Kiat - Kiat Mendapatkan Kampus Impian

Raih kampus impian
PELAJAR.ORG --- Tinggal beberapa langkah lagi para siswa siswi SMA untuk segera berbenah diri mempersiapkan berbagai macam seleksi masuk perguruan tinggi. Termasuk yang dekat ini akan segera dibuka, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) periode 2017. Memilih jurusan impian dengan kampus impian merupakan satu paket dari sekian banyak cara untuk meraih cita - cita. Tentu hal ini harus diperhatikan keseriusannya untuk mengantisipasi kasus salah jurusan ketika nanti sudah masuk.

Nah, dibawah ini ada beberapa kiat yang bisa kamu terapkan untuk meraih kampus impian :

1. Kenalan dengan Kakak Senior / Mahasiswa di PTN tujuan kamu

Dengan mengenal kakak senior, diharapkan kalian dapat menjangkau informasi yang dibutuhkan untuk dapat masuk ke PTN impian. Kalian bisa bertanya - tanya apapun kepada mahasiswa disana, dengan tujuan lebih mengenal kampus beserta isinya. Kalian dapat menanyakan hal semisal, berapa biaya hidup di kota A ini? prestasi apa yang sudah pernah di raih PTN A? bagaimana tingkat persaingan untuk masuk ke PTN A? atau kalian juga dapat meminta tips dan saran untuk selanjutnya kalian terapkan dalam proses seleksi.

2. Kunjungi Kampus

Mengunjungi kampus adalah kiat paling menarik dibahas, karena dengan mengunjunginya langsung, kalian dapat menemui banyak sisi yang sulit dijelaskan dengan kata - kata. Seperti halnya, keadaan lingkungan kampus, bagaimana rasanya kuliah, dan seperti apa dunia perkuliahan itu sendiri.

3. Pantau Informasi dari Website RESMI PTN tujuan

Hal seperti ini memang sepele, tetapi menuntut berkembangnya zaman yang sekarang mengurangi penggunaan kertas menjadi ruang / dunia maya jauh lebih efektif dan efisien. Secara pribadi, memantau informasi dari website tidaklah sulit, berbekal handphone yang tekoneksi internet itu sudah cukup, yang lebih penting dapat diakses dimana saja.. kapan saja.. Untuk mengetahui website tersebut resmi atau tidak, cukup lihat bagian belakang link utama / alamat web, situs resmi PASTI berakhiran .ac.id. 

4. Ikut Kegiatan Campus Fair / Expo Campus

Expo kampus ada dan pasti diadakan setiap tahunnya, dengan informan tak lain dan tak bukan adalah alumni sekolah kalian sendiri. Bisa dibilang rugi jika kalian tidak mengikutinya, dengan alumni kalian bisa bertanya apapun soal kampus yang hendak kalian tuju.

5. Buat Keputusan dan Jangan menyerah

Segala hal yang udah direncanakan, maka selanjutnya adalah memutuskan ingin kemana saya? apakah saya ingin memperjuangkannya sampai lolos? atau saya harus rela memilih pilihan PTN yang diterima saja? Nah, dalam uraian diatas, konteks jangan menyerah adalah hal yang patut ditanamkan pada prinsip hidup kita. 

6. Do'a dan Restu Orang tua

Ini yang paling sakral, tanpa restu orang tuamu, bisa jadi semua hal yang kamu lakukan tidak ada manfaatnya. Mintalah restu dan do'a agar kebaikan senantiasa menyertaimu.


Demikian artikel singkat tentang kiat - kiat mendapatkan kampus impian dari Pelajar Indonesia, semoga bermanfaat.

3 Responses to "Kiat - Kiat Mendapatkan Kampus Impian"

  1. Siap om. Makasih infonya. Semoga kita semua lolos ke PTN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah lolos sampean om :p

      Hapus
  2. Siap om. Makasih infonya. Semoga kita semua lolos ke PTN.

    BalasHapus