Kenali 3 Macam Jenis Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

Sebelum masuk ke dunia kampus alias perguruan tinggi negeri, di Indonesia terdapat 3 jenis seleksi yang dilaksanakan secara massal, baik melalui seleksi nasional maupun seleksi internal dari PTN sendiri. Yuk simak!

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.
Baca Juga : Jenis Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia
SNMPTN 2017

1. SNMPTN

SNMPTN atau kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademi. Pesertanya sendiri yakni dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri / sederajat.

SBMPTN 2017

2. SBMPTN

SBMPTN atau kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Pesertanya dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016, dan 2017 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C.


3. Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri adalah seleksi internal yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri, dilaksanakan sesuai kebijakan masing - masing PTN dengan tetap mendapat pengawasan dari pihak menristek dikti. Untuk jenis - jenisnya sendiri, seperti berikut :
Oke, cukup itu dulu yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat!

4 Responses to "Kenali 3 Macam Jenis Seleksi Perguruan Tinggi Negeri"

  1. Semoga saja saya bisa lolos suatu saat kak.... Doain ya, ?Salam admin SURGA BLOGGING. Sering-seringlah maen di blog surgablogging.com ya ? Anggaplah Rumah sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak, terima kasih, semoga berhasil disegala urusan.

      Hapus
  2. terimakasih kak infonya. jadi jelas sekarang

    BalasHapus
  3. terimakasih kak infonya. jadi jelas sekarang

    BalasHapus