Dephub, Dosen, LIPI, Jurnalis.
ITB

      
  
                             



Kelompok Ilmu : Ilmu Teknik (SAINTEK)

No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
1
Teknik Arsitektur
Perencanaan, Pemukiman, Perencanaan, Teknologi, Bangunan, Gambar Teknik



Diperlukan pemahaman terhadap ilmu Fisika, Matematika, Ilmu Sosial dan memiliki ketrampilan menggambar dan banyak inisiatif, kreativitas tinggi dan fisik yang kuat, harus berjiwa senang menggambar
Perancang dan Penasihat Teknik Konsultan, DPU, BAPPENAS, LIPI, BPPT,Perusahaan Swasta,Dosen, Wiraswasta,dll
UI, UGM, ITB, ITS, UNHAS, UNDIP, UNIBRAW, UNS, UNUD, UNSRAT
2
Teknik Elektro
Teknik Tegangan Listrik, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Teknik Keisyaratan Listrik, Teknik Sistem, Gambar Teknik  Sarjana teknik tidak sama dengan montir elektro
Disini diperlukan dasar Matematika dan Fisika yang kuat. Merupakan pengambang/inovator dibidangnya
LIPI, TELKOM, BPPT, Industri elektro, Unit-unit Tele-komunikasi, Pusat Tenaga Listrik, Lembaga Elektronika Nasional, PLN, Pusat-pusat Komputer, Dosen
ITB, UGM, UI, ITS, UNHAS, USU, UNDIP, UNIBRAW, UNUD, UNSRI, UNTAN, IKIP
3
Teknik Industri
Teori Industri dan Teknologi Mesin dan alat-alat yang digunakan, Pengelolaan Pabrik, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Tenaga Kerja, Gambar Teknik.
Harus berjiwa pemimpin. Merupakan penerapan ilmu ekonomi dan manajemen dalam teknologi. Dasar utamanya adalah teknik mesin.
BPPT, Industri Semen, Industri Tekstil, Industri Pupuk, Industri Logam, Industri Permesinan, Industri Kimia, Dept. Perindustrian, Konsultan, Dosen, Swasta.
UGM, ITB, UI, ITS, UNDIP, USU, UNSRI, UNSYIAH.
4
Teknik Kimia
Operasi Teknik Kimia, Matematika dan Teknik Kimia, Termodinamika, Proses Teknik Kimia.

Sebagai dasarnya adalah matematika dan fisika harus kuat senang terhadap penemuan dan gagasan baru. Mewujudkan piranti yang berdasarkan proses kimia. Contoh mesin oksigen hydrogen pesawat NASA
BPPT, Industri Pengolahan Mineral, Semen, Minyak, Kertas, Tekstil, Cat, Obat-obatan, Dept. Perindustrian Lembaga Penelitian, Dosen, Swasta.
UGM, ITB, UI, ITS, UNDIP, USU, UNSRI, UNSYIAH.
5
Teknik Sipil
Teknik Sipil Kontruksi, Teknik Sipil Transportasi, Teknik Sipil Hidro, Teknik Sipil Pengairan, Teknik Penyekatan, Manajemen Kontruksi, Mekanik Teknik, Gambar Teknik.
Sebagai dasar adalah Fisika, Matematika dan Statistik. Sebagai mahasiswa dituntut mampu menuangkan pemikiran, perhitungan, dan ide-ide dalam wujud gambar rencana dan uraian tertulis praktis, serta tekun, banyak kerja praktek.
LIPI, BPPT, DPU, Dept. Pertambangan Dan Energi, Dept. Transportasi, Dept. Pertanian, Dept. Dalam Negeri, Dept. Pertahanan dan Keamanan, Lembaga-lembaga Pemerintah, Perusahaan Swasta, Dosen, Kontraktor, Konsultan.
UGM, ITB, ITS, UI, UNS, UNIBRAW, UNDIP, UNHAS, USU, UNUD, UNSYIAH, UNSRAT, UNSRI, UNTAN, UNAND, IKIP.
6
Teknik Mesin
Teknik mesin analitik, logam dan pengerjaannya, pesawat tenaga, pesawat kerja.
Menemukan dan Inovasi, serta merekayasa mesin-mesin untuk menunjang kebutuhan manusia. Dasar Matematika dan Fisika harus kuat.
Industri Baja, Industri Perakitan Pesawat, Industri Kapal, Industri AC, Almari Es, Diesel, Mesin Industri Kimia, Dosen.
UGM, ITB, ITS, UI, UNDIP, USU, UNHAS, UNSYIAH, IKIP.
7
Teknik Perkapalan
Cara membuat dan merawat mesin Kapal, cara membuat kontruksi Kapal.
Dasar Matematika yang kuat, Fisika dan Proyeksi/gambar teknik harus kuat.
Perusahaan Perkapalan, PT PAL, BPPT, Dosen
ITS, UNHAS, UNPAT






