Prinsip dan Kriteria Penilaian SNMPTN

Prinsip Penilaian SNMPTN
PELAJAR.ORG - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang juga sering disebut sebagai jalur undangan ini dinilai sangat rahasia dan tertutup dalam proses seleksinya. Tepatnya tidak ada yang tahu, dititik beratkan yang manakah nilai - nilai yang diambil dari siswa pendaftar, apakah masuk kriteria nilai yang tinggi? sekolah yang terakreditasi bagus? rekam jejak alumni? dan sebagainya.

Maka dari itu banyak masyarakat termasuk orang tua menanyakan perihal seperti ini, ada yang mengatakan kurang transparan lah, kurang tepat sasaran lah, dsb. Ini semakin menjadi rumit ketika sang juara UN tingkat provinsi dan peraih peringkat paralel di sekolah yang dinyatakan tidak lolos SNMPTN tahun lalu.


Bagaimana Prinsip seleksi SNMPTN?


Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
1. Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
2. Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah, antara lain: akreditasi sekolah, prestasi mahasiswa alumni sekolah bersangkutan, jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri tahun sebelumnya, serta prestasi lainnya yang ditentukan oleh masing-masing PTN;
3. Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Diatas itulah informasi yang kami dapatkan secara resmi dari panitia SNMPTN.

0 Response to "Prinsip dan Kriteria Penilaian SNMPTN"

Posting Komentar