No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
8
Teknik Fisika
Pemanfaatan ilmu fisika untuk instrumen gedung / ruangan, mengatasi kebisingan, alat pemanas / pendingin ruangan, dsb
Dasar Matematika, Fisika dan Kimia harus kuat. Merupakan bidang yang futuristik.
IPTN, BPPT, LAPAN, Perumtel, INDOSAT, ELNUSA, Dosen, Perusahaan/pabrik.
ITB, ITS
9
Teknik Penyehatan
Pemanfaatan air untuk air minum atau keperluan industri pembuangan air kotor dan sampah, Pengolahan air industri, ilmu kesehatan masyarakat dan pelestarian lingkungan
Bidang rekayasa keadaan dan potensi lingkungan sebagai pendukung bidang teknik sipil. Teknik Penyehatan ITB kini disebut Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknologi Sipil dan perencanaan.
Konsultan, Peneliti di Perusahaan swasta, perusahaan asing, DEPKES, BAPENAS, BPPT, Dosen, Kontraktor
ITB
10
Teknik Planologi (Perencanaan
 Wilayah Kota)
Bidang teknik Sipil, Ilmu-ilmu sosial ekonomi politik dan budaya
Perencanaan wilayah/kota meliputi aspek fisik, ekonomi, sosial, budaya,,politik, hukum, dan aspek lainnya.
Perancang, Konsultan di Perusahaan Komputer, dosen, IPTN, Bank
ITB, UNDIP
11
Teknik Komputer (Informatika)
Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Komputer, rekayasa teknologi.
Dasar Matematika, Bahasa Inggris dan Fisika harus benar-benar kuat.
Perancang, Konsultan di Perusahaan Komputer, dosen, IPTN, Bank
UGM, ITB, UI, ITS
12
Teknik Penerbangan
Cara membuat/merawat mesin pesawat, cara membuat kontruksi pesawat
Dasar utamanya adalah teknik mesin,
Kemampuan matematika dan fisika harus kuat
Ahli teknik penerbangan, IPTN, BPPT, LAPAN, Dosen, Perusahaan Penerbangan seperti: Garuda Sempati Air, dll.
ITB
13
Teknik Metalurgi
Hal-hal yang berhubungan dengan metal (logam), mencari dan mengolah bahan yang dpat menjadi logam.
Merupakan pengkhususan dari teknik mesin, teknik Kimia dan teknik industri
PT. Krakatau steel, PT. Timah, PT Aneka Tambang, Lembaga geologi dan Pertambangan Nasional, Dosen.
UI
14
Teknik Geodasi
Geodasi Sains, geodesi Praktis, Fotogrametri, Aerial Fotogrametri, Taresterial fotogrametri, Kartografi
Dasar-dasarnya harus memiliki ilmu matematika dan fisika yang kuat, serta memiliki kemampuan analitik, suka berfikir kritis, memiliki kemampuan survival, anggota badan normal, tidak buta warna, memiliki pandangan sterioskopik yang baik, pionir bagi bidang teknik sipil
Badan koordinasi survey dan Pemetaan Nasional, Dinas Agraria, ABRI, Kantor-kantor, Pajak, Bappenas, Dinas Pendapatan Daerah
UGM, ITB
15
Teknik Nuklir
Teknologi Reaktor, Teknologi Nuklir, Bidang Kedokteran, Bidang Industri makanan, Bidang Industri Logam, Bidang Pertanian
Ilmu yang harus menguasai matematika, kimia, serta memiliki sifat cermat, teliti dan disiplin yang tinggi. Merupakan bentuk terapan dari Fisika inti dari Kimia
BATAM, BPPT, IPTK, Radiologi, RS, Pertanian. Industri makanan, Industri logam, Industri plastik pembibitan
UGM
16
Teknik Geologi
Geologi Fisika, Geologi Sejarah, Geologi Terapan, Geologi Foto dan Peta
Menguasai matematika, fisika-mekanika, kimia dan biologi, serta disyaratkan memiliki kesehatan yang baik, ketahanan dan kekuatan fisik yang cukup, dan tidak cacat jasmani. Merupakan explorasi kandungan bumi
Pertambangan, perminyakan, kontruksi, Dinas Pengawasan Gunung Berapi, Lembaga Penelitian dan Pendidikan BATAN, Perusahaan Asing
UGM, ITB, UNPAD, UNHAS






No
Jurusan
Yang dipelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan kerja
PTN
17
Teknik Geofisika
Mempelajari tentang pencarian dan pengolahan bahan-bahan tambang
Penunjang Geolog dalam explorasi kekayaan yang terkandung dalam Bumi. Bagian khusus dari teknik geologi
Direktorat Vulkanologi, Caltex, Perusahaan minyak seperti : Mobil Oil, Union Oil, Dosen
ITB
18
Teknik pertambangan
Mempelajari tentang pencarian dan pengolahan bahan-bahan tambang.
Dikhususkan pada kandungan minyak bumi dan bangunan
PT. Aneka tambang, lembaga Geologi dan pertambangan nasional, perusahaan minyak dan gas, dosen, perusahaan asing.
ITB, UNSRI
19
Teknik perminyakan
Mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan minyak, mencari dan mengolah bahan yang dapat dibuat minyak.
Dikhususkan pada kandungan minyak bumi.
Perusahaan-perusahaan perminyakan, Pertamina, Caltek, Dosen, Perusahaan LNG.
ITB

Kelompok Ilmu : Ekonomi & Pembangunan (SOSHUM)
No.
Jurusan
Yang Di pelajari
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Lapangan Kerja
PTN
1.
Ekonomi * Ekonomi dan Pembangunan
Teori Ekonomi terdiri: Makro dan Mikro Ekonomi Indonesia membahs tentang pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang dihubungkan dengan perekonomian dunia. Ekonomi Pembangunan mencakup : Studi kelayakan dan evaluasi proyek
Mau mengamati masalah-masalah ekonomi nasional dan internasional serta kebijaksanaan dari pemerintah
Dept. keuangan, Badan Pendapatan Nasional, Badan Pendapatan Daerah, Peneliti, LIPI, LSM
UGM, UNS, UNAIR, UNAN, UNV. BENGKULU, UNIBRAW, UNDIP, UNHALOLEO, UNHAS, UI, INV. JAMBI, UNEJ, UNSUD, UNLAM, UNV. MATARAM, UNMUL, UNPAD, UNV. PALANGKARAYA, UNV. PATIMURA, UNV. RIAU, UNSRI, USU, UNV. SAMRATULANGI, UNUD, UNSYIAH, INV. TANJUNG PURA, UNCEN, UNTAD






2.
Ekonomi * Manajemen
Manajemen produksi : Manajemen Pemasaran, Manajemen Personalia, manajemen Keuangan, Manajemen Umum/organisasi Perusahaan

Semua Perusahaan baik BUMN, BUMD, maupun BUMS
UGM, UNS, UNAIR, UNAN, UI, UNV. BENGKULU, UNDIP, UNEJ, UNV. HALOLEO, UNHAS, UUD, UNV. RIAU, UNV. JAMBI, UNLAM, UNV. LAMBUNG MANGKURAT, UNV. PALANGKARAYA, INV. PATI, USU, UNV. SAMRATULANGI, UNSYIAH, UNTAD, UNV. TANJUNG PURA
3.
EKONOMI
·          AKUNTANSI KEUANGAN

·          MANAJEMEN


·          AUDITING
Pengolahan data akuntansi Perusahaan Untuk menyusun Laporan Keuangan
Pengolahan data Akuntansi untuk melakukan perencanaan dan koordinasi untuk pengendalian perusahaan
Pemeriksaan terhadap kewajaran
Memiliki mental yang kuat, menyenagkan, jujur, bersikap konstruktif, mampu menganalisa, menguasai peraturan perpajakan dan memilik pengetahuan tentang organisasi dan operasi perusahaan serta selalu menjaga kepercayaan orang/perusahaan terhadap profesinya
Dept. Keuangan, Direktorat, Pajak, BPK, BKKP, Konsultan, Akt. Publik Bank, dll
USU, UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNIBRAW, UNS, UNAND, UNDIP, UNHAS, UNSUD, UNRIAU, INV. SAMRATULANGI, UNSYIAH

Tags : jurusan matematika bisa jadi apa, bagaimana, belajar apa aja, kerjanya apa, jurusan matematika terbaik, akreditasi A, B.

2 Responses to "Suka Matematika? Jurusan Ini Mungkin Cocok Buat Kamu"

  1. emg harus pinter mtk ya? kalo mtk gw kurang bisa sih,, tapi kalo gambar alhamdullilah gw cukup jago dan gw suka menggambar.. emg ilmu matemaika apa yg harus dipelajari di teknik arsitek di smk & kuliah?? tolong jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa harus pinter matematika? saya jawab tidak harus, yang penting bisa itu saya rasa sudah cukup. Ikuti materi yang ada di mata kuliah itu, dikuasai seenggaknya paham, itu yang mungkin berguna saat bekerja nanti. Untuk arsitek matematika yang dipelajari apa saja ? Langsung lihat tabelnya aja mas, disitu sudah jelas dituliskan. (*hanya sebagai referensi)

      Hapus